Blog

Catat, Ini Dia Tips Memilih Kulkas Yang Tepat Untuk Kamu

Siapa sih di sini yang tidak membutuhkan kulkas? Di zaman yang serba instan ini pastinya hampir setiap orang membutuhkan kulkas untuk menyimpan kebutuhan sehari-hari. Mulai dari sayuran, buah-buahan, ikan, ayam, daging, hingga makanan kekinian seperti frozen food.

Memiliki kulkas ini tidak pernah peduli kalangan, sebab dari kalangan atas hingga bawah pun membutuhkan kulkas untuk ada di rumahnya masing-masing. Sehingga, tidak heran apabila saat ini begitu banyak perusahaan yang fokus pada produksi kulkas. Bahkan tidak sedikit juga perusahaan yang memproduksi kulkas sebagai bisnis sampingan mereka. Karena memang produk tersebut benar-benar dicari dan menghasilkan banyak keuntungan.

Nah, melihat fenomena tersebut, jangan sampai kamu terjebak dengan produk kulkas yang diproduksi secara asal-asalan ya. Untuk menghindari hal tersebut, terdapat tips-tips yang dapat kamu terapkan untuk memilih kulkas yang tepat. Yuk kita simak bersama tips-tips memilih kulkas di bawah ini.

Pilihlah Toko Terpercaya

Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah tempat kamu membeli kulkas. Tipsnya, carilah toko alat elektronik yang terpercaya. Kamu bisa meminta rekomendasi kepada temanmu atau melihat Google untuk menemukan toko alat elektronik yang memiliki rating bagus di sekitar tempat tinggalmu.

Sebagai pilihan alternatif, jika kamu ingin lebih praktis dan mudah, kamu juga bisa membeli kulkas melalui toko online. Tapi perlu diperhatikan, toko yang kamu pilih harus yang benar-benar terpercaya ya! Sebagai contoh adalah membeli kulkas di JD.ID, karena mereka menawarkan penjualan alat elektronik dengan jaminan orisinal dan berkualitas.

Jadi ingat, jika kamu ingin membeli kulkas dengan tepat, kamu harus memastikan toko alat elektronik tersebut cukup terpercaya ya.

Perhatikan Kualitas Dan Mutu

Pilihlah kulkas yang diproduksi oleh perusahaan-perusahaan ternama dan terkenal akan kualitas produknya. Hal tersebut akan sangat meminimalisir terjadinya kerugian yang besar untuk kamu. Teliti juga bahan dan material yang digunakan pada seluruh bagian kulkas.

Saat ini bahan yang cukup mapan dan kokoh adalah Pre Coated Material (PCM). Kelebihan bahan ini adalah daya tahannya tinggi terhadap karat, anti gores, kuat, serta memiliki kontur yang bagus dan mengkilap. Atau bisa juga memilih kulkas dengan bahan bodi jenis lain, asalkan kualitas dan mutunya tidak terlepas dari anti karat, anti gores, kokoh, dan lainnya. Kamu perlu mencermati ada beberapa material logam yang dipakai sebagai bahan utama pembuatan kulkas, contohnya aluminium, besi cor, krom, tembaga, dan baja.

Jenis logam yang sering digunakan untuk membuat kulkas adalah aluminium dan stainless steel. Kulkas berbahan aluminium biasanya dipakai untuk keperluan pabrik makanan, sementara kulkas yang umumnya dijual secara komersil memiliki bahan stainless steel. Kulkas dengan bahan material stainless steel memiliki resistensi yang kuat terhadap bekas sidik jari sehingga tidak berbekas meski sering disentuh oleh tangan. Selain itu, beberapa kulkas yang menggunakan bahan material non-logam yang berkualitas dengan biaya lebih murah, yakni berbahan plastik ABS.

Perhatikan juga apakah pintu kulkas dapat tertutup dengan sangat rapat atau tidak. Perhatikanlah bagian kaki penopang kulkas dan engsel pintu, apakah berfungi dengan baik atau tidak. Ingat, kamu harus teliti dalam mempertimbangkan masalah bahan atau material dari bagian-bagian pada kulkas. Karena apabila bagian tersebut rusak, maka kulkas tidak akan layak lagi digunakan meskipun mesin pendinginnya masih bagus sekalipun.

Pilih Ukuran Yang Tepat

Pilihlah kulkas yang memiliki volume penyimpanan sesuai dengan kebutuhan kamu. Sebelum memilih seperti apa kulkas yang kamu inginkan, kamu harus menyesuaikan ukuran tempat yang ada di dalam dapur atau ruangan lain di rumahmu yang akan kamu gunakan untuk meletakkan kulkas.

