Blog

Ini Dia Cara Memakai Korset Setelah Melahirkan Yang Benar

Sep 17 2021

Pernahkah kamu mendengar informasi yang mengatakan bahwa wanita harus menggunakan korset setelah melahirkan? Banyak yang bilang, menggunakan korset setelah melahirkan adalah wajib hukumnya. Namun, kamu harus hati-hati ya kalau menggunakan korset ini. Kamu tidak bisa asal-asalan saat menggunakan korset tersebut.

Fungsi korset ini sangat penting lho untuk membuat perut kembali ke bentuk semula. Makanya korset ini sangat penting digunakan untuk para ibu yang habis melahirkan. Jika kamu melakukan kesalahan fatal saat menggunakan korset ini, bisa saja hal ini malah membahayakan kondisi kesehatan kamu sendiri. Biar kamu tidak salah dalam menggunakan korset, ada beberapa cara dan aturan yang bisa kamu lakukan lho. Mau tahu seperti apa aturan memakai korset? Simak di bawah ini ya.

Aturan Dan Cara Yang Tepat Menggunakan Korset Setelah Melahirkan

Tak bisa dipungkiri kalau menggunakan korset setelah melahirkan adalah salah satu hal yang suka bikin para ibu baru worry sendiri. Memakai korset setelah melahirkan memang memiliki efek samping tersendiri lho. Kalau kamu asal memakainya, maka bisa membawa dampak negatif. Namun, jika kamu menggunakan dengan cara yang tepat, maka hal ini akan membawa segudang manfaat bagi para ibu baru. Beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar tak salah saat menggunakan korset antara lain:

1. Pilih kualitas korset yang baik

Cara pertama yang bisa kamu lakukan ketika memilih korset adalah memilih korset dengan bahan yang bagus. Korset dengan bahan yang bagus biasanya akan sangat nyaman ketika kamu gunakan.

Pilihlah bahan korset yang menyerap keringat. Jangan lupa memilih korset dengan bahan yang lembut dan elastis. Hal seperti ini yang akan membuat kamu nyaman saat menggunakan korset yang satu ini.

Bahan yang elastis juga membuat perut kamu nyaman saat menggunakannya. Nah, kalau sampai kamu salah pilih bahan yang tidak elastis, maka kamu akan merasa kurang nyaman karena membuat perut menjadi kram, sesak, dan tidak nyaman dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Bahan terbaik yang bisa kamu pilih adalah bahan korset yang menggunakan bahan bamboo. Bahan korset dengan bamboo dijamin akan membuat kamu menjadi aman ketika memakainya.

2. Sesuaikan dengan ukuran bentuk tubuh

Selain bahan korset, kamu juga harus memilih ukuran yang tepat dan sesuai dengan bentuk tubuh kamu. Maka dari itu jangan sampai salah pilih ukuran korset ya. Ukuran yang tidak sesuai dengan bentuk perut akan membuat kamu merasa tidak nyaman.

Ukuran korset yang terlalu besar juga bikin perut kamu tidak nyaman dan longgar. Namun kalau kamu pakai yang ukuran terlalu kecil juga bikin perut kamu sangat kencang dan sesak. Jadi, pilihlah korset yang benar-benar sesuai dengan ukuran bentuk tubuh kamu.

3. Menjaga kebersihan korset

Korset yang digunakan di area perut biasanya bersentuhan langsung dengan area kulit. Nah, inilah yang bisa membahayakan lho. Kondisi seperti ini bisa menimbulkan kuman dan infeksi apabila tidak bersih saat merawat korset.

Korset yang tidak pernah dibersihkan akan membuat penumpukan kuman secara terus menerus. Inilah yang bisa menimbulkan resiko infeksi bagi area kulit kamu. Makanya harus membersihkan korset yang tepat supaya aman dan awet saat digunakan. Dengan begitu resiko infeksi juga akan berkurang jika kamu menggunakannya dalam keadaan bersih dan nyaman. Dan yang paling penting korset kamu akan sangat aman dan awet saat digunakan.

4. Rajin konsultasi ke dokter atau bidan

Agar kamu semakin yakin menggunakan korset, kamu harus melakukan konsultasi dengan dokter atau bidan, untuk menanyakan apakah penggunaan korset kamu sudah benar atau tidak. Nah, di sini kamu bisa menanyakan bagaimana cara yang tepat saat menggunakan korset.

Cara Merawat Korset Dengan Tepat

Korset juga membutuhkan proses perawatan yang tepat. Kamu harus mencucinya dengan trik khusus lho. Kamu tidak diperkenankan menggunakan mesin cuci untuk mencucinya. Mesin cuci bisa merusak korset dan bisa merubah bentuknya. Makanya ketika mencuci korset, kamu harus mencucinya dengan tangan dan detergen biasa.

Ketika membilas, kamu juga harus pastikan kalau korset yang digunakan sudah terbebas dari sisa detergen yang menempel. Sisa detergen yang menempel ini bisa merusak bahan korset kamu. Makanya harus diperhatikan dengan baik ya.

Oh iya, jangan pernah mencuci dengan pemutih juga ya. Mencuci dengan pemutih bisa merusak tekstur korset kamu. Selain itu hindari menjemur di bawah terik matahari secara langsung. Cukup jemur di tempat yang teduh dan angin-anginkan saja ya.

Cara Menggunakan Korset Yang Benar

Untuk menggunakan korset kamu harus memperhatikan beberapa cara di bawah ini ya.

1. Jangan sampai terlalu kuat menarik korset

Menarik korset dengan terlalu kuat bisa membahayakan bagi ibu baru. Terutama buat kamu yang habis melahirkan.

2. Letakkan korset di pinggang dan panggul

Ketika menggunakan korset, kamu harus menggunakannya secara tepat ya. Letakkan korset di pinggang dan panggul terlebih dahulu. Kemudian bisa lakukan cara berikutnya jika terdapat bekas luka yang ada di perut.

3. Gunakan bekas luka di perut sebagai acuan

Bekas luka yang ada di perut juga bisa dijadikan acuan untuk menggunakan korset. Jangan sampai kamu membuat luka yang ada di perut kamu menjadi lebih sakit karena menggunakan korset.

4. Pilih posisi yang tepat

Ketika sudah menemukan posisi yang tepat, kamu bisa menggunakan korset yang nyaman. Dan jangan lupa untuk pakai korset secara kencang dan aman. Pokoknya harus disesuaikan dengan kenyamanan kamu.

Produk Korset Yang Bagus Dan Berkualitas

Beberapa produk korset dengan kualitas terbaik bisa kamu temukan di www.iStyle.id. Marketplace ini menyediakan berbagai macam produk korset seperti Mooimom dan Eve Maternity. Kedua produk ini sangat nyaman dan aman ketika digunakan oleh ibu yang baru melahirkan.

Berbelanja korset di iStyle bakalan lebih seru kalau kamu menggunakan Atome sebagai alat transaksinya. Semuanya bisa didapatkan sangat cepat dan mudah lho. Biar makin seru dapatkan diskon melimpah, kamu bisa langsung kunjungi www.atome.id. Let’s go for shopping, Mom!