Blog

Langkah Jitu Hemat Listrik Rumah

May 31 2021

Listrik sudah menjadi suatu kebutuhan manusia sehari-hari. Bahkan sekarang ini sudah banyak sekali tersedia berbagai macam produk yang sangat mudah digunakan dengan bantuan listrik. Mulai dari alat penanak nasi, setrika, mesin cuci, bahkan sampai alat olahraga dan hiburan pun sekarang juga bergantung dengan listrik.

Tapi bisa dibayangkan nggak sih kalau di rumah kamu semua peralatannya menggunakan listrik? Pasti biaya yang dikeluarkan juga sangat membengkak dan bikin boros di kantong. Bukannya semakin santai dan menikmati fasilitas, tapi malah pusing buat bayar listrik. Jangan sampai kejadian seperti ini ya, guys!

Nah, biar kamu tetap hemat saat menggunakan listrik, kita ada tips jitu nih yang bisa kamu tiru biar kamu tak lagi pusing tujuh keliling dan lebih optimal dalam menghemat pemakaian listrik di rumah. Mau tau seperti apa tipsnya? Yuk mari kita simak bareng-bareng.

Tips Jitu Menggunakan Listrik Yang Optimal

Mungkin kamu suka tak sadar ‘kan kalau sering memakai peralatan listrik dan suka kelewat batas. Saking enaknya, terkadang kamu suka lupa sendiri menggunakan listrik yang mana yang harus kamu pakai. Biar tak salah, simak dulu yuk tips di bawah ini.

1. Pilih Lampu Yang Hemat Energi

Menghemat listrik ternyata punya berbagai macam cara lho. Dan untuk mewujudkannya juga ternyata tak begitu sulit. Menghemat listrik sama artinya dengan ikut serta menjaga lestarinya alam dan lingkungan. Jadi kamu haru mulai memahaminya dengan baik ya.

Salah satu cara mudah yang bisa kamu pilih adalah dengan menggunakan lampu LED. Penggunaan LED dinilai sangat efektif dan efisien. Selain dapat memancarkan cahaya yang terang, lampu LED juga mampu memberikan penerangan ruangan yang sangat terang. Sehingga cahaya ruangan yang dihasilkan sangat terang, namun kamu hanya butuh energi yang sedikit saja. Jadi tak mungkin deh kamu boros lagi.

2. Matikan Lampu Jika Tak Dipakai

Banyak dari kamu yang mungkin sering lupa untuk mematikan lampu. Bukannya jadi hemat, kamu malah harus bayar listrik yang membengkak. Nah, maka dari itu, jangan sampai deh kamu kelupaan mematikan lampu. Nanti bisa bahaya tuh. Kalau bisa lebih hemat, kenapa harus ditunda?

3. Menjemur Pakaian Di Terik Matahari

Memang sih sekarang ini sudah tersedia pengering listrik. Namun, perlu kamu sadari kalau pengering listrik ini sangatlah membutuhkan daya yang cukup besar. That’s why kamu tidak boleh terlena ya.

Tuhan sudah menciptakan tenaga surya yang sangat ampuh, yaitu matahari. Kamu bisa memanfaatkan teriknya matahari untuk mengeringkan pakaianmu. Jadi selain hemat, mengeringkan pakaian dengan terik matahari juga bisa lebih sehat lho, karena bisa mengurangi jamur dan bakteri di baju.

4. Pakai Kulkas dan Freon Yang Ramah Lingkungan

Melihat situasi sekarang ini, rupanya sudah banyak tersedia produk elektronik yang ramah lingkungan. Misalnya saja seperti kulkas dan AC. Kedua produk tersebut kini sudah tersedia dengan varian-varian yang ramah lingkungan.

Jadi, kamu jangan khawatir kalau mau menggunakan produk seperti ini. Semuanya sangat aman dan terjangkau di pasaran kok. Jadi kamu bisa membeli dan menggunakannya untuk kebutuhan sehari-hari.

5. Gunakan Pencahayaan Yang Alami

Membuat rumah terang tak perlu menggunakan banyak lampu. Namun, bisa kamu kreasikan dengan memanfaatkan pencahayaan alami. Kamu bisa menggunakan jendela yang lebar di rumah kamu. Sehingga kamu bisa memanfaatkannya sebagai sumber cahaya di dalam rumah.

Selain mempercerah situasi rumah, pencahayaan dengan jendela ini juga sangat ramah lingkungan. Sehingga bisa membuat kamu lebih hemat dalam menggunakan listrik.

6. Jangan Biarkan Charger Smartphone Semalaman

Meskipun sepele, tapi kamu kerap kali melakukannya. Banyak dari kamu yang sering lupa untuk mencopot charger smartphone semalaman. Hal ini ternyata sangat merugikan kamu lho. Beban listrik di rumah kamu bisa bertambah dan bisa menambah biaya listrik di rumah kamu.

Jika dirasa baterai sudah penuh, segera cabut kabel yang ada. Jadi energi yang terbuang tidak akan sia-sia.

7. Gunakan Timer Pendingin Ruangan

Sekarang semua teknologi sudah semakin canggih. Ini artinya kamu bisa memanfaatkannya dengan baik. Nah, buat kamu yang sering menggunakan AC, kamu bisa memanfaatkan fasilitas timer. Estimasikan suhu ruangan yang ada dan kamu bisa memanfaatkannya dengan baik biar hemat listrik ya.

8. Merawat Peralatan Listrik Secara Berkala

Jika kondisi peralatan listrik tidak dirawat dan gampang rusak, ini bisa jadi menyebabkan daya yang berlebihan. Untuk menghindarinya, kamu bisa melakukan perawatan secara teratur. Sehingga kamu bisa mengoptimalkan dengan baik keadaan listrik di rumah kamu.

9. Gunakan Peralatan Smart Device

Semakin berkembangnya zaman, semakin banyak peralatan listrik yang bisa membantumu. Nah, sekarang ini tersedia peralatan listrik yang smart device. Peralatan ini sangat berguna untuk membantumu dalam kehidupan sehari-hari. Jadi jika kamu kelupaan mematikan listrik, kamu bisa mengontrolnya lewat smartphone kamu. Jadi kamu tak perlu khawatir lagi deh. Semuanya sangat mudah dan gampang untuk dilakukan.

Jadi, untuk bisa lebih hemat dalam membayar listrik sebenarnya sangatlah mudah. Kamu hanya butuh lebih banyak kesadaran dalam menggunakan listrik saja. Yang terpenting, jangan lupa untuk menggunakan peralatan listrik yang hemat energi.

Ngomong-ngomong tentang listrik hemat energi, kamu bisa memilih peralatan elektronik terbaru yang ramah listrik dari aplikasi Atome. Semua jenis peralatan listrik bisa kamu temukan di aplikasi Atome ini dengan kondisi yang bagus dan tentunya orisinal. Nah, kalau kamu ingin lebih hemat dalam memakai listrik di rumah, segera gunakan layanan Atome ini untuk transaksi, guys. Tunggu apalagi? Yuk cepetan beli.