Semakin besar volume ruang kulkas, maka semakin besar juga dimensi kulkas. Jangan sampai ruangan yang ada tidak sesuai dengan ukuran kulkas yang kamu beli. Kamu tidak mau ‘kan jika tatanan rumahmu terlihat tidak indah lagi karena ukuran kulkas yang salah? Jadi pilihlah ukuran yang sesuai ya.

Tentukan Jenis Atau Desainnya

Kamu bisa memilih kulkas dengan tampilan desain sesuai selera yang kamu inginkan. Jika kulkas lamamu merupakan kulkas yang memiliki freezer kecil, kamu dapat memilih kulkas berjenis Top Freezer atau kulkas dengan pintu freezer di bagian atas agar daya tampung freezermu lebih besar. Atau kamu juga bisa memilih kulkas berjenis Bottom Freezer yang letak pintu freezer-nya berada di bagian bawah kulkas.  

Bisa juga kamu memilih kulkas dengan dengan desain dua pintu samping (Side by Side) dengan dua pintu samping dan dilengkapi dengan satu atau bahkan dua pintu lagi di bagian bawahnya. Kulkas ini juga termasuk jenis kulkas yang juga banyak dipilih masyarakat karena kapasitasnya yang besar. Tapi, kembali lagi pada kebutuhanmu tadi ya. Pastikan ruangan di rumahmu sesuai dengan kulkas pilihanmu.

Perhatikan Daya Listrik Yang Dibutuhkan

Daya listrik juga bisa disebut adalah komponen penting yang harus dipertimbangkan ketika membeli alat elektronik, termasuk kulkas. Saat ini telah banyak produk kulkas yang menawarkan teknologi pendingin hemat energi. Hal tersebut sangat penting menghemat  pengeluaran kamu. Jadikanlah pertimbangan ini sebagai salah satu prioritas tolak ukur kamu saat memilih kulkas. Pilih jenis kulkas yang memiliki konsumsi listrik paling rendah ya.

Pilih Teknologi Pendingin Yang Bagus

Setiap kulkas memiliki fitur pendinginnya masing-masing. Namun, fitur utama yang wajib ada adalah ‘multi air flow’. Kulkas yang menawarkan fitur ini memiliki kemampuan untuk mendinginkan suhu secara merata ke seluruh bagian ruang kulkas. Sehingga, tidak ada bagian yang suhunya sangat dingin sementara bagian lainnya tidak dingin.

Pada umumnya kulkas yang dijual masing-masing memiliki label berupa gambar bintang. Label tersebut bisa kamu lihat di bagian kanan atas pada pintu kulkas. Ada kulkas dengan gambar bintang berjumlah 3 buah, bahkan ada yang mencapai 5 buah. Jumlah tersebut memiliki definisi yang khusus terhadap teknologi pendingin yang diusung oleh kulkas tersebut.

Untuk kulkas dengan label 3 bintang, maka menunjukkan bahwa kemampuan pendingin yang ditawarkan sebesar -150°C. Sedangkan untuk kulkas berlabel 5 bintang menyatakan bahwa suhu maksimum yang mampu dihasilkan mencapai angka -210°C. Nah, kamu perlu lebih cermat untuk menentukan pilihan pendingin ini. Akan tetapi pada umumnya orang-orang di Indonesia memilih kulkas dengan label bintang 3.

Tentukan Fitur Wadah

Kulkas memiliki banyak fitur yang tersedia. Kamu perlu juga untuk mempertimbangkan masalah fitur wadah yang terpasang pada seluruh bagian ruang kulkas. Seperti rak, wadah daging dan ikan, wadah buah-buahan, tempat penyimpanan sayur-mayur, rak-rak minuman, dan lain sebagainya. Pilihlah fitur wadah yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Sesuaikan Harga

Bicara soal harga mungkin terbilang relatif. Karena masing-masing memiliki anggaran berbeda. Pada intinya, pilih kulkas dengan harga yang sesuai kemampuan dompet kamu. Jangan memaksakan untuk membeli kulkas mewah yang mahal, sementara anggaran yang tersedia tidak memungkinkan.

Nah, beberapa rekomendasi harga kulkas yang cukup terjangkau adalah kulkas SHARP. Harga kulkas dari brand ini cukup variatif, mulai dari Rp 1.539.000 hingga 3 jutaan rupiah. Kamu bisa memilih harga kulkas SHARP di JD.ID yang sesuai dengan anggaranmu ya. Tentunya pula dengan kemudahan metode pembayaran mempergunakan Atome, yang membuat kamu bisa memilih akan mencicil pembyaran tersebut selama 3 atau 6 bulan.

Nah, itu tadi adalah tips memilih kulkas yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan kamu. Semoga tipsnya bermanfaat, ya. Untuk kamu yang ingin membeli merek dan harga kulkas terbaik, kamu bisa menerapkan tips memilih kulkas yang telah disampaikan. Jangan sampai kamu menyesal karena salah membeli kulkas yang tidak sesuai ya.