Blog

Memanfaatkan Platform Belanja Online Di Masa PPKM

Jul 22 2021

Masa PPKM memang membuat banyak kegiatan dibatasi, termasuk kegiatan berbelanja. Hampir semua toko memiliki jam operasional yang sangat dibatasi. Yang pada mulanya buka dari pukul 6 pagi sampai pukul 10 malam, kini dibatasi sampai pukul 8 malam saja. Pemangkasan jam buka toko ini tentu saja sangat merugikan banyak kalangan. Akan tetapi kamu jangan khawatir ya, sebab sekarang kita berikan tips untuk mengatasinya, yaitu dengan memanfaatkan platform belanja online.

Belanja online melalui platform belanja online atau e-commerce merupakan salah satu solusi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Sebab, platform e-commerce saat ini menyediakan semua kebutuhan masyarakat, khususnya di masa PPKM. Mulai dari produk makanan pokok, produk kesehatan, barang-barang kebutuhan seperti pakaian, tas, dan masih banyak lagi.

Nah, tahukah kamu mengapa memanfaatkan platform belanja online ini sangat menguntungkan untuk kamu? Simak penjelasannya yuk!

1. Tidak Ada Kontak Fisik Dengan Orang Lain

Di tengah wabah COVID-19 ini, semua orang diimbau untuk menjaga jarak dan meminimalisir kontak fisik. Nah, belanja online dapat menerapkan hal tersebut. Bagaimana tidak? Kamu hanya memerlukan smartphone dan kuota internet untuk memesan barang-barang keperluanmu. Kamu pun tidak perlu keluar rumah sebab barang pesananmu akan diantar di rumah.

Ketika menerima barang dari kurir yang mengantarkan pesananmu pun kamu bisa meminta kurir meletakkannya di pagar atau di teras rumah terlebih dulu agar tidak terjadi kontak secara langsung dengan orang lain. Dengan begitu belanjamu aman, dan interaksi antarmanusia pun tetap terjaga.

2. Belanja Lebih Praktis

Jika kamu memiliki sedikit waktu untuk berbelanja barang atau kebutuhan sehari-hari, belanja online adalah solusi yang tepat untukmu. Berbelanja secara online dapat memberikan kemudahan bagi kamu yang tidak memiliki banyak waktu untuk berbelanja. Selain itu, kamu juga lebih hemat karena tidak memerlukan uang transportasi untuk pergi ke toko.

Banyak dari paltform belanja online yang sudah menerapkan fitur gratis ongkir, sehingga hal ini akan lebih menguntungkanmu pastinya. Berbelanja secara online bisa kamu lakukan dengan santai di rumah, tanpa harus pergi keluar rumah. Apalagi di masa PPKM saat ini, pemerintah mengimbau masyarakat untuk tetap berada di rumah dan menjauhi kerumunan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19.

3. Belanja Lebih Nyaman

Selain kamu dapat belanja secara praktis saat menggunakan platform belanja online, kamu pun bisa merasakan kenyamanan yang diberikan. Belanja barang kebutuhan sehari-hari atau barang yang kamu inginkan kini lebih mudah kamu dapatkan. Hanya dengan mengetik barang atau merek yang kamu inginkan, kamu sudah dapat melihat varian barang yang bisa kamu beli.

Proses belanja online ini juga bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja, saat kamu sedang beraktivitas atau sedang duduk santai di rumah. Hanya dalam beberapa kali klik, kamu pun tinggal menunggu barang tiba di depan rumah. Tidak perlu lagi menunggu antrean kasir, seperti saat berbelanja di toko.

4. Bisa Membandingkan Harga

Jika belanja secara langsung ke toko, kamu akan kesusahan untuk melakukan perbandingan harga. Sebagai contoh jika kamu ingin membeli suatu barang kamu harus pergi lebih dari 1 toko untuk bisa membandingkan harganya. Tentu saja hal ini sangat melelahkan bukan? Sebaliknya, jika menggunakan situs belanja online, kamu cukup membandingkan harga melalui ponselmu.

Bahkan untuk melihat kualitasnya pun kamu bisa memanfaatkan fitur ulasan pembeli sebelumnya. Adanya fitur ulasan dan pembanding ini bisa membantu kamu mencari tahu, juga membandingkan harga dan kualitas produk. Kamu akan dengan mudah dapat melihat mana toko yang menjual produk dengan harga terbaik. Kamu bisa membaca semua ulasan positif dan negatif dari orang-orang yang telah membeli produk tersebut sebelumnya. Cukup menarik bukan?

5. Banyak Tawaran Menarik

Begitu banyak promosi yang ditawarkan oleh situs belanja online. Baik itu kupon gratis ongkos kirim, potongan harga, tambahan hadiah menarik, ataupun cashback di setiap transaksi.

Terdapat berbagai momen selebrasi yang dirayakan oleh situs belanja online, sehingga hal ini akan menguntungkanmu. Sebab pada saat momen perayaan seperti ini, akan lebih banyak lagi tawaran menarik yang diberikan. Contohnya seperti Harbolnas atau Hari Belanja Online Nasional. Pada hari tersebut kamu bisa mendapatkan harga murah. Kamu juga bisa mendapatkan potongan harga yang cukup menguntungkan.

6. Cahsless

Salah satu hal yang juga berubah di masa pandemi ini adalah mengutamakan pembayaran non tunai dalam setiap transaksi belanja. Nah, dengan berbelanja online, kamu bisa menerapkan hal ini loh. Caranya kamu bisa memilih metode pembayaran menggunakan internet banking, atau metode pembayaran dengan mempergunakan Atome. Pilih metode pembayaran dengan Atome agar kamu tidak perlu memegang uang tunai dalam transaksimu. Dengan begitu kamu pun akan terhindar dari virus dan kuman yang menempel pada uang tunai.

Pastikan bahwa kamu sudah mengunduh aplikasi Atome ya atau pastikan saldo internet bankingmu cukup sebelum membeli barang. Selain itu, cek detail produk yang hendak dibeli, terutama jika membeli sayur atau bahan makanan yang cepat rusak. Lihat informasi kemasan, label, dan tenggat waktu kedaluwarsa. Pastikan juga ke penjual bahwa barang yang dibeli akan dikemas dengan baik.

Berkat adanya smartphone dan jaringan internet, kini semua orang dapat membeli berbagai barang kebutuhan secara aman dan mudah melalui situs belanja online. Apalagi mengingat adanya berbagai pembatasan aktivitas selama pandemi berlangsung, semakin banyak orang yang ragu untuk pergi berbelanja di luar rumah. Untungnya, ada alternatif belanja untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari tanpa harus beranjak dari rumah.

Belanja online adalah metode belanja yang beberapa tahun belakangan ini sangat diminati masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak, belanja online memiliki banyak manfaat yang tidak ditemukan saat berbelanja langsung di toko.

Dengan berbelanja online, kamu tinggal memesan dan menunggu barang diantarkan ke rumah oleh kurir, sehingga cukup simpel dan mudah. Selain itu, belanja online dinilai lebih aman untuk mengurangi risiko penularan virus Covid19 di masa PPKM ini pastinya.

Itu tadi adalah manfaat mengapa kamu akan merasa sangat diuntungkan jika berbelanja melalui situs online. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatanmu ya. Selamat belanja online!