Blog

Cara Mudah Memperkuat Sinyal WiFi

Apr 14 2021

Di zaman era digital ini, internet merupakan kebutuhan pokok untuk semua manusia. Rasanya susah hidup di zaman sekarang jika koneksi internet terputus. Manusia sudah menggantungkan hidupnya di dunia internet. Untuk mencari nafkah, mencari pekerjaan, bersosialisasi, berdakwah, belajar online, kirim pesan, telepon, bahkan sekedar untuk pamer. Sinyal yang kuat menjadi salah satu faktor penting bagi kebutuhan manusia. Oleh sebab itu, orang-orang lebih memilih jaringan WiFi yang kecepatannya jauh lebih tinggi dibanding koneksi dengan data sim card. Apakah di rumahmu susah mendapat sinyal WiFi? Apakah mungkin dikarenakan jangkauannya yang bermasalah? Atau bisa jadi penempatan lokasi pemancar sinyal yang kurang tepat? Jika hal itu yang kamu alami, pembahasan kali ini kami akan membahas mengenai cara mudah memperkuat sinyal WiFi beserta rekomendasi alat penguat sinyal WiFi terbaik di tahun 2021, di mana salah satu dari produk ini wajib kamu miliki ya.

Cara Mudah Memperkuat Sinyal WiFi

  • Router Versi Terbaru

Jika kamu ingin membeli router, pastikan teknologi yang dipakai sudah support dengan teknologi tipe N, kenapa begitu? Karena ini akan mempengaruhi kecepatan dalam berinternet. Perlu kamu ketahui teknologi tipe N sudah memakai versi terbaru dan tercepat dalam komponen WiFi. Saran dari kami cek dan segera upgrade jika kamu masih menggunakan teknologi tipe lama.

  • Lokasi Router

Pastikan lokasi penempatan router yang kamu miliki sudah benar ya. Misalnya lokasi router ada di tempat terbuka dan tidak terhalang oleh apa pun. Karena jika ada benda yang menghalangi misal pohon atau tembok itu akan mempengaruhi kualitas jaringan internet di rumah kamu.

  • Jauhkan dari Perangkat Elektronik

Sinyal yang lemah bisa jadi pertanda perangkat elektronik berada di dekat lokasi pemasangan router. Alangkah baiknya kamu menjauhkan benda-benda yang sifatnya elektronik seperti TV, speaker, radio, telepon wireless, dan sebagainya.

  • Ganti Channel WiFi

Biasanya channel diganti untuk menghindari adanya gangguan pada penguat sinyal. Dengan cara ini kamu bisa lebih mudah memilih channel yang kosong dan sedikit penggunanya. Sehingga memudahkan kamu dalam mengakses jaringan internet.

  • Ganti Password Baru

Solusi paling ampuh selain mengganti channel adalah mengganti password. Hal ini bertujuan menghindari orang-orang yang tidak kita kenal untuk terhubung dengan perangkat kita. Banyaknya jumlah yang terhubung dengan WiFi kita akan mempengarungi kelancaran koneksi internet.

  • Gunakan Aplikasi Penguat Sinyal

Bagi kamu pengguna hp pintar khususnya Android, dengan mudahnya kamu bisa menginstall aplikasi penguat sinyal melalui layanan Play Store di hp kamu. Aplikasi ini bekerja untuk memudahkan kamu mencari koneksi WiFi terbaik melalui speed test kecepatan WiFi. Kami memiliki rekomendasi terbaik aplikasi penguat sinyal yang wajib kamu install salah satunya seperti WiFi Doctor, WiFi Manager, WiFi Master, WiFi Signal Booster.

  • WiFi Repeater

Alat penguat sinyal yang satu ini berfungsi untuk meneruskan jaringan baru dengan kualitas sinyal yang lebih baik dan lancar. Jika kamu tertarik mencari alat penguat sinyal di toko-toko carilah WiFi repeater yang memiliki antena Db (Decibel) tinggi agar jangkauan sinyal WiFi kamu lebih luas dan lebih baik.

Jika kamu kesulitan dalam mencari pilihan mana yang terbaik, kami akan merekomendasikan alat penguat sinyal WiFi terupdate tahun 2021, berikut pilihannya:

  • N WiFi Router Repeater 2 LAN Port 300 Mbps, harga mulai dari Rp 145.000

Harga yang murah di kelasnya dengan kualitas performa terbaik bisa jadi pilihan kamu. Beberapa fitur melengkapi WiFi ini seperti port LAN dan tombol WPS.

  • Mi WiFi Range Extender Pro, harga mulai dari Rp 149.900

Alat ini tidak hanya memperluas area sinyal internet kamu, WiFi repeater ini terlihat sangat manis di ruangan kamu dengan desainnya yang elegan.

  • WiFi Extender Amplifier, harga mulai dari Rp 218.000

Konsumsi daya dan tingkat radiasi yang rendah membuat WiFi ini diklaim ramah lingkungan. Cocok untuk kamu yang sangat peduli terhadap lingkungan sekitar.

  • AP4 Jalur Akses Nirkabel 300Mbps, harga mulai dari Rp 225.000

Alat ini memiliki jangkauan yang lebih luas, ini dikarenakan adanya fitur range extender yang berguna untuk mengoptimalkan luasnya jangkauan sinyal.

  • 300Mbps Wi-Fi Range Extender, harga mulai dari Rp 250.000

Produk TP-Link ini memiliki lampu indikator dengan lima tingkatan. Kekuatan sinyal yang diterima akan dihubungkan langsung ke perangkat kamu.

  • WiFi Repeater USB Amplify Range Extender 2 New Version, harga mulai dari Rp 262.000

Bentuknya yang simpel dan portable membuat kamu lebih mudah dalam membawanya. Cukup pasangkan alat ini ke port USB laptop, Wifi repeater kamu langsung bisa digunakan.

  • 300Mbps Wireless Extender, harga mulai dari Rp 490.000

Wifi repeater jenis ini memiliki soket daya listrik sendiri, jadi kamu tidak perlu kebingungan lagi ketika stop-kontakmu terbatas. Disertai dengan desainnya yang compact, produk ini cocok direkomendasikan untuk kamu.

  • Wireless-N300 Range Extender/ Repeater/ Access Point/ Media Bridge, harga Rp 525.000

Keistimewaan produk ini ada di teknologi Roaming Assist, teknologi ini akan memudahkan kamu untuk terhubung secara otomatis baik dari router atau pun repeater.

  • AERIAL D4 – AC1200 Dual-band Wireless AP/ Range/ Extender/ Router, harga mulai dari Rp 435.000

Alat ini memiliki dual band dengan koneksi yang super cepat 867 Mbps. Sehingga akan memudahkan aktivitas kamu dalam bermain game online, nonton film tanpa gangguan. Keempat antena eksternalnya berkinerja tinggi, sehingga mampu meningkatkan jangkauan sinyal dari router pertama.

  • RT-N12HP, harga mulai dari Rp 665.000

Produk dari ASUS ini memiliki tiga mode, router, repeater dan accsess point sehingga akan memudahkan kamu dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Teknologi auto detection nya diklaim bisa langsung online dalam waktu 30 detik.

Bagaimana apa kamu sudah mulai paham, apa yang harus kamu lakukan jika sinyal WiFi kamu bermasalah? Semoga cara-cara yang sudah kami sampaikan bisa kamu praktekkan ya. Dan untuk rekomendasi alat penguat sinyalnya bisa kamu pilih sesuai dengan budget dan kebutuhan kamu ya, karena masing-masing produk memiliki kelebihan dan kekurangannya. Good luck!