Blog

Ketahui 8 Manfaat Dari Double Cleansing Untuk Wajah Kamu

Nov 04 2021

Apa itu double cleansing? Apakah kamu pernah mendengar kata-kata  double cleansing tapi tidak tahu apa arti dari itu? Double cleansing adalah kegiatan membersihkan wajah dengan dua tahap pembersihan menggunakan bahan yang berbeda. Tahap pertama adalah dengan menggunakan pembersih wajah berbahan dasar seperti minyak (cleansing oil), susu (milk cleanser), dan air (micellar water) untuk membersihkan wajah dari makeup. Hal ini bertujuan menghindari adanya penyumbatan pada pori-pori wajah di lapisan pertama kulit kamu karena makeup yang kamu pakai seharian.

Tahap kedua dari double cleansing adalah membersihkan wajah dengan sabun pembersih. Semakin lembut busa dari sabun yang kamu pakai, maka semakin efektif juga partikel dari busa tersebut membersihkan pori-pori wajahmu. Jika sisa-sisa dari makeup dan polusi pada wajah tidak dibersihkan secara tuntas, takutnya hal tersebut dapat menyebabkan bertumbuhnya jerawat.

Nah, setelah tahu apa itu double cleansing, sekarang yuk ketahui manfaat apa saja sih yang bisa didapatkan dari double cleansing ini.

1. Mengangkat Kotoran Dan Sisa Makeup Secara Maksimal

Double cleansing dilakukan dengan dua tahap, sehingga kotoran dan debu yang menempel pada wajah kamu dapat terangkat dengan sempurna. Penggunaan cleansing oil akan membantu membersihkan makeup. Sedangkan facial wash akan membersihkan minyak-minyak yang menempel pada wajah.

Melakukan double cleansing pada malam hari mampu mencerahkan kulit yang kusam dan mengangkat sel-sel kulit mati yang masih menempel. Sedangkan melakukan double cleansing pada pagi hari juga penting karena wajah kamu masih menghasilkan minyak dan keringat saat tidur.

2. Memberi Kulit Wajah Kesempatan Untuk Bernapas

Metode double cleansing dapat membuat wajah kamu kesempatan untuk bernapas lebih lega. Pasalnya, berbagai sisa kotoran dan makeup yang menutupi pori-pori wajah akan tersapu bersih dengan metode ini. Sehingga akan membuka akses peredaran udara pada wajah.

3. Mencegah Timbulnya Jerawat 

Jerawat biasanya mudah timbul akibat tumpukan sebum dan bakteri di kulit. Namun dengan melakukan double cleansing, kamu bisa menghilangkan tumpukan sebum dan bakteri sehingga jerawat tidak akan mudah muncul. Pembersih berbasis minyak yang digunakan saat double cleansing akan sangat efektif untuk membantu menghilangkan kotoran, residu, kosmetik dan sebum yang diproduksi berlebihan oleh kulit wajah kamu. Terutama bila kamu sering menggunakan riasan yang cukup tebal.

4. Membantu Membersihkan Pori – Pori

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, double cleansing mampu membantu mengecilkan pori – pori pada wajah kamu. Karena biasanya kotoran yang menempel pada wajah selama beraktivitas akan menyumbat kulit wajah kamu. Hal inilah yang membuat pori – pori tampak besar sehingga tekstur kulit kurang menarik ketika dilihat. Double cleansing yang dilakukan secara rutin dapat menghindarkan kamu dari hal ini.

5. Membuat Skincare Bekerja Lebih Efektif

Melakukan teknik double cleansing saat membersihkan wajah akan membuat pori – pori kulit wajah menjadi jauh lebih bersih. Ketika pori – pori kulit menjadi lebih bersih, penyerapan produk skincare seperti pelembap atau serum yang kamu gunakan juga akan lebih sempurna. Sehingga perawatan kulitmu akan berjalan lebih baik. Ibarat kanvas, sebelum kamu mengaplikasikan skincare, dibutuhkan kulit wajah yang bersih. Sehingga, skincare pun dapat terserap secara maksimal karena kulit wajah sudah bersih dan tidak ada yang menghalangi. Dengan begitu, pastinya skincare kamu dapat bekerja secara efektif pada kulit.

6. Mencegah Kulit Kering 

Di samping membersihkan kulit, double cleansing juga berguna untuk mencegah kekeringan pada kulit wajah. Teknik ini diyakini akan membantu kamu membersihkan minyak berlebih di wajah tanpa membuat kulit terasa kering. Sehingga pemilik jenis kulit kering dan acne prone sangat cocok dan disarankan melakukan double cleansing untuk merawat kulitnya. 

7. Membuat Kulit Lebih Lembut Dan Cerah

Manfaat lain dari double cleansing yaitu kamu akan memiliki kulit wajah yang jauh lebih lembut dan cerah. Hal ini dikarenakan kandungan minyak yang terdapat pada produk pembersih wajah mampu memberikan kelembapan dan kelembutan ekstra pada kulit wajah kamu. 

8. Mencegah Masalah Lain Pada Wajah

Makeup dan sisa debu yang menempel pada wajah dapat berakibat buruk pada kulit wajah. Di antaranya yaitu penyumbatan pori – pori, munculnya jerawat, hingga komedo. Selain itu, penumpukan kotoran juga bisa mempercepat proses penuaan. Kondisi ini dapat merusak kolagen, sehingga kulit menjadi lebih cepat kering, dan muncul kerutan-kerutan halus. Pasti kamu tidak mau kan mengalami hal ini ‘kan? Oleh karena itu, sebaiknya lakukan double cleansing saat membersihkan wajah ya.  

Nah, itu tadi adalah 8 manfaat yang bisa kamu lakukan untuk double cleansing. Pastikan kamu melakukan perawatan ini secara rutin untuk menghindari berbagai masalah pada kulit wajah kamu ya. Agar kamu lebih paham dan tidak salah saat melakukan double cleansing, berikut adalah langkah-langkah yang dapat kamu lakukan dengan tepat:

  • Ambil produk pembersih yang berbasis minyak, seperti makeup remover Extra Hydroactive Cleansing oil dari AllYoung.
  • Usapkan ke seluruh wajah dan pastikan semua makeup yang menempel pada wajah kamu luntur. Usapkan selama kurang lebih selama 5 menit. Lakukan pijatan-pijatan kecil pada muka, dimulai dari jidat, pipi hingga bagian leher ya.
  • Kemudian usap dengan lembut muka kamu menggunakan handuk kecil.
  • Setelah itu, bilas dengan air hangat dan bersihkan kembali menggunakan facial wash.
  • Selanjutnya bilaslah wajah kamu menggunakan air dingin.
  • Setelah semua bersih, kamu bisa mulai aplikasikan serum, pelembap dan beberapa produk skincare lainnya yang biasa kamu gunakan.

Perawatan double cleansing ini tidak perlu kamu lakukan setiap hari. Lakukanlah sesuai dengan kebutuhan kamu. Misalnya ketika setelah kamu seharian memakai makeup tebal, atau pada saat setelah kamu melakukan aktivitas di luar ruangan dan banyak terkontaminasi dengan debu atau polusi.

Jika kamu ingin memiliki produk double cleansing, langsung saja kunjungi laman www.allyoung.co.id. Di sana kamu bisa mendapatkan produk double cleansing dan produk skincare lainnya. AllYoung menyediakan rangkaian produk skincare terbaik dari para dermatologis dengan mengunakan bahan alami yang bebas alkohol, paraben, dan parfum. Yuk, belanja di AllYoung sekarang. Dan gunakan selalu Atome sebagai metode pembayaran kamu yang telah bekerjasama dengan AllYoung. Bunga 0% dan cicilan 3 atau 6 bulannya dijamin akan mencerahkan hari – hari kamu. Yuk, tunggu apalagi?