Blog

Ini Dia 6 Manfaat Berselancar Yang Perlu Kamu Ketahui

Jul 28 2021

Siapa nih yang hobi berselancar? Berselancar alias surfing identik dengan olahraga yang tergolong ekstrem dan membutuhkan banyak keberanian. Tapi, ketahuilah kalau olahraga yang satu ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan yang jarang diketahui orang loh.  Sebelum membahas lebih dalam mengenai apa saja manfaat dari olehraga yang satu ini, yuk, cari tahu dulu mengapa kita perlu mencoba berselancar.

Mengapa Harus Berselancar

Keindahan dan kekayaan alam Indonesia memang tak ada duanya di dunia, mulai dari daratan hingga lautan. Selain itu, Indonesia juga dikenal sebagai surga bagi para peselancar. Sebab, terdapat banyak pantai dengan pemandangan alam yang menakjubkan dengan ombak besar yang dapat menantang adrenalin.

Cukup disayangkan bukan kalau di negara yang begitu banyak fasilitas alaminya ini, kamu tidak memanfaatkannya secara maksimal. Maka dari itu kamu patut mencoba untuk berselancar di pantai-pantai yang ada di Indonesia. Kamu bisa mencoba untuk berselancar di Pantai Sorake, Pantai Ombak Tujuh, Pantai Plengkung dan masih banyak lagi pantai lainnya. Menarik kan?

Selain untuk menikmati dan memanfaatkan kekayaan alam yang ada di Indonesia, kamu juga perlu tahu nih manfaat apa saja yang akan kamu dapatkan jika kamu menggeluti olahraga berselancar. Yuk, simak penjelasannya!

Manfaat Berselancar

1. Meningkatkan Asupan Vitamin D Untuk Tubuh

Poin yang satu ini tentu saja sangat benar keberadaannya. Bagaimana tidak, dengan berada di pantai, kamu akan terkena sinar matahari secara langsung karena berselancar memang  olahraga yang dilakukan secara outdoor. Oleh sebab itu, melakukan olahraga ini sama dengan meningkatkan asupan vitamin D.

Vitamin D sangat penting untuk membantu memperkuat tulang dan mengatur jumlah kalsium serta fosfor dalam darah. Selain itu, vitamin D juga berguna untuk mengatur ritme sirkadian, melepaskan hormon bahagia, mengatur pertumbuhan sel kulit dan menghancurkan radikal bebas yang dapat berisiko menyebabkan penuaan dini.

Hal yang wajib kamu ketahui bahwa kekurangan vitamin D dapat menyebabkan kesehatanmu menjadi terganggu, dan akibatnya kamu menjadi lemas, kelelahan dan suasana hatimu menjadi buruk. Sedangkan jika kamu mendapat pasokan vitamin D yang cukup, pertumbuhan  sel kulitmu akan sangat baik dan radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini pun akan hancur. Kamu tidak ingin mengalami penuaan dini ‘kan? Jadi, yuk coba untuk berselancar.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Selancar merupakan salah satu latihan kardiovaskular yang bagus. Sebab, sebagian besar otot tubuh bagian atas digunakan untuk mengayuh ombak, dan otot kaki untuk memandu papan sehingga hal ini memerlukan banyak usaha dan baik bagi kesehatan jantungmu.

Olah raga mendayung melawan ombak membutuhkan banyak usaha terutama dalam mengatur pernapasan. Selain itu, selancar juga disebut dapat menurunkan tekanan darah, dan denyut jantung, serta mengurangi risiko bagi kamu untuk terkena serangan jantung. Tidak hanya itu, olahraga ini juga dapat menghindarkan kamu dari serangan strok dan penyakit lain yang berhubungan dengan kardiovaskular.

3. Memperkuat Otot Bahu Dan Punggung

Manfaat ketiga yang akan kamu dapatkan jika kamu melakukan olahraga selancar adalah otot bahu dan punggungmu akan lebih kuat. Bagaimana tidak, untuk bisa melakukan selancar di atas ombak, kamu diharuskan mendayung papan selancar terlebih dahulu hingga sampai ke tengah laut.

