Blog

Manfaat Laos Sebagai Bumbu Dapur

Cita rasa masakan Indonesia sejak jaman dahulu sudah terkenal enak. Sementara masakan yang enak diciptakan dari bumbu yang berkualitas pula. Buat kamu yang kurang pandai dalam memasak, dan sulit mengenali nama-nama bumbu, kini kamu tidak perlu khawatir lagi, karena kamu bisa mencari bumbu yang kamu butuhkan dalam bentuk bubuk siap pakai yang berada di seluruh supermarket di Indonesia. Selain praktis, kehadiran bumbu siap pakai akan memudahkan kamu dalam memasak.

Oleh sebab itu, di jaman yang praktis ini penting untuk kita mengetahui apa yang ada di sekitar kita. Berikut adalah manfaat laos yang bukan hanya digunakan sebagai bumbu dapur, tapi juga dipercaya mampu menyembuhkan berbagai penyakit dalam.

  • Lengkuas atau Laos

Bumbu dapur jenis ini memiliki peran penting sebagai penyedap alami semua masakan. Laos termasuk dalam jenis tumbuhan temu-temuan yang bisa hidup di dataran tinggi atau rendah.

Aromanya yang tajam dan pedas, mampu memberikan kesegaran yang berbeda pada setiap masakan. Tekstur lengkuas cenderung kasar pada kulitnya, keras dan berserat pada bagian dalam dagingnya. Berbeda dengan kunyit dan jahe, yang sama-sama memiliki kulit dan daging yang lembut. Pernah terbayang gak sih masak tanpa menggunakan laos atau lengkuas? Pasti gak ya, lengkuas itu sama seperti garam, kehadirannya dalam dunia kuliner sangat dibutuhkan.

Selain menambah aroma masakan, lengkuas memiliki manfaat lain yaitu mampu menghilangkan bau amis pada ikan, ayam, dan daging. Oleh sebab itu, masakan akan sangat enak jika dimasak dengan lengkuas.

Menambah aroma masakan sudah, menghilangkan bau amis sudah, apalagi ya kira-kira manfaat lengkuas, apa kamu tau? Ya manfaat terakhir dari lengkuas adalah menambah rasa pada masakan. Aroma yang kuat berasal dari rasa masakan yang lezat. Peran penting inilah yang membuat lengkuas selalu ada di setiap dapur orang Indonesia.

Selain lengkuas, ada beberapa bumbu dapur yang memiliki manfaat tersendiri dalam dunia kesehatan. Seperti apa penjelasannya, berikut ulasannya.

  • Temu Kunci

Bentuk bumbu dapur ini hampir sama seperti ginseng, yang membedakan temu kunci dengan ginseng ada di aromanya. Meskipun memiliki bentuk yang sama, keduanya memiliki aroma yang berbeda, ginseng biasa digunakan untuk obat herbal dan temu kunci digunakan untuk aroma masakan.

Temu kunci biasa digunakan sebagai bumbu pelengkap untuk sayur bayem. Manfaatnya bukan hanya sebagai bumbu dapur penyedap masakan. Menurut para ahli medis, temu kunci bisa digunakan sebagai obat tradisional karena temu kunci mengandung senyawa bioaktif yang mampu mengobati berbagai penyakit. Berikut ada 5 manfaat temu kunci sebagai obat tradisional yang dipercaya mengobati berbagai penyakit.

1. Mengobati diare pada penderita HIV

Temu kunci bermanfaat dalam mengobati penyakit diare pada penderita HIV. Kandungan ekstrak kloroform dari B. rotunda, A. galangal dan B. lupulina membantu menghambat penyebaran virus amoebas.

2. Mengobati penderita kanker usus dan payudara

Temu kunci dipercaya mampu menghambat sekaligus mengobati pasien penderita kanker usus dan payudara secara efektif.

3. Leukemia

Selain menghambat sel kanker usus dan payudara, temu kunci dipercaya mampu menghambat pertumbuhan sel kanker penderita leukemia. 

4. Mencegah helicobacter pylori

Helicobacter pylori adalah bakteri penyebab dyspepsia, gastritis dan tukak lambung yang berhubungan lasngsung dengan kanker usus besar dan lambung. Minyak yang diekstrak dari akar temu kunci membantu menurunkan aktivitas anti-Helicobacter.

5. Bisul

Temu kunci dipercaya bisa mengatasi permasalahan borok dan bisul. Kandungan ekstrak metano dari temu kunci memberikan efek antiulcer dan memiliki pinostrobin yang bermanfaat menurunkan kadar zat reaktif asam tobarbiturat.

  • Jahe

Memiliki rasa yang dominan pedas, jahe dipercaya mampu menghangatkan badan dan tenggorokan. Ada tiga jenis jahe yang perlu kamu ketahui, yaitu jahe gajah, jahe kuning, dan jahe merah. Selain sebagai obat herbal, peran jahe sebagai bumbu dapur mampu menghilangkan bau amis pada olahan ikan.

  • Kunyit

Siapa yang tak kenal dengan kunyit? Ciri khasnya yang berwarna kuning mampu membuat orang langsung paham dan tahu bumbu apa ini. Rempah asli Indonesia ini telah lama dikenal memiliki khasiat yang luar biasa. Tidak heran jika kunyit banyak dipakai oleh ahli kecantikan dan kesehatan.

Khasiat minum kunyit setiap hari mampu menjaga kesehatan perut, mengobati radang, perut kembung, penahan rasa sakit, obati sakit maag, mengobati metastasis kanker, obat alergi, dan melawan bakteri jahat.

  • Kencur

Sebagai bumbu dapur, peran kencur hanya sebagai pelengkap cita rasa masakan. Namun di dunia kesehatan, kencur sama seperti kunyit, banyak dijadikan sebagai jamu, misanya saja jamu beras kencur.

Kehadiran bumbu dapur yang memiliki manfaat luar biasa di dunia kesehatan adalah karunia dari Tuhan yang harus kita jaga kelestariannya. Sama seperti alam yang jalannya selalu penuh misteri tetapi selalu memberikan manfaat yang besar untuk kita semua. Sudah sewajarnya generasi kita merawat dan melestarikan apa yang sudah ada, agar kelak ketika anak dan cucu kita tumbuh besar, kita tidak kekurangan sumber daya alam.