Blog

Penggemar Olahraga Wajib Tahu Tips Pakaian Olahraga Berikut

Aug 16 2021

Bagi kamu yang suka berolahraga, pasti tahu dong kalau pakaian olahraga merupakan faktor penting untuk kenyamanan dalam berolahraga? Selain mudah menyerap keringat, pakaian olahraga harus bisa menjaga kamu agar tetap nyaman dan bebas melakukan pergerakan. Itu artinya kamu tidak boleh asal pilih saat membelinya.

Jika kamu masih bingung bagaimana memilih pakaian olahraga yang tepat dan nyaman, ini dia tips memilih baju olahraga yang tepat buat kamu agar olahragamu jadi nyaman dan bebas gerak. Yuk, simak penjelasannya!

1. Pilih Bahan Pakaian Yang Tepat

Ketika kamu berolahraga dengan suhu lingkungan yang tinggi, maka proses penguapan keringat menjadi hal yang sangat penting. Artinya pakaian yang kamu gunakan harus memiliki tingkat serapan yang tinggi terhadap keringat dan dapat menguapkan panas tubuh melalui pori-pori kain. Berolahraga menggunakan pakaian berbahan tebal atau tidak menyerap keringat akan menyebabkan panas tubuh sulit diuapkan sehingga tubuh akan melangsungkan olahraga dengan kondisi suhu tubuh yang tinggi. Selain menyebabkan rasa gerah, berolahraga dengan suhu tubuh yang tinggi juga dapat menyebabkan kamu lebih mudah merasa kelelahan.

Pemilihan bahan pakaian olahraga ini penting untuk kamu, karena bahan pakaian dapat mempengaruhi kondisi tubuhmu saat berolahraga.  Terdapat penelitian yang mengatakan bahwa pakaian olahraga dapat mempengaruhi efek pendinginan badan setelah berolahraga. Dalam penelitian tersebut ditemukan fakta bahwa pakaian dengan bahan polipropena lebih baik dibandingkan poliester biasa. Polipropena merupakan bahan yang biasa digunakan untuk pakaian dalam termal. Pakaian dalam termal ini dipercaya dapat membuat badan kamu cepat kering dari keringat loh. Kamu juga bisa memilih pakaian olahraga yang mengombinasikan bahan katun, poliester dan spandex. Kombinasi ketiga bahan ini merupakan hasil pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi olahraga. Selain dapat menunjang kinerja fisik, kombinasi ketiganya telah terbukti lebih baik daripada pakaian yang berbahan katun saja. Pemilihan bahan pakaian olahraga yang tepat ini juga akan meminimalisir risiko lengket, gatal, hingga iritasi pada kulit kamu akibat keringat saat olahraga. Oleh karena itu, pilihlah bahan pakaian yang tepat ya agar dapat menyerap keringatmu dengan baik!

2. Sesuaikan Pakaian Dengan Jenis Olahraga

Poin kedua tentang tips memilih baju olahraga adalah menyesuaikan pakaian dengan jenis olahraga yang akan kamu lakukan. Mengapa hal ini penting? Karena kesesuaian pakaian akan berpengaruh pada kenyamanan bergerak saat berolahraga. Jadi, pilihlah pakaian yang tidak terlalu longgar dan tidak terlalu ketat, sesuai dengan jenis olahraga yang kamu lakukan.

Pilihlah pakaian yang pas dengan postur tubuh kamu. Sebagai contoh saat kamu akan bersepeda, hindari pakaian terlalu lebar dan longgar. Karena hal itu akan membuatmu terasa berat saat bergerak dan berisiko tersangkut pada rantai sepeda. Begitupun untuk yoga dan pilates. Pilihlah pakaian olahraga yang elastis, menempel di tubuh, dan nyaman saat kamu gunakan, akan tetapi jangan terlalu ketat juga, karena akan membuatmu sulit bernafas dan malah tidak nyaman, dan juga dapat membahayakan kamu lho!

3. Gunakan Warna Cerah

Apakah kamu adalah orang yang tidak suka dengan warna cerah? Beberapa orang memang cenderung senang menggunakan baju olahraga dengan warna yang cenderung gelap, seperti hitam, abu-abu, atau biru gelap. Tetapi jangan salah loh, pada saat berolahraga justru disarankan untuk menggunakan pakaian dengan warna-warna cerah.

Menggunakan pakaian olahraga dengan warna yang cerah baik untuk dilakukan, karena baju dengan warna yang cerah secara tidak langsung akan memengaruhi suasana hati kamu saat olahraga sehingga kamu bisa lebih bersemangat menjalani olahraga. Tetapi bukan berarti kamu tidak boleh menggunakan warna yang gelap saat berolahraga ya. Akan lebih baik jika kamu menggunakan pakaian olahraga dengan cara bergantian antara warna gelap dan warna cerah agar kamu bisa mendapatkan hasil olahraga yang lebih maksimal dengan mood yang baik.

