Blog

Keuntungan Bayar Kredit Tanpa Kartu Kredit

Aug 02 2021

Sadarkah kamu jika ingin membeli suatu barang dengan utang kepada seseorang atau menggunakan kartu kredit pasti akan menyulitkan kamu? Berniat mau senang-senang, eh malah sulit mau bayarnya. Duh, amit-amit deh.

Bayangin aja tuh, utang yang terus menumpuk, ditambah lagi dengan bunga yang ditawarkan semakin membuat kamu pusing tujuh keliling. Nah, dengan adanya utang, ini bakal bikin kamu badmood dan sulit melakukan banyak hal.

Jika kamu tidak segera melakukan pelunasan dengan tepat waktu, bisa jadi barang yang sudah kamu beli akan disita oleh bank. Bukannya untung, eh malah buntung. Makanya usahakan jangan kredit jika ada bunga yang sangat membebankan kamu ya.

Dalam melakukan pembelian secara kredit, kamu harus pandai dalam memilihnya. Jika kamu salah memilih kartu kredit, maka kamu akan menemukan 5 dampak yang membahayakan berikut ini.

1. Utang Semakin Sulit Lunas

Jika kamu menggunakan kartu kredit dengan jumlah yang banyak, bisa dipastikan kamu akan sulit untuk melakukan pembayaran. Bunga pada kartu kredit setiap bulannya akan terus bertambah, sehingga kamu sendiri akan sulit melakukan pembayaran tersebut.

Jumlah kredit dan bunga yang besar akan membuat beban hidupmu semakin menjadi sulit. Belum lagi jika kamu lupa bayar atau jatuh tempo, cicilan yang harus kamu bayarkan akan membengkak hingga berlipat ganda. Inilah yang bikin utang kamu menjadi semakin sulit lunas karena salah pilih kartu kredit.

2. Beban Bunga Bertambah

Sadar gak sih, bunga yang disediakan oleh bank semakin lama akan semakin menumpuk. Terlebih jika kamu lupa membayar tagihan dengan tepat wkatu. Pembayaran yang kamu bayarkan akan membengkak dan terus bertambah.

Nah, besar bunga yang dibebankan oleh bank tersebut biasanya akan dihitung berdasarkan jumlah utang yang kamu miliki. Jadi bukan suatu rahasia lagi jika utang yang harus kamu bayar akan semakin bertambah jika kamu tidak segera melakukan pembayaran. Dan setiap bulannya utang yang harus kamu bayar akan semakin bertambah daripada bulan sebelumnya.

3. Riwayat Kredit Buruk

Jika kamu menggunakan kartu kredit dan tidak bisa membayar, maka riwayat cicilan kamu akan semakin buruk. Riwayat cicilan buruk ini akan sangat mempengaruhi fleksibilitas kamu dalam mengajukan pinjaman di kemudian hari.

Nah, jika kamu kesulitan dalam mengajukan pinjaman karena bunga yang menumpuk, secara otomatis kamu akan kesulitan mengajukan cicilan di kemudian hari.

Semua riwayat pinjaman kamu ini tentunya sudah direkam oleh Bank Indonesia. Jika kamu macet dalam melakukan pembayaran pinjaman, maka bisa dipastikan pinjaman kamu berikutnya akan ditolak di kemudian hari. Untuk itu, kamu benar-benar harus hati-hati dalam melakukan pinjaman tersebut ya.

4. Diblokir Oleh Bank

Buat kamu yang sudah terlanjur menggunakan kartu kredit dan terlilit dengan bunga yang melimpah, maka bisa jadi bank akan melakukan pemblokiran kartu tersebut.

Sayang sekali ‘kan, kalau kamu sampai salah pilih kartu kredit dan berakhir tidak bisa fokus dalam melakukan pembayaran di sisa utang kamu akibat bunga.

5. Sulit Mengatur Finansial

Terlalu banyak utang akibat bunga yang melimpah akan membuatmu sulit mengatur finansial. Terlebih jika kamu tidak segera melakukan pembayaran, utang yang kamu miliki bisa menjadi lebih banyak, dan kamu menjadi kesulitan untuk mengalokasikan keuangan dengan baik.

Jika kamu mengalami kesulitan dalam melakukan pembayaran, kamu bisa mendahulukan seluruh cicilan dan utang kamu terlebih dahulu. Jangan biarkan utang yang kamu miliki jatuh pada temponya. Ini akan membuat kamu kesulitan dalam membayar utang tersebut. Sehingga bisa jadi akan memperburuk situasi keuangan kamu.

Lalu bagaimana solusi jika ingin kredit tanpa menggunakan kartu kredit?

Tak bisa dipungkiri, melakukan pembayaran dengan langsung lunas memang sangat sulit. Tak semua orang mampu untuk melakukan pembayaran secara cash. Terlebih jika kamu ingin membeli barang dengan harga yang mahal. Pasti akan sulit untuk melakukan pembayaran tersebut secara cash.

Untuk itu, metode pembayaran dengan cicilan masih sangat membantu kamu dalam melakukan transaksi lho. Namun, perlu di garisbawahi, kamu harus pintar dalam memilih metode pembayaran tersebut. Dengan begitu kamu tidak akan terperangkap di lubang yang curam akibat sistem pembelian secara mencicil tersebut.

Agar lebih memudahkan kamu dalam melakukan pembayaran kredit, kamu bisa memanfaatkan penggunaan metode cicilan tanpa membebankan bunga. Pilihlah platform pembayaran yang menerapkan cicilan 0%. Dengan begitu kamu akan menjadi lebih mudah dalam melakukan pembayaran utang.

Salah satu pembayaran yang bisa kamu gunakan adalah Atome. Dengan Atome kamu bisa memenuhi beragam lifestyle yang kamu butuhkan dan inginkan. Atome sangat memudahkan kamu juga lho dalam melakukan pembayaran tersebut. Tak lain karena Atome memberikan pembebasan bunga yang fleksibel kepada para penggunanya. Dengan begitu para pengguna akan jauh terbantu dan bisa memenuhi seluruh kebutuhan mereka dengan sangat baik.

Selain itu, dengan menggunakan Atome juga bisa memudahkan pembeli dalam membayar. Tanpa ribet dengan kartu kredit dan bunga, Atome akan membantu para pengguna dalam bertransaksi. Terlebih penggunaan Atome ini sudah tersebar di berbagai gerai yang ada di Indonesia, baik yang online maupun offline. Dengan begitu sangatlah mudah untuk melakukan pembayaran.

Misalnya saja nih buat kamu yang sedang memulai usaha Kedai Kopi, kamu ingin membeli mesin kopi terbaik, namun modal yang kamu miliki belum cukup. Nah, dengan membeli mesin tersebut di JD.ID, kamu bisa membelinya dan membayarnya dengan cicilan secara berkala tanpa bunga tentunya, karena Atome telah bekerjasama dengan JD.ID untuk memberikan kemudahan pembayaran di setiap pembeliannya.

Tak hanya itu saja lho. Membayar dengan Atome biasanya juga memberikan kejutan manfaat yang sangat melimpah. Mulai dari diskon, hadiah, dan kejutan lainnya. Yang mana bikin para penggunanya menjadi lebih senang dan bisa mendapatkan keuntungan yang sangat berlimpah.

So, buat kamu yang ingin melakukan cicilan tanpa harus ribet dengan kartu kredit, kamu bisa nih gunakan Atome sebagai alat pembayaran terbaikmu. Selain mudah, Atome juga bisa memberikan manfaat yang berlimpah. Yuk pakai Atome!