Blog

Fakta-fakta olahraga tinju yang jarang diketahui

Sep 22 2022

Sering melihat pertandingan tinju dunia? Di Indonesia, olahraga tinju memang tak sepopuler sepak bola atau bulu tangkis. Namun, bukan berarti peminatnya tak ada. Apalagi, kini semakin banyak tempat gym yang membuka kelas tinju bersama ahli. Orang awam pun mulai tertarik belajar tinju sebagai salah satu alternatif olahraga sehari – hari. Kira – kira apa saja perlengkapan yang dibutuhkan sebelum olahraga boxing? Temukan jawabannya dalam artikel berikut.

Perkembangan Olahraga Tinju

Tinju termasuk olahraga seni bela diri yang diikuti dua orang peserta dengan berat badan yang tidak jauh berbeda. Olahraga dengan interval 1 x 3 menit ini sendiri pertama kali diperkenalkan bangsa Romawi, Mesir, dan Yunani. Tetapi pada saat itu para petinju bertanding menggunakan sarung tangan yang terbuat dari besi, sehingga banyak pemain yang tewas.

Akhirnya, sekitar tahun 1973, mulai diberlakukan penggunaan sarung tangan tinju berbahan spons. Tinju pun semakin tersebar ke berbagai negara, hingga melahirkan petinju – petinju legendaris, seperti Muhammad Ali, Mike Tyson, Evander Holyfield dan lain lainnya.

Di Indonesia, olahraga tinju berkembang sejak zaman penjajahan dulu. Saat itu, pihak kepolisian Indonesia berinisiatif mendirikan organisasi tinju, hingga mengadakan sejumlah pertandingan. Meski sempat dilarang akibat kekacauan politik, olahraga tinju di Indonesia kembali bangkit. Tinju semakin populer saat Chris John, petinju asal Indonesia, menjadi juara dunia. Kesuksesan tersebut menginspirasi banyak orang Indonesia untuk mulai mendalami tinju sebagai atlet profesional ataupun sekadar hobi.

Manfaat Olahraga Tinju

Sekilas, olahraga tinju seperti adu perkelahian yang saling menyakiti antar-pemain. Padahal, olahraga yang satu ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan fisik dan mental, di antaranya:

  • Menambah kekuatan tubuh, lewat gerakan ayunan tangan yang dapat melatih otot lengan atas dan bahu. Ada juga posisi kuda – kuda yang dapat melatih otot punggung dan kaki.
  • Menyehatkan jantung, karena termasuk latihan kardio yang dapat membantu menurunkan tekanan darah, serta mengurangi resiko penyakit jantung.
  • Membakar kalori, lewat gerakan – gerakan dilakukan secara simultan. Biasanya, sesi tinju selama satu jam bisa membakar sekitar 400 kalori pada wanita dan 500 kalori pada pria.
  • Menambah stamina,sehingga tubuh lebih bugar dan tidak mudah lelah saat beraktivitas fisik.
  • Meningkatkan fokus, lewat latihan koordinasi mata dan tangan yang menuntut gerakan tinju jatuh ke titik sasaran.
  • Mengurangi tingkat stres lewat gerakan meninju samsak atau sasaran lain, serta dapat meningkatkan kontrol diri agar lebih rileks.

Perlengkapan Olahraga Tinju Yang Harus Disiapkan

Mengingat banyaknya manfaat boxing, kamu pasti mulai tertarik menjajal olahraga bela diri tersebut. Tapi ingat, jangan melakukannya sembarangan! Jika masih pemula, lebih baik latihan bersama instruktur terlebih dahulu. Jangan lupa juga siapkan kondisi fisik yang prima serta beberapa perlengkapan penting sebelum bermain, antara lain:

1. Celana Pendek  

Siapkan celana khusus boxing yang didesain dengan ruang di daerah paha dan selangkangan agar dapat melancarkan tendangan dengan lebih mudah. Pastikan juga bahannya nyaman dan ukurannya sesuai dengan tubuhmu.

Rekomendasi: Barong Muay Thai Short. Celana pendek khusus boxing yang menampilkan bahan satin dengan jahitan presisi tinggi. Dilengkapi grafis sublimasi dengan bordir unik dan bagian pinggang yang elastis. Harganya sekitar Rp549.000.

2. Pakaian Yang Nyaman

Biasanya pria memilih tak memakai baju atasan agar tidak gerah saat bermain tinju. Sementara untuk wanita bisa memakai baju khusus boxing, seperti bra sport. Namun, jika ingin memakai kaus berlengan pendek juga bisa.

Rekomendasi: Identity Black. Kaus berlengan pendek dengan desain fit reguler yang terbuat dari kapas ringan. Bahannya terasa nyaman saat dipakai dan bisa menyerap keringat dengan baik. Harganya sekitar Rp249.000.

