Blog

Hal-Hal Yang Harus Kamu Lakukan Agar AC Tidak Mudah Rusak

Apakah kamu salah satu pengguna AC setiap waktu? Seberapa sering sih kamu menggunakan AC dalam kegiatanmu sehari-hari di rumah?

Berada di negara tropis seperti Indonesia memang membuat banyak orang memilih untuk memasang AC di rumahnya. Penggunaan AC atau Air Conditioner ini bertujuan untuk menghilangkan suasana panas yang seringkali terjadi sehingga keadaan ruangan pun menjadi lebih nyaman. Akan tetapi, pemakaian AC yang berlebihan dapat membuatnya menjadi cepat rusak dan berakibat tidak dingin.

Banyak orang enggan untuk membersihkan AC secara rutin, padahal merawat AC ruangan dengan cara yang benar akan berdampak pada umur dari AC yang bisa semakin awet. Begitupun sebaliknya, ketika AC kurang dirawat maka umur AC akan menjadi semakin pendek, karena komponen yang terdapat di dalam AC akan cepat rusak. 

Nah untuk kamu yang belum tahu cara merawat AC, ikuti yuk hal-hal yang harus kamu lakukan agar AC kamu tidak cepat rusak.

1. Pastikan Paarde Kracht (PK) AC Sesuai Luas Ruangan

PK adalah besaran tenaga yang dibutuhkan AC untuk mendinginkan sebuah ruangan. Besarnya PK sendiri tergantung pada jenis AC serta kebutuhan dari ruangan. Kamu  harus mengetahui ukuran ruangan agar dapat menyesuaikan dengan ukuran PK AC.

Dengan menggunakan PK AC yang tepat, maka akan berpengaruh terhadap kinerja AC ruangan yang dipasang nantinya. Ketika PK AC yang kecil ditempatkan pada ruangan yang besar, maka ruangan pun tidak akan sejuk. Kinerja AC pun terlalu keras dan terus-menerus berusaha untuk menyesuaikan kebutuhan ruangan sehingga dapat membuat AC lebih cepat rusak.

Sebaliknya, jika ukuran PK terlalu lebih besar daripada ukuran ruangan, maka AC akan terasa terlalu dingin, dan akan timbul pemborosan listrik. Maka dari itu kamu harus tahu ukuran PK AC yang sesuai dengan kebutuhan ruanganmu ya.

2. Periksa Termostat

Kesalahan dalam pengaturan suhu termostat menjadi hal yang paling umum untuk dijumpai saat menggunakan AC. Kebanyakan orang, mungkin termasuk kamu, menggunakan AC langsung mengatur pada suhu terendah dengan tujuan agar AC lebih cepat dingin padahal hal tersebut berpengaruh pada keawetan AC.

Apabila terus dipaksakan AC mencapai suhu yang paling rendah secara terus-menerus, maka hal ini akan membuat kompresor AC bekerja secara maksimum dan pada akhirnya akan mengurangi umur kompresor AC, hingga akhirnya AC pun menjadi cepat rusak.

Jadi aturlah suhu untuk memastikan AC bekerja secara baik dengan temperatur ruangan yang stabil. Sebaiknya jangan terlalu sering mengatur suhu AC di bawah 22 derajat celcius. Karena pemakaian di bawah 22 derajat celcius dapat membuat mesin AC cepat panas sehingga AC cepat rusak.

3. Atur Waktu Pemakaian dengan Timer

Saat ini, sudah banyak jenis AC yang memiliki fitur timer. Hal ini dapat memudahkan kamu untuk mengatur nyala dan matinya AC. Penggunaan timer AC ini dapat membantu perawatan AC yang digunakan. Waktu terbaik untuk menggunakan AC yaitu selama 5 jam. Apabila sudah lewat dari 5 jam sebaiknya AC diistirahatkan terlebih dulu dengan cara mematikannya. Jadi, dengan adanya fitur timer ini kamu bisa mengatur AC untuk mati setiap 5 jam pemakaian agar mesin dapat beristirahat dan kembali dingin.

4. Bersihkan Filter dan Kumparan Kondensor AC

Filter AC merupakan komponen yang terdapat di dalam badan AC yang berfungsi untuk menyaring debu. Jika filter tersebut tidak dibersihkan secara berkala bisa menyebabkan AC menjadi tidak dingin. Hal ini karena banyaknya debu yang menumpuk. Debu yang terlalu banyak pada filter ini dapat menghalangi aliran udara dan dapat menyebabkan fungsi AC terganggu sehingga cepat rusak.

Bersihkan filter AC secara rutin minimal 1 atau 2 bulan sekali. Filter yang tersumbat atau kotor mencegah aliran udara normal dan secara signifikan mengurangi efektivitas sistem. Itulah kenapa kamu harus rutin membersihkannya. Cara membersihkan filter AC ini juga cukup mudah dan bisa kamu lakukan sendiri.

Selain filter, kumparan AC juga perlu diperhatikan kebersihannya setiap tahun, sebab debu juga kerap kali menumpuk pada bagian ini. Debu yang menumpuk pada kumparan juga dapat mengurangi kemampuannya untuk menyerap panas.

