Blog

Mengerti Hard Disk Sebelum Membelinya

Hard disk eksternal merupakan salah satu perangkat penyimpanan portabel yang ramai dicari hingga saat ini. Hard disk merupakan perangkat yang dapat membantu kamu menyimpan berbagai data penting. Produk ini berguna bagi kamu yang memiliki banyak data maupun device yang sering digunakan.

Saat ini, di Indonesia sudah beredar cukup banyak merek hard disk terbaik yang masing-masing memiliki keunggulannya, sehingga berhasil menarik sebagian besar perhatian orang. Banyak sekali produsen terkenal yang mengeluarkan produk berkualitas, seperti Toshiba, Seagate maupun yang lainnya. Hard disk  sendiri tersedia dalam beberapa spesifikasi yang semakin fleksibel untuk menunjang kebutuhan pemakai.

Jika kamu berminat untuk membeli hard disk, yuk simak harga hard disk dan masing-masing kualitasnya berikut ini.

Toshiba Canvio Basic 1TB, harga mulai Rp 650.000

Toshiba Canvio Basics menawarkan ruang yang cukup besar namun harga tetap terjangkau. Dengan desain pocket edition, hard disk ini tidak kalah spek dengan produk-produk lainnya. Perangkat keluaran Toshiba ini dibekali kualitas speed yang cepat dan juga daya tahan yang cukup baik.

Daya tampung foto, film, video, lagu, atau dokumen lebih banyak karena ukuran penyimpanan hard disk ini mencapai 1 TB. Dukungan port USB 3.0 yang menjamin proses pemindahan data atau file berukuran besar berlangsung 10x lebih cepat. Selain berkapasitas 1 TB, Toshiba Canvio Basic juga tersedia dalam ukuran 500 GB dan 750 GB dengan kisaran harga yang lebih rendah.

Adata External Hard Drive 4 TB, harga mulai dari Rp 670.000

Hard disk Adata ini memiliki desain sleek dan glossy yang terkesan futuristik. Penampilannya ini semakin menekankan kesan yang modern untuk kamu gunakan. Selain visualnya yang oke, hard disk yang satu ini juga berkemampuan mumpuni. Produk ini dapat dikoneksikan dengan versi USB yang terdahulu.

Ukurannya 115 x 78 x 11,5 mm dan memiliki berat 230 g. Hard disk ini dilengkapi konektor USB 3.0, USB 3.1 Gen 1, USB 3.2 Gen 1 dan compatible dengan USB 2.0. Apakah kamu tertarik untuk membelinya?

Seagate Backup Plus Slim Portable 2TB, harga mulai Rp 1.055.000

Hard disk ini tampil begitu memesona karena adanya desain bodi yang elegan dengan balutan warna hitam dope. Secara khusus dihadirkan untuk melakukan pencadangan data pada perangkat komputer berbasis Windows ataupun Mac tanpa melakukan reformatting.

Tersedia juga fitur menarik seperti menyimpan atau mengirim foto langsung dari atau ke sosial media hanya dengan satu klik. Ukuran badan yang slim juga memungkinkan produk ini muat di saku kecil tas, bahkan kantung belakang celana.

WD My Passport Ultra, harga mulai Rp 800.000

Produk dari WD My Passport Ultra  ini memiliki kapasitas yang bervariasi, mulai dari 500 GB hingga 4 TB dengan harga yang cukup terjangkau untuk masing-masing kapasitasnya.

Salah satu fitur utama dari hard disk WD My Passport Ultra ini yaitu  fitur backup otomatis. Dengan bantuan software yang bernama WD Backup™, kamu dapat dengan mudah melindungi file-file penting yang kamu simpan di hard disk dan kamu bisa menyetel pencadangan tersebut secara harian atau bulanan.

Dari sisi tampilan, hard disk WD My Passport Ultra memiliki desain yang cukup stylish. Produk yang kompatibel dengan USB-C dan USB 3.0 ini tersedia dalam tiga kapasitas, yaitu 1 TB, 2 TB, dan 4 TB. Kamu bisa membeli sesuai dengan ukuran yang kamu butuhkan.

Adata HD710 Pro, harga mulai Rp 800.000

Produk ini diklaim mampu menjaga data-data penting penggunanya ketika tidak sengaja jatuh dari ketinggian 1,5 meter. Tersedia dengan berbagai pilihan warna dan kapasitas hingga 5 TB. Adata HD710 Pro juga datang dengan interface USB 3.1 yang kompatibel dengan USB 2.0.

Dengan desain yang sangat solid, Adata memproduksi hard disk eksternal terbaik dengan perlindungan ekstra, yakni anti air dan benturan. Dilengkapi juga dengan spesifikasi yang sangat mumpuni dan performa yang cukup baik. Lengkap dengan perlindungan water resistant, membuat Adata HD710 ini banyak dicari oleh konsumen dengan tingkat kredibilitas yang tinggi.

Seagate Expansion 1 T, harga mulai Rp 475.000

Hard disk eksternal Seagate Expansion dari Seagate ini menawarkan solusi mudah ketika kamu perlu menambah penyimpanan data seketika pada komputer kamu. Cukup drag-and-drop untuk menyimpan file. Hard disk eksternal Expansion ini mudah diinstal dengan mencolokkan ke dua kabel. Kamu dapat mulai menyimpan file digital ke hard disk ini dalam hitungan detik setelah dilepaskan dari kotaknya.

Meskipun tanpa casing pelindung tambahan, materialnya dirancang shockproof sehingga tahan terhadap segala macam benturan. Seagate Expansion mempunyai interface USB 3.0 untuk keperluan transfer data digital dari komputer ke perangkat lebih cepat dengan proses drag dan drop file.

Dengan dimensi produk 178 x 120,6 x 36,6 mm dan berat 0,95 kg, menjadikan hard disk ini berukuran kecil dan ringkas. Satu poin yang mungkin kamu suka, yaitu produk ini diklaim tidak akan menguras energi listrik atau baterai laptop saat disematkan ke perangkat utama.

Keberadaan hard disk eksternal memang sangat memudahkan aktivitas kamu saat hendak menyimpan banyak file dengan ukuran besar. Dengan kapasitas penyimpanan yang besar hingga ukuran TB, kamu bisa menyimpan file jenis apa saja di dalam sebuah hard disk. Tertarik untuk membelinya? Yuk beli hard disk menggunakan metode pembayaran dari Atome agar transaksimu lebih mudah. Tentunya kamu bisa memilih berbagai macam merchant yang tersedia di Atome jika ingin membeli hard disk ini.