Blog

Orangtua Wajib Tahu Tips Cerdas Memilih Sepatu Untuk Anak

Nov 19 2021

Tumbuh kembang anak adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan oleh setiap orangtua. Apalagi kalau anak tersebut berada di usia pertumbuhan. Orangtua harus benar – benar memberikan gizi dan kebutuhan lain dengan tepat dan benar.  

Menjadi orangtua memang bukan sebuah tugas yang mudah, karena banyak sekali faktor yang mempengaruhi proses tumbuh kembang anak. Orangtua harus selalu berusaha dan siap untuk mengasah ilmu lebih dalam, apalagi mengenai tumbuh kembang sang buah hati. Salah satunya adalah dalam memilih sepatu anak.

Sepatu anak sangat penting untuk melindungi kaki anak, apalagi saat anak beraktivitas di luar rumah. Pemilihan sepatu yang tepat bisa menunjang tumbuh kembang anak dengan baik dan benar. Seperti yang kita ketahui bersama, pertumbuhan kaki sangat penting bagi manusia. Jadi, orangtua harus benar – benar memahami penggunaan sepatu dengan tepat dan benar.

Agar kamu sebagai orangtua tak salah dalam memilih sepatu, pada artikel kali ini kita akan membahas tips yang tepat dalam memilih sepatu untuk anak. Mau tahu seperti apa ulasannya? Simak di bawah ini ya!

Tips Memilih Sepatu Anak Yang Tepat

Membelikan sepatu yang tepat untuk sang buah hati, tidak bisa disamakan dengan membeli sepatu untuk orang dewasa. Dalam masa pertumbuhan, pemilihan sepatu pada anak sangat tidak dianjurkan dilakukan secara sembarangan. Sebagai orangtua, kamu harus benar – benar teliti dalam memilihkan sepatu buah hati kesayanganmu. Nah, berikut adalah tips memilih sepatu yang tepat untuk anak.

1. Pilih sol yang lentur dan tidak licin

Karena masih kecil, anak – anak kurang memahami bahaya dan kondisi sekitar. Sebagai orang tua yang sigap, kamu bisa memilih jenis sepatu yang kiranya aman digunakan. Nah, salah satunya adalah jenis sepatu yang terbuat dari bahan sol yang lentur dan tidak licin. Sol yang tidak licin ini sangat penting untuk membantu anak agar tidak mudah terpeleset ketika berjalan, bahkan berlari.

2. Pilih sepatu dengan bahan yang lembut

Bahan yang lembut biasanya akan membantu ventilasi udara di sepatu bisa menjadi sedikit lebih maksimal. Kondisi sepatu yang lembab biasanya akan membahayakan kaki buah hati kamu. Dan jika dibiarkan, kondisi kaki yang lembab akan menyebabkan tumbuhnya kuman di kaki anak. Wah, jangan sampai terjadi seperti itu ya!

3. Pilih sepatu dengan ukuran yang pas

Agar sepatu terasa nyaman digunakan oleh sang anak, kamu harus memilih sepatu dengan ukuran yang pas. Ukuran yang pas adalah ukuran sepatu yang tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Caranya mudah banget, kamu bisa menyelipkan kelingking di sela – sela tumit dan sepatu. Jika sepatu tersebut celahnya lebih besar dibanding dengan kelingking kamu, maka sepatu tersebut kebesaran. Namun, berbeda lagi jika tidak ada celah, maka sepatu tersebut dinilai terlalu sempit.

4. Pilih sepatu dengan ruang jari dapat menekuk

Anak di usia pertumbuhan pastinya memiliki ukuran yang tidak pasti. Makanya, usahakan memilih sepatu yang memiliki ukuran jari – jari dapat menekuk. Jadi pertumbuhan kaki anak bisa tetap berlangsung dengan maksimal.

5. Beli sepatu pada sore hari

Membeli sepatu memang disarankan pada sore hari. Pada waktu sore hari, ukuran kaki biasanya mencapai ukuran maksimal. Jadi, kamu tidak akan salah pilih sepatu untuk anak kamu. Berbeda lagi jika sepatu tersebut kamu beli di pagi hari, biasanya pasti akan terasa sempit saat digunakan.

6. Pilih sepatu dengan model perekat

Anak di usia pertumbuhan biasanya sangat aktif saat bergerak. Makanya sebagai orangtua, kamu dianjurkan untuk membeli sepatu dengan model perekat. Model ini memudahkan anak untuk bergerak aktif tanpa tersandung tali sepatu.

7. Model sneaker bisa jadi pilihan

Kalau bingung masalah model, kamu bisa memilih model sepatu sneaker. Sneaker dinilai sebagai salah satu model sepatu yang sangat mudah dan nyaman digunakan. Model sepatu yang satu ini dinilai lebih aman ketimbang model sepatu boot. Jenis sepatu yang satu ini tidak membatasi kaki anak untuk bertumbuh kembang.

8. Perhatikan dengan detail bentuk sepatu anak

Memilih model sepatu harus diikuti dengan melihat detail sepatu tersebut.  Saking banyaknya jenis sepatu pada anak, biasanya bikin orangtua jadi bingung sendiri ketika memilih jenis sepatu mana yang bagus untuk sang anak. Nah, sebagai orangtua yang cerdas, kamu bisa memilih jenis sepatu yang tak hanya bagus modelnya saja, namun juga aman untuk anak.

Sepatu anak dengan model yang ujungnya terbuka sebisa mungkin harus kamu hindari. Sepatu dengan model seperti ini biasanya tidak akan memberikan perlindungan yang optimal pada kaki sang buah hati.

Dalam memilih sepatu anak, kamu jangan sampai tergoda dengan model dan harga yang murah. Sepatu yang ditawarkan dengan harga yang murah belum tentu cocok dan nyaman ketika digunakan oleh buah hati kamu. Ujung – ujungnya, sepatu tersebut malah menambah terjadinya bahaya pada anak. Parahnya lagi, kaki buah hati kamu bisa cedera dan terluka akibat salah memilih jenis sepatu.

Model sepatu dengan kualitas terbaik untuk anak ini bisa sekali kamu temukan di http://www.gabino.id. Soal kualitas, brand Gabino tak bisa dianggap remeh, karena Gabino selalu memberikan harga yang sepadan dengan kualitas maksimal yang diberikannya. Jadi dijamin kamu tidak akan salah pilih kalau beli sepatu di sini.

Jangan lupa untuk berbelanja di Gabino dengan menggunakan Atome. Dijamin pasti akan jadi lebih hemat. Selain hemat, belanja dengan Atome juga sangat memudahkan kamu, karena bisa dibayar hingga 3 atau 6 kali cicilan dengan bunga 0%. Tunggu apalagi nih, yuk buruan belanja!