Gerakan mendayung ini berguna untuk memperkuat otot lengan, bahu dan punggung. Selain itu, dengan posisi telentang sambil berbaring telungkup di papan selancar mampu memperkuat punggungmu secara keseluruhan. Jadi, tidak heran jika para peselancar memiliki punggung dan bahu yang kuat, serta daya tahan fleksibilitas tubuh yang cukup baik. Hal itu adalah manfaat dari kegiatan mendayung ini.

4. Membuat Interaksi Dengan Alam

Banyak yang mengatakan bahwa berselancar memiliki manfaat untuk kesehatan mental. Salah satu alasannya karena olahraga ini membuat kamu berinteraksi dengan alam. Berolahraga dikelilingi dengan alam dapat memberikan efek positif pada kesehatan fisik dan mental kamu

Terdapat sejumlah penelitian yang menunjukkan bahwa berjalan di tengah alam dapat menurunkan tingkat stres dan rasa cemas. Hal ini berkaitan dengan aktivitas otak. Otak adalah salah satu pengatur suasana hati. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang menghabiskan waktu di tengah alam ternyata terbantu dalam peningkatan fungsi korteks dan bagian prefrontal untuk fokus.

Menghabiskan waktu di tengah alam juga berarti mendengarkan suara alam. Aktivitas fisik di air, seperti berselancar mampu memberikanmu waktu untuk sangat dekat dengan suara air. Maka itu, tingkat kelelahan mental yang dirasakan para peselancar mungkin lebih rendah karena para peselancar sangat dekat dengan alam.

5. Menghilangkan Stres

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, beselancar mampu membantu menghilangkan stres yang kamu miliki. Olahraga yang mengkombinasikan fisik dan mental di alam bebas ini sangatlah menantang, tapi juga menyenangkan di saat yang bersamaan. Kondisi seperti ini bisa melepaskan hormon stres yaitu kortisol, dan membangkitkan hormon endorfin yang mampu menghilangkan rasa sakit secara alami sehingga mampu meningkatkan suasana hati kamu.

Ingat, bahwa kombinasi latihan fisik, berada di alam serta melakukan sesuatu yang menyenangkan dan menantang bisa melepaskan hormon stres. Bagaimana, cukup menarik bukan jika kamu terus menggeluti olahraga selancar, sebab stresmu pun akan hilang.

6. Membantu Membakar Kalori

Siapa nih yang ingin berat badan berkurang? Ketahuilah bahwa olahraga ini juga cukup efektif membakar kalori loh. Mengapa demikian? Karena olahraga berselancar memaksimalkan kinerja seluruh otot tubuh sehingga efektif dalam membakar kalori dalam tubuh kamu

Rata-rata orang yang berselancar selama 30-60 menit dapat membakar antara 130-260 kalori. Jika kamu rajin melakukan olahraga berselancar, bisa terbayang ‘kan berapa banyak kalori yang kamu bakar? Jadi yuk, mulai untuk olahraga berselancar!

Dari penjelasan menganai manfaat berselancar, apakah kamu sudah semakin tertarik untuk melakukan olahraga ini? Nah, jika sudah, kamu bisa memulainya dengan memiliki papan selancar lebih dulu pastinya. Apakah kamu bingung di mana membeli peralatan selancar? Tenang, Quiksilver solusinya.

Quiksilver adalah tempat di mana kamu bisa membeli barang olahraga luar ruang dengan gaya yang modern. Selain papan selancar, di sana kamu juga dapat memilih beragam pakaian, alas kaki, aksesori, dan produk-produk lainnya. Jangan lupa untuk membeli peralatan selancar di Quiksilver menggunakan metode pembayaran dari Atome. Karena Atome memberikan berbagai kemudahan seperti bunga 0%, dan bisa melakukan pembayaran dengan pilihan cicilan selama 3 atau 6 bulan. Tunggu apalagi?