Blog

Mengenal Lebih Dalam Tentang Kemeja Flanel

Jun 15 2021

Menurut sejarah, kemeja flanel atau disebut juga dengan bahan felt adalah sejenis kain atau material yang terbuat dari serat wol, dan tidak melalui proses tenun tetapi terbuat melalui proses pemanasan dan penguapan yang akhirnya menghasilkan bentuk yang beragam dan ekslusif. Memiliki desain yang keren, membuat kemeja flanel jadi pilihan banyak pria untuk bergaya. Sangat keren dipadukan dengan beragam outfit, kemeja flanel memang cocok dipakai di segala suasana. Sayang, masih banyak pria tidak sadar bagaimana cara yang tepat untuk memilih kemeja kesayangan para cowok ini.

Meski kemeja flanel sangat wajib untuk dimiliki setiap pria, bukan berarti memilih kemeja flanel yang cocok termasuk hal yang mudah. Beberapa kemeja flanel yang ada di pasaran tidak terbuat dari bahan yang bagus dan potongannya seringkali kurang cocok. Entah itu kebesaran atau kependekan. Oleh karena kemeja flanel adalah aset, kamu harus perhatikan 9 panduan memilihnya ini.

1. Mulai Dari Warna

Warna hampir selalu menjadi pertimbangan utama ketika hendak membeli pakaian. Tak terkecuali kemeja flanel. Untuk amannya, kamu bisa memilih warna netral supaya kemeja flanelmu itu lebih mudah dipadu-padankan bersama setelan lainnya.

2. Jangan Memilih Warna Yang Terlalu Mencolok

Kemeja flanel rata-rata memiliki motif yang cukup ramai, sehingga memilih warna yang terlalu mencolok bukanlah ide bagus. Warna yang terlalu mencolok akan melipat gandakan kesan ramai yang sudah ada. Tak hanya kurang enak dipandang, bisa-bisa kamu dicap norak.

3. Sesuaikan Dengan Kontur Kulit

Tips dalam memilih warna yang aman pada kemeja flanel ialah menyesuaikannya dengan kontur kulit yang kamu miliki. Sebagai catatan, warna terang bukan berarti tidak cocok buat kamu yang memiliki warna kulit gelap. Justru dengan memakai warna terang, penampilanmu akan terlihat fresh and chic dari pada biasanya.

4. Pilih Motif Yang Simpel

Meski motif yang ada pada kemeja flanel tak jauh dari bentuk kotak-kotak, ada baiknya kamu mempertimbangkan motif ini berdasarkan ukuran kotaknya. Terlebih bila ukuran badanmu tergolong besar. Memilih motif kotak-kotak yang terlalu kecil akan membuat badanmu terlihat tidak imbang.

5. Memilih Bahan Yang Tepat

Kemeja flanel biasanya tidak dibuat dari 100% kain flanel asli. Setiap produsen pasti memadukannya dengan bahan lain. Kamu bisa mengecek kandungan bahan kemeja flanel pada bagian labelnya.

Di sana biasanya sudah tertera berapa persen kandungan flanel yang ada dan apa bahan campurannya. Pastikan bahan campuran ini tidak membuatmu alergi, biar kamu makin nyaman ketika memakai kemeja flanel itu untuk kegiatan sehari-hari.

6. Pertimbangkan Ukuran

Fit is the king! Kemeja flanel yang memiliki ukuran pas di badan adalah yang terbaik. Memilih kemeja flanel yang terlalu kecil akan sangat mengganggu keluwesanmu saat beraktivitas. Sementara jika terlalu besar, akan memberikan kesan tidak rapi sekaligus membuat tubuhmu tampak lebih besar dari aslinya.

7. Perhatikan Pula Modelnya

Kemeja flanel punya model yang sangat banyak. Tiap produsen hampir punya ciri khas desain masing-masing. Cara terbaik untuk menentukan model ialah dengan memilih model yang sesuai dengan kepribadianmu dan pastinya yang membuatmu merasa nyaman saat memakainya.