Jika kamu bingung di mana mendapatkan pakaian olahraga dengan variasi warna yang banyak dan bahan yang tepat, kamu bisa membelinya di Oysho Sport. Oysho Sport merupakan tempat di mana kamu bisa membeli beragam pakaian olahraga. Mulai dari kaos, jaket, sport bra, dan masih banyak lagi yang lainnya. Dijamin deh pasti kamu akan mendapatkan pakaian yang bagus untuk kamu. Harga yang dibanderol pun cukup sesuai dengan kualitas yang disuguhkan. Dan masalah harga ini kamu tidak perlu khawatir sebab Oysho Sport telah berkerja sama dengan Atome untuk memudahkan pelanggan mendapatkan pakaian olahraga yang diinginkannya.

4. Gunakan Jaket Saat Cuaca Berangin

Pernahkah kamu berlari dengan kaus dan celana pendek saat cuaca sedang berangin? Jika kamu melakukan hal ini, hati-hati ya, karena kamu akan mudah terserang flu dan pilek. Untuk menghindarinya, sebaiknya kamu meggunakan jaket atau pakaian luar tambahan agar tubuhmu terlindungi dari angin dan hujan yang dapat menghambat aktivitas olahragamu.

5. Bagi Para Wanita, Gunakan Sport Bra

Menggunakan sport bra merupakan hal yang penting untuk menjaga keamanan dan kenyamanan kamu para wanita saat sedang berolahraga. Selain mendukung fleksibilitas, sport bra juga memberikan perlindungan lebih pada payudara kamu. Cobalah untuk mencari ukuran yang tepat ketika membeli sport bra agar dapat menjaga payudara tidak sakit ketika olahraga. Berbeda dengan bra biasa, sport bra dapat menyerap dengan sangat baik sehingga nyaman kamu gunakan saat sedang mengeluarkan banyak keringat. 

6. Pakailah Sepatu Yang Pas

Poin terakhir pada pembahasan ini adalah tentang pilihan sepatu. Memilih sepatu yang tepat juga tak kalah penting dengan memilih baju yang tepat. Memilih sepatu olahraga yang tepat dan ukuran yang pas nyatanya dapat mengurangi risiko cedera. Sepatu yang tepat juga dapat membuat kamu lebih nyaman berolahraga. Sepatu yang tidak tepat dapat mengakibatkan bahaya untukmu, misalnya kaki mudah menjadi nyeri hingga lepasnya kuku kaki, serta kemungkinan terjadinya patah tulang kecil. Maka, pilihlah sepatu yang pas dengan ukuran kaki kamu ya! Pilih juga sepatu yang sesuai dengan aktivitas olahraga yang akan kamu lalukan.

Berolahraga memang baik untuk tubuh kamu, tetapi jika dilakukan tanpa memperdulikan pakaian dan aspek pendukung lain, tentu saja hal ini bisa berdampak negatif pada tubuh kamu. Dengan memilih pakaian dan sepatu olahraga yang tepat, kamu bisa berolahraga dengan nyaman.

Jangan lupa untuk membeli pakaian olahraga di Oysho Sport. Oysho sport menyediakan banyak pilihan untuk kebutuhan olahragamu. Beli di Oysbo akan lebih menguntungkan jika kamu berbelanja menggunakan Atome, khususnya di bulan kemerdekaan ini.

Untuk saat ini, Atome sedang mengadakan review competition loh. Baik kamu pengguna baru ataupun pengguna lama bisa mengikuti kompetisi review ini. Caranya cukup mudah. Pertama-tama, kamu harus memastikan dulu bahwa kamu telah mengunduh aplikasi Atome dan mengikuti akun instagram Atome. Setelah itu berikan rating bintang 5 dan review menarik di Google Playstore mengenai pengalaman belanja beserta merchant yang kamu pilih untuk transaksi dengan Atome. Setelah itu screenshoot hasil review kamu dan unggah di Instagram dengan mention ke akun @atome.id. Cukup mudah bukan?

Pemenang dari kompetisi ini nantinya akan mendapatkan voucher MAP senilai Rp 200.000. Kabar menarik lainnya bahwa voucher senilai Rp 200.000 ini berlaku untuk 25 orang pemenang loh! Atome review competition berlangsung hingga tanggal 29 Agustus 2021. Yuk, buruan ikutan kompetisinya dan selalu gunakan Atome dalam transaksi belanjamu. Mari nikmati serunya ATOME PAHLAWAN, “Promo Meriah Gak Ada Lawan”!