Blog

Fakta Menarik Di Balik Alat Musik Yang Harus Kamu Ketahui

Aug 10 2021

Tahukah kamu fakta menarik tentang bermain musik? Fakta mengungkapkan bahwa musik yang dimainkan atau didengarkan oleh seseorang ternyata bisa membangkitkan emosi positif dan mempengaruhi suasana hati menjadi lebih baik dari sebelumnya loh. Bermain musik instrumental seperti piano, gitar, dan instrumen lainnya ternyata dapat memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh dan juga pikiran. Mau tahu lebih jelasnya? Simak penjelasan berikut!

Alat Musik Sebagai Sarana Hiburan dan Kreasi

Manfaat yang paling banyak dirasakan orang dari alat musik adalah sebagai sarana hiburan dan kreasi. Dengan bermain alat musik, kamu memiliki kesempatan untuk bersenang-senang dan menghibur diri. Bermain alat musik juga bisa kamu lakukan dengan keluarga atau teman-teman dekatmu sehingga kamu akan semakin terhibur. 

Alat Musik Dapat Meningkatkan Koordinasi

Sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwa musisi biasanya memiliki koordinasi yang bagus. Hal ini terjadi karena mereka terlatih untuk bermain alat musik. Tindakan bermain instrumen mengharuskan pemain musik untuk memiliki koordinasi antara tangan, telinga, dan mata yang tajam. Demikian juga dengan kamu. Jika kamu gemar dan terus berlatih memainkan musik, koordinasi tubuhmu akan semakin meningkat dengan baik. Kamu pun jadi lebih mudah berkonsentrasi dan memiliki kecakapan dalam berkoordinasi.

Meningkatkan Konsentrasi

Menyambung pada poin sebelumnya bahwa musik mampu mengingkatkan konsentrasi seseorang. Ada banyak unsur musik yang tidak boleh diabaikan saat bermain alat musik. Saat memainkan musik, kamu harus mampu untuk mendengarkan beat, ritme, tekstur, timbre, dan sebagainya. Satu-satunya hal yang lebih bermanfaat daripada mendengarkan suara musik kamu sendiri adalah mendengarkan suara musik dalam kelompok. Berada di dalam kelompok dapat meningkatkan keterampilan konsentrasi, dengan membuat kamu lebih fokus pada harmoni kelompok secara keseluruhan.

Mempertajam Pikiran

Sebuah studi mengatakan bahwa memainkan alat musik secara teratur adalah bentuk olahraga otak. Musik apapun yang kamu mainkan dapat memicu beberapa bagian otak untuk bereaksi. Khususnya jika kamu bermain gitar, hal ini ternyata dapat meningkatkan fungsi otak dan menstimulasi fungsi kognitif. Ketika bermain gitar, kamu harus fokus pada beberapa hal seperti belajar membaca akord, menyeimbangkan nada, bahkan menekan dan memetik senar.

Meningkatkan Kerja Sama dan Melatih Keterampilan Berorganisasi

Dalam mempelajari alat musik pada tingkat tertentu, maka kamu diharuskan untuk bekerja sama dengan pemain alat musik yang lain. Hal ini akan mengajarkan kamu tentang bagaimana cara bekerja sama untuk menghasilkan perpaduan yang baik pada musik yang dimainkan. Selain itu, dalam proses belajar secara bersama-sama tersebut, kamu dituntut untuk memiliki komitmen dalam berlatih agar bisa mencapai tujuan yang telah ditetapkan oleh tim. Pemain musik terbaik adalah mereka yang terus berlatih meningkatkan kualitas dan keterampilan menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Mengatur Suasana Hati

Penelitian menunjukkan bahwa bermain musik dapat mengurangi stres dengan menurunkan kadar kortisol. Bermain alat musik dengan kecepatan yang berbeda dapat lebih meningkatkan manfaat ini. Selain itu, bermain alat musik biasanya banyak digunakan sebagai pelampiasan emosi sesorang, dan hal ini memang cukup ampuh.  Menciptakan musik versi kamu sendiri bahkan memungkinkan kamu untuk mengekspresikan kesedihan, sukacita, atau ketegangan sebagai sebuah karya seni. Cukup menarik kan?

