Blog

Cari tahu 7 manfaat Air Purifier untuk kesehatan keluarga

Feb 22 2022

Meningkatnya polusi udara secara otomatis menyulitkan kita untuk mendapatkan udara yang segar, terutama di daerah perkotaan. Bahkan, lembaga pemantau kualitas udara, IQAir memaparkan, Indonesia masuk peringkat 9 sebagai negara dengan kualitas udara terburuk selama tahun 2020 lalu.  Jakarta sendiri masuk peringkat 6 sebagai kota dengan kualitas udara terburuk di dunia.

Tentu hal ini termasuk kabar buruk yang memprihatinkan, mengingat pentingnya udara bersih untuk menjaga kesehatan tubuh manusia. Jika kualitas udara di lingkungan kita buruk, tentu resiko munculnya berbagai penyakit juga semakin besar.  Di sinilah pentingnya membersihkan udara di lingkungan rumah agar seluruh anggota keluarga menghirup udara bersih yang telah tersaring secara maksimal. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan air purifier atau pembersih udara otomatis.

Apa Itu Air Purifier?

Air purifier adalah alat yang berfungsi untuk membersihkan udara yang akan kita hirup. Cara kerjanya yaitu dengan menyedot udara dalam ruangan dengan menggunakan alatnya yang berbentuk menyerupai kipas. Lalu, udara tersebut akan diterima oleh filter penyaring di bagian belakang air purifier. Udara pun akan tersaring secara maksimal dan menjadi lebih bersih dan bebas polusi. Sehingga tidak ada lagi debu, kuman, bakteri, serta partikel asing yang berbahaya. Udara yang tersaring tersebut akan dikeluarkan melalui penyalur yang terletak di bagian depan dan nantinya bisa kita hirup dengan bebas.

Lalu, apakah air purifier ini sama dengan air conditioner (AC)? Tentu saja berbeda. Karena AC berfungsi untuk mendinginkan suhu udara. Sementara air purifier berguna untuk membersihkan udara dan mengeluarkan kualitas udara yang lebih segar, bebas polusi dan anti alergen. Meski begitu, saat ini juga mulai bermunculan produsen AC yang juga menambahkan fungsi air purifier pada teknologinya. Jadi, selain mendinginkan udara, AC tersebut juga dapat membersihkan udara dalam ruangan.

Manfaat Air Purifier Untuk Kesehatan Keluarga

Dengan kemampuan membersihkan udara dalam ruangan secara optimal, air purifier membawa banyak manfaat untuk menjaga kesehatan keluarga. Mulai dari menghilangkan bau tidak sedap dalam ruangan, meringankan gejala asma, mencegah penularan penyakit hingga meningkatkan kesehatan jantung. Berikut beberapa manfaat penting air purifier untuk memelihara kesehatan sekeluarga.

1. Menghilangkan Bau Tidak Sedap

Japan Spinners Inspecting Foundation membuktikan melalui serangkaian tes, bahwa air purifier mampu menghilangkan bau tidak sedap dalam ruangan. Bahkan, dalam tes tersebut dilakukan 6 tingkat pengukuran bau. Hasilnya, keberadaan air purifier mampu mengurangi aroma tak sedap dalam ruangan. Karena selain menyaring udara, air purifier juga dapat menyaring bau dari udara tersebut. Kamu pun akan terhindar dari berbagai bau tak sedap yang ada di rumah, sehingga kamu dan keluarga bisa beraktivitas secara lebih nyaman.

2. Mengurangi Jamur

Dalam proses penyaringan udara, air purifier juga berperan memberantas jamur penyebab penyakit yang ada di udara. Tidak dapat dipungkiri, hampir di semua peralatan dalam rumah pasti mengandung spora jamur yang tak terlihat. Jika dibiarkan begitu saja, tentu jamur – jamur tersebut dapat menimbulkan reaksi alergi dan penyakit yang mengganggu. Namun, kamu bisa membasminya dengan menggunakan air purifier selama 24 jam penuh. Bahkan, hal ini telah diteliti Japan Food Research Laboratories yang menyebutkan penggunaan air purifier mampu mengurangi pertumbuhan jamur dalam ruangan.

3. Menghilangkan Virus Dan Bakteri

Selain efektif mematikan jamur, air purifier juga mampu menghilangkan berbagai virus dan bakteri berbahaya yang ada di udara dii sekeliling kita. Tentu alat ini bisa membantumu mencegah penyebaran virus Covid19 di lingkungan rumah. Menurut riset yang dilakukan Retroscreen Virology, air purifier terbukti mampu menurunkan virus dalam udara secara konsisten. Bahkan, penelitian terbaru juga menyebutkan, penggunaan air purifier dengan High Efficiency Particulate Air (HEPA) mampu menurunkan resiko paparan aerosol hingga 65%.