3. Samsak Tinju (Heavy Bag)

Samsak tinju berbentuk seperti guling tergantung yang menjadi target pukulan saat berlatih tinju. Alat ini berguna untuk melatih kekuatan, akurasi, dan kecepatan pukulan.

Rekomendasi: Home Heavy Bag. Samsak tinju yang menggunakan lapisan kapas dan kulit sintetis azimuth nappa. Panjangnya 120 cm, diameter 35 cm, serta memiliki daya tahan super tinggi. Harganya sekitar Rp1.199.000

4. Punching Ball Atau Speed Ball

Alat yang berbentuk seperti bola kecil yang dipukul dengan cara memutar tangan. Fungsinya untuk melatih kecepatan pukulan, akurasi, dan melatih konsentrasi saat memukul.

Rekomendasi: Wrecking Ball Heavy Bag Signature. Alat ini didesain khusus untuk latihan pukulan. Terbuat dari bahan azimuth nappa synthetic leather berkualitas yang memiliki daya tahan tinggi. Harganya sekitar Rp999.000.

5. Sarung Tinju (Gloves)

Merupakan perlengkapan wajib yang dipakai di kedua tangan. Fungsinya untuk melindungi gerakan tinju atau kepalan tangan dari cedera saat memukul target.

Rekomendasi: World Wild Hi-Club – Navy Black. Terbuat dari bahan microhawk supreme leather dengan teknologi busa injeksi FLUX™. Dilengkapi jahitan ganda presisi dan lubang udara yang ditempatkan secara strategis. Harganya sekitar Rp699.000.

6. Pelindung Kepala (Headgear)

Pelindung kepala yang dibutuhkan saat melakukan sesi sparring partner. Tujuannya untuk melindungi kepala dari benturan dan pukulan keras, serta meminimalisir risiko cedera kepala.

Rekomendasi: Focus Headguard. Terbuat dari kulit microhawk asli dengan tali yang dapat disesuaikan untuk custom fit. Menggunakan FLUX™ layer foam technology untuk memastikan tutup kepala terasa ringan dan seimbang saat digunakan. Harganya sekitar Rp1.399.000.

7. Boxing Tape Atau Hand Wrap

Boxing tape berfungsi untuk membalut kedua tangan. Dipakai sebelum memakai sarung tinju untuk menambah perlindungan pada kepalan tangan agar tidak cedera.

Rekomendasi: Ultimate Gray Handwraps 5M. Sarung tangan dari bahan ultra lembut dengan label tenun kecil untuk fleksibilitas pergelangan tangan. Harganya sekitar Rp135.000.  

8. Pelindung Tulang Kering (Shin Guard)

Alat yang berguna sebagai lapisan pelindung tebal di atas telapak kaki, tulang kering, dan sisi dalam kaki. Biasanya dibutuhkan saat sesi sparring dan latihan teknik.

Rekomendasi: Shin Guard 2.0. Terbuat dari kulit microhawk yang menggunakan teknologi 3D. Dilengkapi padding ekstra di area pergelangan kaki untuk mencegah cedera dan lebih banyak area velcro pada tali untuk mencegah lecet. Harganya sekitar Rp999.000.

Dapatkan Perlengkapan Tinju Terlengkap Di Hawkeye!

Tak perlu bingung mendapatkan semua perlengkapan boxing di atas. Langsung belanja semuanya di Hawkeye. Perlu diperhatikan, Hawkeye di sini adalah sebuah brand lifestyle fightwear yang menyediakan beragam perlengkapan olahraga fighting, terutama tinju dan MMA. Jadi, bukan Hawkeye Marvel, Hawkeye cast, atauHawkeye series.

Temukan semua perlengkapan tinju terlengkap di Hawkeye. Mulai dari boxing gloves, head guard, shin guard, handwrap, boxing trunks, dan kebutuhan tinju lainnya seperti rekomendasi di atas. Lokasi toko resminya beralamat di Jl. Gandaria 1 No.85, RT.2/RW.3, Kramat Pela, Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan. Tak perlu khawatir jika belum sempat datang ke tokonya langsung. Karena kamu tetap bisa berbelanja online semua produk Hawkeye secara online di website resminya.

Lengkapi semua kebutuhan olahraga tinju terlengkap di Hawkeye. Semua produknya berkualitas dan pastinya bisa dibayar menggunakan aplikasi Atome. Jadi, kamu bisa memanfaatkan fasilitas cicilan 0% tanpa tambahan DP dan biaya admin yang bisa dicicil selama 1 hingga 12 bulan. Kamu juga berkesempatan mendapatkan voucher diskon eksklusif hasil kerja sama Atome dan 6.500 lebih merchant. Jadi, tunggu apa lagi? Download dan gunakan Atome sekarang juga!

Main keywords of the article: