Blog

Fakta Penting Yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Membeli PS 5

Aug 06 2021

Bagi para pecinta game, kehadiran PS 5 tentu sangat dinantikan. Diluncurkannya Sony Playstation 5 atau PS 5 menjadi salah satu fenomena yang sangat mengesankan di akhir tahun 2020 lalu. Hal ini menyita perhatian dunia terutama bagi para pecinta game konsol. Performa dari PS 5 ini yang menjadi alasan kuat mengapa hadirnya PS 5 begitu menarik perhatian.

Sony PS 5 didukung dengan spesifikasi teratas yang cepat dan anti loading, resolusi setinggi 8K, hingga controller DualSense yang interaktif dan imersif. Hal ini dapat membuat pengalaman memainkan PS 5 kamu akan berbeda dari jenis konsol game lainnya.

Akan tetapi, sebagaimana pepatah yang mengatakan bahwa tidak ada gading yang tak retak. Begitu juga dengan PS 5 ini. Kamu memerlukan fakta penting untuk kamu jadikan pertimbangan sebelum membeli PS 5. Nah, apa saja itu fakta pentingnya? Baik itu fakta mengenai kelebihan maupun kekurangan PS 5. Berikut adalah penjelasan mengenai fakta pentingnya.

Sony PS 5 Memiliki Dua Versi 

Kamu harus tahu fakta bahwa PlayStation 5 memiliki 2 versi, yaitu PS 5 Standard dan PS 5 Digital Edition. Perbedaan kedua versi tersebut adalah PS 5 Digital Edition tidak dapat memainkan game yang memiliki versi fisik. Sedangkan dari segi bagian dalam, PS 5 Standard maupun PS 5 Digital Edition tidak memiliki perbedaan.

Spesifikasi Konsol Yang Mengesankan

PS 5 Standard Edition memiliki spesifikasi sebagaimana berikut:

  • Dimensi: 26 cm x 10,4 cm x 39 cm
  • Berat: 4,5 kg
  • CPU: Eight Zen 2 Cores @ 3.5GHz dengan SMT
  • GPU: 10.28 TFLOPS, AMD RDNA 2 GPU 36 CUs @ 2.23GHz
  • RAM: 16 GB GDDR6 RAM
  • Target Performa: Grafis sampai 8K dan hingga 120fps
  • Ruang Penyimpanan: 825GB PCIe Gen 4 NVMe SSD (5.5GB/s uncompressed, typical 8-9GB/s compressed)
  • Expandable Storage: NVMe SSD slot
  • Optical Drive: 4K UHD Blu-ray
  • Ports: 3x USB-A port, 1x USB-C port, Ethernet port dan 802.11ac Wi-Fi

Sedangkan untuk PS 5 Digital Edition memiliki spesifikasi berikut:

  • Dimensi: 26 cm x 10,4 cm x 39 cm
  • Berat: 3,9 kg
  • CPU: Eight Zen 2 Cores @ 3.5GHz with SMT
  • GPU: 10.28 TFLOPS, AMD RDNA 2 GPU 36 CUs @ 2.23GHz
  • RAM: 16 GB GDDR6 RAM
  • Target Performa: Grafis sampai 8K dan hingga 120fps
  • Ruang Penyimpanan: 825GB PCIe Gen 4 NVMe SSD (5.5GB/s uncompressed, typical 8-9GB/s compressed)
  • Expandable Storage: NVMe SSD slot
  • Ports: 3x USB-A port, 1x USB-C port, Ethernet port dan 802.11ac Wi-Fi

Kemampuan loading speed menjadi keunggulan dari PS 5. Tidak hanya itu, PS 5 memungkinkan konsol melakukan proses render yang cepat dan juga mengurangi penggunaan space untuk instalasi. PS 5 juga sudah mendukung teknologi ray tracing. Desain UI yang baru juga menjadikan PS 5 terlihat lebih slick dan memiliki banyak fitur. Salah satunya adalah memudahkan kamu untuk bermain multiplayer. Fitur share juga akan berperan besar di UI PS 5. Kamu bisa melakukan berbagai aktivitas, seperti screenshot, bahkan video. Cukup menarik ‘kan?

Terdapat Fitur Backward Compatibility

PS 5 semakin mengesankan karena adanya fitur Backward Compatibility. Fitur ini memungkinkan kamu untuk bisa memainkan koleksi game PS 4 di PS 5. Sony sendiri telah mengklaim 90 persen game di PS 4 nantinya bisa dimainkan di PS 5. Game PS 4 yang dimainkan di PS 5 juga akan mengalami peningkatan performa dari grafis sampai dengan loading time yang lebih cepat.

Game PS 5 Memiliki Kapasitas Sangat Besar

Tidak heran jika PS 5 mampu menghadirkan pengalaman tidak terlupakan dengan grafis menarik berkelas AAA. PS 5 memiliki game yang apik dan grafis yang menarik karena sejumlah game-nya memiliki kapasitas yang besar hingga lebih dari 100 GB. Cukup mengejutkan bukan? Meskipun PS 5 memiliki penyimpanan 1 terabyte (TB), sebagian dari 1 TB tersebut dialokasikan untuk perangkat lunak dan update yang akan datang. Di balik pengalaman game yang luar biasa, ada kapasitas jumbo yang harus kamu persiapkan. Oleh karena itu, hal ini menjadi pertimbangan penting sebelum kamu memutuskan untuk membeli PS 5.

Pengguna PS 5 Masih Sedikit, Kamu Harus Siap Mengerti Risiko Pembeli

Menjadi pembeli pertama berarti harus siap untuk menanggung risiko yang akan dihadapi. Sebagai contoh, saat membeli PS 4 pertama, ternyata sistemnya masih dalam keadaan brick. Kamu harus siap dengan adanya risiko-risiko seperti ini.

Selain itu, jika kamu biasanya bermain PS 4 secara online dengan teman-temanmu, maka di PS 5 pastinya hal tersebut belum bisa terwujud secepatnya, karena pengguna PS 5 sendiri masih belum banyak, alias masih sedikit. Walaupun, server dari PS 4 dan PS 5 bisa tersambung, namun perasaan saat memainkannya temtu akan berbeda. Khususnya untuk kamu yang lebih suka bermain online bersama teman-temanmu, maka hal ini menjadi pertimbangan penting.

TV Yang Kamu Gunakan Harus Mumpuni

Salah satu syarat jika kamu ingin menikmati PS 5 adalah televisi yang mendukung resolusi 4K. Sejalan dengan grafis PS 5 yang luar biasa bagusnya, TV yang akan kamu gunakan untuk memainkannya juga harus memiliki spesifikasi tinggi. Mengingat, salah satu syarat standar TV yang digunakan untuk bermain PS 5 adalah resolusi 4K.

Jika kamu belum memiliki TV dengan resolusi 4K dan dukungan HDR, berarti kamu harus siap-siap mengeluarkan kocek lebih untuk membeli TV, agar kamu bisa mendapatkan tampilan grafis sempurna milik PS 5. Jadi, jika kamu berpikir untuk membeli PS 5, sebaiknya kamu membeli TV baru dulu ya agar sensasimu bermain game lebih menyenangkan.

Terdapat Sistem Party Safety yang Baru

Sony memutuskan untuk menambahkan fitur Party Safety lewat update 8.0 terbaru PS 4-nya. Fitur baru tersebut memungkinkan pemain PS 4 merekam obrolan party yang  agar dapat dilaporkan sebagai bukti ke Sony. Sony memastikan Party Safety juga hadir di PS 5. Hal ini dilakukan demi alasan keamanan dan lingkungan kondusif selama bermain game.

Tujuan dari adanya fitur ini memang baik. Namun, tidak semua pemain game senang dengan opsi PS 5 dapat merekam suara obrolan party, dikarenakan setiap orang pasti membutuhkan privasi. Tetapi, bukan berarti Sony akan menguping pembicaraanmu setiap waktu ya.

Itu adalah beberapa fakta penting, baik fakta mengenai keunggulan ataupun fakta kekurangan dari Sony PS 5.

Sejak dirilis pada November 2020 lalu, Sony PlayStation 5 (PS 5) sudah menarik perhatian dunia, terutama para pencinta konsol. Apakah kamu juga tertarik untuk membeli Sony PS 5? Jika iya, kamu bisa membelinya di JD.ID loh. Saat membeli PS 5 di JD.ID, kamu tidak perlu khawatir barangmu tidak sesuai dengan yang kamu harapkan, sebab JD.ID memberikan jaminan orisinal dan juga jaminan kualitas barang.

Kamu pun tidak perlu khawatir saat berbelanja secara online di JD.ID. Karena keamanannya yang terjamin dan kamu juga bisa mendapatkan gratis ongkos kirim. Keuntunganmu semakin bertambah jika kamu berbelanja di JD.ID dengan menggunakan metode pembayaran dari Atome. Atome dapat memberikanmu pilihan cicilan 3 atau 6 bulan. Dengan begitu budgetmu untuk membeli PS 5 dapat kamu kontrol dengan lebih baik. Tunggu apalagi?