8. Cari Paduan Yang Sesuai Dengan Setelan Lain

Penting untuk mempertimbangkan keserasian kemeja flanel yang akan kamu beli dengan setelan lain yang sudah kamu miliki. Kamu bisa menyesuaikan kemeja flanel dari warna, model atau motifnya.

9. Jika Membeli Online, Baca Deskripsi Dengan Lengkap

Untuk menghindari kekecewaan karena barang datang dan tidak sesuai, baca deskripsi barang ketika hendak membeli kemeja flanel secara online. Pada bagian deskripsi ini, biasanya penjual sudah menaruh info lengkap terkait produk, seperti bahan, ukuran, serta ketentuan pengembalian.

Setelah kamu tahu bagaimana cara yang tepat untuk memilih kemeja flanel, kini kami akan berikan tips cara yang tepat untuk merawat kemeja flanel yang telah kamu miliki.

Cara Merawat Kemeja Flanel

1. Jangan Mencampur Kemeja Flanel Dengan Pakaian Lain Pada Saat Mencuci Pakaian

Agar tidak luntur atau menjadi rusak, ada baiknya kamu memisahkan kemeja flanel saat dicuci dengan pakaian yang lain. Selain itu, jangan mencuci kemeja flanel dengan mesin cuci karena dapat merusak serat pada bahan dan membuat kemeja flanel kamu menjadi kasar.

2. Jangan Memakai Air Hangat atau Panas

Yup, usahakan untuk tidak memakai air hangat maupun panas, melainkan air dingin. Mengapa menggunakan air dingin? Karena air hangat bisa membuat serat pada bahan flanel malah terurai dan warna jadi gampang pudar.

Rendam kemeja flanel menggunakan air dinggin yang sudah dicampur deterjen khusus yang berguna melembutkan, untuk menjaga bahan flanel agar tidak gampang rontok. Pastikan jangan merendam kemeja flanel terlalu lama. Cukup rendam kurang lebih 15 menit saja dan langsung kucek di bagian yang ada noda dengan tangan secara lembut.

Jangan dikucek terlalu keras, karena bisa membuat kemeja flanel menjadi gampang rusak. Bila sudah merendam dan mengucek, lalu segera bilas kemeja flanel menggunakan air dingin yang bersih hingga sisa-sisa sabun menghilang.

3. Menjemur Kemeja Flanel Jangan di Bawah Terik Matahari Langsung

Cara merawat kemeja flanel selanjutnya adalah dengan menjemur supaya kering secara alami. Hindari mengeringkan menggunakan mesin pengering pada mesin cuci, supaya kemeja flanel kesayanganmu tidak gampang rusak atau warnanya pudar. Sebelum menggantung, ada baiknya kamu merendam kemeja yang sudah dibilas dengan air yang sudah dilarutkan pengharum pakaian selama kurang lebih 5-10 menit agar serat kain tetap lembut dan tidak kusut.

Selalu ingat untuk jangan sekali-kali menjemur kemeja flannelmu di bawah sinar matahari langsung. Carilah tempat yang teduh, agar kemeja flanel tidak menjadi kusam. Jangan lupa pula untuk membalik kemeja flanelmu saat dijemur, untuk meminimalisir warna yang pudar.

Nah, demikianlah informasi dari kami mengenai apa itu kemeja flanel, bagaimana cara memilih kemeja flanel yang tepat buat kamu, serta cara merawatnya. Jangan ragu untuk berinvestasi dengan kemeja flanel karena sifatnya yang timeless membuatnya bisa dipakai kapan saja. Jika kamu tertarik untuk membeli kemeja flanel, kamu bisa membelinya di Topman yang terkenal dengan kualitasnya yang telah mendunia. Dan jangan lupa, gunakan pula aplikasi Atome sebagai metode pembayarannya dan dapatkan pilihan pembayaran 3 atau 6 bulan tanpa perlu mempergunakan kartu kredit. Tunggu apalagi? Segera buka aplikasi Atomemu atau langsung saja ke store Topman terdekat di kotamu!