Menjaga Jantung Tetap Sehat

Berdasarkan riset, hampir 700.000 orang selamat dari serangan jantung di AS setiap tahun, dan diperkirakan sekitar 1 dari 9 orang yang selamat dari serangan jantung mengalami episode nyeri dada dan kecemasan berikutnya dalam 48 jam pertama. Penelitian baru menunjukkan bahwa musik yang dikombinasikan dengan terapi standar seperti obat-obatan, bisa menjadi langkah sederhana yang dapat dilakukan untuk pasien di rumah agar membantu mencegah kejadian jantung berikutnya.

Beberapa peneliti medis telah menunjukkan bahwa bermain gitar juga dapat menjaga jantung sehat. Ketika orang bermain gitar, fungsi otak mereka akan dapat mempengaruhi perasaan yang ada sehingga hal itu dapat memberikan efek positif untuk jantung dan juga perasaan. Menurut beberapa penelitian, musik itu sendiri bahkan dapat menyembuhkan serangan jantung dan strok.

Mempengaruhi Cara Seseorang Menghadapi Masalah

Fakta menarik yang selanjutnya yaitu, musik dapat mempengaruhi cara seseorang menghadapi masalah. Ketika seseorang menyukai musik bernuansa romantis, seperti pop, jaz, dan klasik, seseorang akan memandang dunia seperti layaknya pujangga. Sehingga ketika meghadapi suatu masalah, mereka cenderung merenungkannya terlebih dulu untuk mendapatkan solusi. Sebaliknya, ketika seseorang menyukai musik rock dan metal, seseorang akan memandang dunia sebagai tempat yang kurang aman, dan biasanya mereka banyak memberikan kritik terhadap seseorang.

Meningkatkan Kecerdasan dan Daya Ingat

Saat seseorang mempelajari alat musik di usia dini, maka hal ini akan bermanfaat untuk meningkatkan skor IQ sampai 7 poin. Saat mempelajarinya, keterampilan menyimpan informasi audio, kemampuan mendengar, dan keterampilan motorik akan lebih aktif. Penelitian menunjukkan bahwa memainkan alat musik juga dapat menstimulasi otak dan meningkatkan kemampuan seseorang dalam mengingat.

Membantu Menangani Alzheimer

Stimulasi mental yang terlibat dalam bermain dan mendengarkan musik dapat meningkatkan memori menjadi lebih baik pada pasien dengan penyakit Alzheimer. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada penderita Alzheimer, disimpulkan bahwa memori musik dapat diserap jauh lebih baik daripada kata yang diucapkan. Hal ini terutama disebabkan oleh gairah tinggi yang dibentuk musik, sehingga itu dapat meningkatkan perhatian dan memori dari pasien. Jadi jika kamu ingin memorimu meningkat, kamu bisa terus berlatih bermain musik ya.

Itu tadi adalah beberapa fakta menarik tentang bermain alat musik yang perlu kamu ketahui. Bagaimana, apakah kamu juga berminat untuk berlatih memainkan alat musik tetapi masih bingung dengan budget untuk membeli alat musik yang berkualitas? Sekarang kamu tidak perlu bingung sebab Atome telah memberikan solusinya.

Kamu dapat membeli alat musik berkualitas di Swee Lee dengan metode pembayaran dari Atome. Swee Lee adalah toko musik terdepan di Asia dan distributor instrumen musik dan merek pro audio, mewakili merek seperti Fender, Gibson, Taylor, Epiphone, dan lain sebagainya. Dengan membeli alat musik di Swee Lee, kamu tidak perlu ragu lagi akan kualitas yang diberikan. Untuk keamanan kondisi finansial kamu saat membeli alat musik, sebaiknya kamu menggunakan Atome saat melakukan pembayaran.

Atome menawarkkan cicilan yang sangat menguntungkan untuk kamu agar dapat membeli alat musik berkualitas. Atome secara otomatis akan membagi tagihan kamu menjadi 3 pembayaran yang sama tanpa bunga. Cukup menguntungkan bukan jika kamu bisa membeli alat musik dengan cara mencicil? Cara seperti ini tentu saja jauh lebih ringan daripada harus membayar alat musik di muka secara langsung. Yuk, gunakan layanan cicilan dari Atome untuk membeli alat musik di Swee Lee!