Blog

Mengenal Lebih Dalam Apa Itu Feature Phone

Pernahkah kamu mendengar istilah feature phone? Apakah feature phone sama halnya dengan smartphone? Bagi kamu yang belum tahu apa itu feature phone, yuk simak penjelasan lebih dalam mengenai feature phone berikut ini.

Awal Mula Hadirnya Feature Phone

Anda mungkin masih ingat pada saat handphone atau ponsel biasa pertama kali muncul. Fungsi utama dari sebuah ponsel pada saat itu adalah untuk menelpon dan mengirim pesan. Beberapa lama setelah handphone muncul, disusul dengan munculnya handphone yang lebih canggih, yakni yang memiliki fitur MP3, bisa memutar video dan musik, bahkan memiliki kamera. Nah, jenis peralihan handphone inilah yang dinamakan dengan feature phone.

Feature phone merupakan transisi dari handphone biasa yang hanya bisa digunakan untuk mengirim pesan dan menelepon saja menjadi sedikit lebih canggih dengan adanya fitur tambahan. Feature phone biasanya dilengkapi dengan satu fitur yang menjadi keutamaan sebuah handphone. Misalnya handphone dengan kemampuan menghasilkan suara yang tinggi dan lain sebagainya.

Jadi sudah tahu kan apa itu feature phone? Atau bahkan kamu pernah memiliki feature phone tetapi tidak tahu bahwa jenis dari ponsel milik kamu berjenis feature phone? Dan sekarang kamu sudah mengetahuinya dong pastinya.

Nah, agar kamu tahu lebih dalam tentang feature phone, yuk simak perbedaan antara feature phone dan juga smartphone berikut ini.

Perbedaan Feature Phone dengan Smartphone

Di zaman yang modern ini, kamu pasti sudah sangat sering mendengar apa itu smartphone. Yap, smartphone adalaha ponsel pintar yang memiliki banyak keahlihan. Oleh karena itu dinamakan smartphone. Perbedaan antara keduanya terletak pada hal-hal berikut:

Sistem

Perbedaan utama smartphone dan feature phone adalah pada sistem yang digunakan. Smartphone memiliki sistem OS yang memungkinkan koneksi dengan internet yang lebih baik. Di samping itu, fasilitas yang dimiliki smartphone jauh lebih lengkap dengan kapasitas yang besar. Pada feature phone, penggunaan memory card sangat menentukan kapasitas dari handphone tersebut. dan sistem yang digunakan pun belum secanggih yang digunakan pada smartphone.

Fitur

Sebagai sebuah ponsel pintar, tentu saja smartphone memiliki beragam fungsi dan fitur yang bisa kamu manfaatkan sesuai kebutuhan, seperti mengakses media sosial, bermain game, sampai bekerja online. Oleh karena itu, smartphone dibekali sistem operasi tertentu untuk menjalankan aplikasi, misalnya Android dan iOS.

Sementara itu, feature phone lebih mengedepankan fungsi komunikasi mendasar, seperti menelepon dan berkirim pesan. Fitur tambahan yang mungkin ada dalam feature phone adalah kamera dan mp3. Jika pun terdapat kamera dan aplikasi lainnya, dapat dipastikan bahwa spesifikasinya tidak lebih baik dari smartphone.

Terkadang feature phone ini juga dilengkapi dengan berbagai aplikasi sosial media, seperti Facebook atau Twitter. Dan berkat kemajuan teknologi, feature phone semakin lama semakin tampak seperti sebuah smartphone.

Ukuran Ponsel

Dari wujudnya sudah dapat diidentifikasi apakah ponsel itu merupakan feature phone atau smartphone. Ukuran smartphone biasanya lebih besar dengan lebar layar mulai 4 sampai 6 inci. Sementara itu, feature phone memiliki ukuran yang lebih kecil dan lebih ringkas sehingga tidak akan memakan banyak tempat saat disimpan di sakumu.

Layar

Sebagian besar smartphone di pasaran sudah pasti menggunakan layar sentuh yang responsif dan cepat dengan berbagai ukuran. Untuk mengoperasikan segala fungsinya, kamu cukup menyentuh, mengetuk, dan menggeser layar.

Berbeda dengan feature phone yang hanya memiliki layar kecil dan tidak merespons sentuhan. Untuk menelepon dan mengetik pesan, kamu harus memakai keypad atau tombol-tombol fisik di bawah layar. Resolusi layarnya pun tidak sejernih smartphone.

Biasanya juga terdapat beberapa feature phone yang bisa digunakan untuk layar sentuh, tetapi tidak semua hal bisa dilakukan dengan sentuhan layar. Layar sentuh pada feature phone hanya pada beberapa fungsi saja. Untuk mengetik pesan masih harus menekan keypad pada ponsel.

Ketahanan Baterai

Pengguna smartphone tidak bisa lepas rasanya dari charger dan juga power bank. Karena banyaknya fitur canggih yang terdapat pada ponsel pintar, hal ini membuat ponsel cepat kehabisan baterai.

Pemakaian baterai di smartphone tentu lebih boros dibandingkan dengan feature phone. Sebab fitur dari feature phone tidak banyak sehingga baterai pun akan awet hingga berhari-hari. Biasanya, baterai pada smartphone  hanya tahan selama satu hari dalam penggunaan aktif.

Ketahanan baterai yang cukup lama inilah yang membuat feature phone tetap digemari oleh mereka yang gemar bertelepon. Bagaimana tidak, meskipun menelepon selama berjam-jam, baterai dari ponsel ini tidak akan banyak berkurang. Baterai akan tetap tahan dengan waktu yang cukup lama.

Harga

Feature phone di Indonesia sangat banyak beredar. Biasanya harga yang ditawarkan pun cukup murah, yaitu di bawah 1 juta rupiah. Feature phone memang punya harga yang sangat murah jika dibandingkan dengan ponsel pintar. Hal itu kembali lagi pada komponen-komponen yang ada pada feature phone.

Sebaliknya, untuk ponsel pintar memiliki harga yang jauh lebih mahal. Hal ini terjadi karena selain sistem yang digunakan, ponsel pintar juga telah memiliki beraneka ragam fitur canggih yang dapat digunakan sehingga memiliki harga yang lebih tinggi. Komponennya pun lebih banyak dibandingkan dengan feature phone.

Untuk memilikinya, biasanya feature phone dibanderol dengan harga di bawah Rp 1 juta rupiah. Sedangkan smartphone, dengan segala fitur canggih dan modelnya yang elegan dibanderol dengan harga yang lebih mahal. Semakin canggih dan semakin bagus kualitas ponsel pintar, semakin tinggi pula harga yang ditawarkan.

Jadi sekarang kamu tidak perlu bingung dengan istilah feature phone ya, karena kamu sudah tahu secara detail apa itu feature phone. Nah, jika kamu ingin memiliki feature phone sebagai ponsel yang kamu jadikan untuk kegiatan dengan waktu yang lama, kamu bisa membeli feature phone dengan ketahanan baterai yang baik menggunakan pembayaran dari Atome agar pembelianmu lebih cepat dan mudah. Tentunya dengan bunga 0% dan pemilihan cicilan 3 atau 6 bulan.