5. Tutuplah Ruangan Saat AC Menyala         

Tutuplah selalu dengan rapat semua celah saat kamu sedang menyalakan AC. Tujuannya agar AC fokus untuk mendinginkan ruangan. Selain itu, juga untuk meringankan kinerja dari kompresor untuk mencapai suhu yang diinginkan. Cara ini sangat berguna untuk meringankan AC supaya tidak terlalu lama bekerja, dan dengan cara ini akan mencegah kerusakan dini pada kompresor AC.

6. Servis AC Secara Rutin

Gunakan layanan servis AC secara rutin untuk membantu memperbaiki kerusakan-kerusakan kecil dan mencegah kerusakan besar pada AC. Kamu bisa menggunakan jasa servis AC minimal setiap 6 bulan sekali.

Pada umumnya jasa servis AC akan melakukan cuci AC dan pengecekan pada freon AC. Apabila freon sudah kosong, maka diperlukan pengisian kembali yang tentunya hal tersebut tidak bisa kamu lakukan sendiri. Selain itu, teknisi AC juga bisa mendiagnosa apakah ada kebocoran pada bagian-bagian AC dan adakah kerusakan-kerusakan lainnya.  

Banyak faktor yang mempengaruhi kerusakan pada AC, baik dari komponennya sendiri, ataupun dari faktor eksternal. Kamu perlu merawat AC kamu agar tidak mudah rusak. Sebab AC yang rusak akan merugikan kamu dalam banyak hal.

Itu tadi adalah hal-hal penting yang harus kamu lakukan agar AC kamu tidak mudah rusak. Nah, jika AC kamu sudah terlanjur rusak, kamu bisa menggantinya dengan membeli AC di Dinomarket. Di sini banyak tersedia jenis AC yang dapat kamu pilih sesuai dengan kebutuhanmu. Beberapa contoh produk AC yang dijual di Dinomarket adalah sebagai berikut:

Sharp AC 0.5 PK Jetstream PCI Series AH-AP5SSY

Fitur utama dari Sharp AC 0.5 PK Jetstream PCI Series AH-AP5SSY:

  • Capacity: 0.5 PK
  • Plasmacluster HD7000
  • Comfort Mode
  • Baby Sleep mode
  • Auto Swing Louver
  • Self Cleaning function
  • Powerful JetStream
  • Coanda Gentle Cool Air

Sharp AC 1 PK Sayonara Panas J60 Series AH-AP9UHL

Fitur utama dari Sharp AC 1 PK Sayonara Panas J60 Series AH-AP9UHL:

  • Capacity: 1 PK
  • Plasmacluster Ion HD 7.000
  • R32 Eco New Refrigerant
  • Jetstream G9
  • Coanda Airflow
  • 14o Celcius Setting
  • 4 Star EER
  • Comfort Mode
  • Low Wattage and Low Voltage Operation

LG AC Dual Cool Eco – T19EV4

Fitur utama dari LG AC Dual Cool Eco – T19EV4:

  • Dual inverter compressor dengan rentang frekuensi hemat listrik lebih lebar akan menghemat lebih banyak listrik dibanding kompresor biasa.
  • Watt Control
  • Pendinginan cepat, AC LG ini mampu mendinginkan udara dengan cepat berkat rentang pendinginan kecepatan tinggi dari Dual Inverter Co™.
  • Tidak bising, karena AC LG beroperasi dengan lebih senyap berkat kipas unik LG dan Dual Inverter Compressor yang meredam bising dan menghasilkan operasi lebih halus.
  • Dual Protection Filter mampu menangkap debu dan bakteri

LG AC Dual Cool Smart – E06SV4

Fitur utama dari LG AC Dual Cool Smart – E06SV4:

  • Dual inverter compressor menjadi solusi permasalahan AC yang bekerja tidak benar, tidak efektif dan bising. Menghasilkan AC yang lebih cepat mendinginkan, lebih awet, dan lebih tenang.
  • Fitur watt control membuat kamu dapat melakukan pengaturan konsumsi daya listrik  dalam tiga pilihan tingkatan yang dapat disesuaikan dengan situasi berbeda.
  • Pendinginan cepat
  • Tidak bising
  • Auto cleaning untuk pembersihan otomatis menyeluruh, mencegah berkumpulnya bakteri dan terbentuknya jamur pada heat exchanger sehingga memberikan lingkungan lebih baik dan nyaman bagi pengguna.
  • 4 way auto swing yang mampu menyesuaikan aliran udara dengan lingkungan sekitar, memungkinkan distribusi udara hangat yang optimal ke ruangan dan pemanasan cepat.

Produk-produk AC di atas dapat kamu beli di Dinomarket dengan berbagai penawaran menarik yang diberikan. Terdapat banyak metode pembayaran yang disuguhkan. Dan kamu bisa menggunakan metode pembayaran dari Atome saat berbelanja di Dinomarket, sehingga kamu bisa mendapatkan lebih banyak keuntungan dan kemudahan. Segera pilih AC favoritmu di Dinomarket sekarang juga.