4. Mengatasi Asap Rokok

Semua orang pasti tahu jika merokok dapat menyebabkan kesehatan. Lalu, bagaimana jika ada anggota keluarga, tetangga, atau tamu yang merokok ketika datang ke rumah? Tentu asap rokok yang mereka keluarkan juga akan berpengaruh buruk bagi orang lain yang tak sengaja menghirupnya. Bahkan, para perokok pasif ini juga beresiko terkena penyakit paru – paru, jantung, asma, dan lain lainnya. Karena itulah, kamu perlu membersihkan udara di rumah dari kepulan asap rokok yang berbahaya. Salah satu caranya ialah dengan menggunakan air purifier yang mampu menjebak polutan dari rokok hingga 3 mikron. Dengan adanya air purifier dalam ruangan, asap rokok akan tersaring dari atmosfer dan mengurangi resikonya yang membahayakan orang lain.

5. Meringankan Gejala Asma

Jika di rumahmu ada yang menderita penyakit asma, penggunaan air purifier bisa sedikit meringankan kondisi kesehatannya. Karena cara kerjanya yang mampu menyaring udara agar lebih bersih. Sehingga pengidap asma bisa menghirup udara yang lebih segar. Hal ini juga efektif sebagai langkah pencegahan penyakit asma. Sebab, salah satu pemicu asma adalah spora jamur dan tungau debu yang bertebaran di rumah. Dengan adanya air purifier, kamu bisa membersihkan jamur tersebut secara lebih maksimal. Bahkan, sistem penyaringan dalam alat pembersih udara ini juga mampu menghilangkan bulu hewan peliharaan dan tungau debu yang membandel.

6. Mencegah Penularan Penyakit Dan Alergi

Salah satu cara penularan penyakit yaitu melalui udara. Ketika ada anggota keluarga serumah yang mengalami sakit menular tertentu, ia beresiko besar menularkan penyakitnya melalui udara. Namun, kamu bisa meminimalisir penularan penyakit tersebut dengan memanfaatkan air purifier di rumah. Karena alat ini mampu menyaring udara secara maksimal dan mengurangi polutan yang ada di udara. Kamu bisa mengurangi resiko menghirup polutan tersebut yang bisa saja menimbulkan alergi atau penyakit tertentu. Sehingga, jika udara terpapar polutan penularan penyakit tertentu, maka udara tersebut akan tersaring sebelum kamu menghirupnya.

7. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Fungsi air purifier yang mampu meningkatkan kualitas udara dalam ruangan tentu berpengaruh baik untuk menjaga kesehatan sistem pernafasan. Tidak hanya itu, alat pembersih udara ini ternyata juga berdampak positif terhadap kesehatan jantung. Lewat riset yang dilakukan JAMA Internal Medicine, penggunaan air purifier di rumah mampu menurunkan tekanan darah agar tetap stabil. Sehingga kesehatan jantung lebih terjaga dan mampu meminimalisir berbagai resiko penyakit kardiovaskular. Tentunya, cara ini tetap harus dibarengi dengan gaya hidup sehat. Mulai dari pola makan sehat, tidur yang cukup, serta rutin berolahraga.

Ada begitu banyak manfaat air purifier yang tak boleh kamu lewatkan. Demi kesehatan seluruh anggota keluarga, segera lengkapi kebutuhan air purifier terbaik dari Drewcare. Kamu bisa memilih berbagai varian air purifier dengan teknologi terbaru sesuai kebutuhan. Mulai dari Drewpure 1, 3, dan 5 yang bisa kamu dapatkan mulai dari harga ratusan ribu saja. Apalagi, kamu juga bisa membelinya dengan cicilan 0% hingga 3 atau 6 bulan dengan menggunakan Atome. Download Atome sekarang dan nikmati semua promo menariknya untuk memenuhi segala kebutuhanmu setiap hari.

Dan info penting buat kamu, dapatkan Payday Deals dengan potongan up to Rp 150.000 mulai dari tanggal 24 – 28 Februari ini di merchant – merchant seperti Gabino, Avenue, Vicari, Gosh, Eiger, Gramedia, Rotelli, Levi’s, Celcius, Everbest, Nespresso, Salt n Pepper, Bonia dan lain lainnya di Atome. Tentunya dengan Syarat dan Ketentuan yang berlaku ya. Tunggu apalagi?

Main keywords of the article: