Blog

Kopi Dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

Siapa sih yang tak kenal dengan kopi? Si biji kecil yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia ini rupanya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan lho. Banyak penelitian yang membuktikan bahwa kopi mengandung banyak zat yang bisa melindungi tubuh manusia dari berbagai macam penyakit. Makanya, kopi sangatlah cocok untuk dikonsumsi bagi semua kalangan. Kira-kira apa saja sih manfaat kopi bagi kesehatan? Mau tahu lebih lanjut? Yuk simak!

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan

1. Hidup lebih lama

Banyak studi yang membuktikan, bahwa kopi bisa mengurangi risiko beberapa penyakit lho. Seperti jantung koroner, stroke, diabetes, hingga penyakit ginjal. Nah, jika kamu mengkonsumsi kopi ini kamu akan terhindar dari penyakit tersebut. So, secara otomatis akan membuat hidup lebih lama.

2. Terhindar dari diabetes

Banyak yang sudah membuktikan bahwa mengkonsumsi kopi bisa mengurangi risiko diabetes melitus. Kandungan yang ada di dalam kopi akan membuat kamu terhindar dari kadar gula yang tinggi di dalam darah. Namun, dalam mengkonsumsinya kamu tak diperkenankan untuk menggunakan gula. Jadi kamu hanya mengkonsumsi kopi itu saja.

3. Menurunkan gagal jantung

Tak banyak yang tahu, mengkonsumsi kopi rupanya juga bisa menghindarkan tubuh kamu dari masalah gagal jantung. Kondisi gagal jantung sangat membahayakan tubuh kamu. Sehingga kondisi ini bisa menyebabkan kematian yang tinggi. Untuk menghindari penyakit tersebut, kamu bisa mengkonsumsi kopi tanpa gula seminggu dua kali. Yuk segera dicoba!

4. Menurunkan risiko penyakit Parkinson

Penyakit Parkinson merupakan penyakit yang mengakibatkan penderitanya tidak bisa mengontrol gerakan tubuh dengan baik. Nah, kandungan di dalam kopi ini bisa mengurangi risiko penyakit ini. Kandungan kafein ini sangat baik untuk mereka yang mengidap penyakit Parkinson ini.

5. Membuat organ hati lebih sehat

Hati adalah salah satu organ yang sangat penting di dalam tubuh. Organ ini bisa rusak apabila tidak dirawat dengan baik. Untuk itu, agar membuat organ hati selalu sehat, kamu bisa mengkonsumsi kopi. Kandungan enzim yang ada di dalam kopi bisa memberikan efek proteksi yang tinggi untuk melindungi hati.

6. Menurunkan risiko kanker

Penyakit kanker adalah penyakit yang sering muncul dan diidap oleh sebagian orang. Untuk menghindarkan risiko diri dari penyakit ini, kamu bisa menggunakan kopi. Kandungan kopi bisa menurunkan risiko kanker di dalam tubuh. Terutama jenis kanker pencernaan atau kanker usus.

7. Menurunkan risiko penyakit Alzheimer

Alzheimer adalah penyakit yang paling sering banyak diidap oleh orang tua di Indonesia. Penyakit ini biasanya terjadi pada wanita usia 65 tahun ke atas. Usut punya usut, penyakit ini bisa diatasi dengan mengkonsumsi kopi lho.

Kamu bisa mengkonsumsi kopi sebanyak 2-3 gelas sehari. Dengan begitu kamu akan terhindar dari penyakit ini. Kandungan kafein di dalam kopi akan melindungi tubuh kamu terhindar dari penyakit ini.

8. Menurunkan risiko strok

Penyakit strok rupanya juga menjadi momok bagi kebanyakan orang. Penyakit ini sangat berisiko di dalam tubuh seseorang apabila tidak bisa mengontrol makanan yang dimakan. Nah, melalui kopi inilah penyakit strok bisa dihindari lho.

9. Menimbulkan rasa bahagia

Jika kamu sedang mengalami frustasi dan sedih, kopi rupanya bisa menjadi salah satu obat yang bisa membuat kamu menjadi lebih tenang dan bahagia. Adanya kopi ini bisa membuat seseorang akan jauh lebih bisa mengontrol emosi yang ada di dalam diri mereka. Dengan begitu tubuh akan lebih siap dan tidak emosi jika mengalami suatu masalah.

Ternyata, hal ini sudah terbukti dari beberapa studi yang sudah diteliti di Amerika Serikat. Sebanyak 50.000 perempuan terbukti bisa menurunkan emosi dan frustasi mereka dengan mengkonsumsi kopi ini, guys. Wah, boleh banget dicoba nih!

10. DNA di dalam tubuh menjadi lebih kuat

Kopi ternyata terbukti bisa mengurangi patahnya rantai DNA di dalam tubuh. Patahnya DNA ini bisa berakibat fatal jika terus menerus dibiarkan. Banyak penyakit yang akan muncul di tubuh jika rantai DNA ini patah. Beberapa penyakit yang bisa muncul yaitu kanker atau tumor. Nah, dengan mengkonsumsi kopi, maka kamu akan terhindar dari bahaya penyakit tersebut. Sehingga kamu akan tetap sehat.

11. Meningkatkan efektivitas berolahraga

Kandungan yang ada di dalam kafein ternyata bisa meningkatkan performa yang ada di dalam tubuh. Kandungan kafein bisa melancarkan peredaran darah di dalam tubuh. Dengan begitu kekuatan otot, kebugaran, akan terbentuk dengan sempurna bila mengkonsumsi kopi ini.

Mengingat manfaat kopi sangat banyak, kira-kira gimana sih cara mengkonsumsi kopi yang benar?

Cara Yang Benar Mengkonsumsi Kopi

1. Memilih jenis kopi yang bagus

Memilih jenis kopi adalah hal wajib yang harus dilakukan jika kamu ingin mengkonsumsi kopi. Jenis kopi ini bisa disesuaikan dengan keinginan kamu.

2. Menaburkan bubuk kayu manis di atas kopi

Menabur kayu manis adalah manfaat lain yang bisa diberikan jika dikonsumsi bersamaan dengan kopi. Bubuk kayu manis ini akan membantu kamu mengurangi lonjakan kadar gula yang ada di dalam darah lho.

3. Tak menggunakan sirup atau gula

Salah satu kesalahan yang kerap terjadi dalam mengkonsumsi kopi adalah menambahkan gula dan sirup. Padahal mengkonsumsi kopi menjadi kurang baik bila ditambah dengan kandungan gula. Makanya, jangan pakai gula kalau mengkonsumsi kopi ya.

4. Tidak minum di atas jam 2 siang

Tidak mengkonsumsi kopi di atas jam 2 siang ini dikarenakan agar kandungan kafein tidak mengganggu kualitas tidur. Jadi kurang baik rasanya jika mengkonsumsi kopi terlalu banyak di atas jam 2 siang.

5. Membuat kopi di rumah

Membuat kopi terbaik adalah membuat kopi di rumah sendiri. Dengan memilih biji kopi terbaik, kamu bisa melakukan pengolahan kopi sendiri di rumah. Sehingga kamu akan tahu kualitas kopi ini.

Mengolah kopi di rumah akan lebih keren jika kamu menggunakan mesin kopi pilihan. Di situlah kamu akan mendapatkan kualitas kopi terbaik untuk dikonsumsi.

Beberapa produk mesin kopi yang bisa kamu beli antara lain:

–          Oxone Eco Coffee Maker

–          Mideo Coffee Maker

–          Goto Ufo Coffee Maker Grinder

–          Nescafe Coffee maker

Beberapa produk tersebut dibanderol mulai harga Rp 200 ribuan hingga Rp 800 ribuan hanya di JD.ID yang semua produknya dijamin orisinal, jadi kamu tidak perlu khawatir untuk membeli. Dan juga JD.ID telah bekerjasama dengan Atome sebagai salah satu metode pembayarannya. Jadi, tunggu apalagi?