Blog

Perhatikan 6 Hal Ini Sebelum Kamu Mencicil Laptop

Di era digital seperti sekarang, kredit laptop bukanlah hal yang baru lagi. Saat ini fasilitas kredit merupakan salah satu kemudahan yang diberikan penjual kepada calon konsumen. Hal ini tentunya sangat menguntungkan bagi banyak orang. Kredit laptop atau mencicil laptop akan memudahkan pembelian bagi siapa saja, khususnya orang-orang yang membutuhkan suatu barang secara cepat tetapi memiliki keterbatasan dalam hal kepemilikan dana.

Tidak bisa dipungkiri masyarakat memang memiliki lapisan ekonomi yang berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya. Bagi mereka yang tergolong memiliki tingkat ekonomi menengah ke bawah tentunya cukup sulit untuk memiliki laptop jika harus membeli secara tunai. Apalagi harga laptop memang tidak murah.

Apabila kamu sendiri merasa berat untuk membeli laptop secara tunai, kini kamu bisa memanfaatkan layanan cicilan laptop yang cukup banyak di Indonesia belakangan ini. Dengan adanya layanan kredit atau cicilan tersebut, kebutuhan kamu untuk mempunyai laptop idaman akan terwujud. Namun, sebelum kamu membelinya, kamu perlu untuk memperhatikahan 6 hal penting berikut ini.

1. Menentukan Pilihan Laptop Sesuai Kebutuhan

Ingat, jangan mudah terpengaruh bujuk rayu marketing officer dari toko gadget yang kamu kunjungi. Tetaplah untuk berpikir logis dan rasional atas apa yang kamu butuhkan dan seberapa besar kemampuanmu. Ingat, bahwa semakin canggih spesifikasi laptop yang kamu pilih, maka akan semakin mahal pula harganya. Oleh karena itu ikuti kebutuhan dan kemampuanmu, bukan malah termakan bujuk rayu marketing officer .

Tidak semua laptop digunakan untuk menunjang setiap kebutuhan. Kebutuhan setiap orang untuk memiliki laptop sangat beragaram. Jika kamu membutuhkan laptop untuk melakukan kegiatan desain dan editing foto maupun video, pilih spesifikasi laptop yang sesuai dengan hal itu. Sebaliknya, jika kamu butuh laptop untuk keperluan menulis naskah, melakukan browsing referensi, pilih juga spesifikasi laptop yang sesuai dengan hal tersebut.

Kamu harus pandai dalam memilah dan menyeleksi laptop apa yang kamu butuhkan dan apa saja yang tidak. Jangan memaksakan diri membeli laptop dengan spesifikasi tinggi jika ada pilihan yang lebih murah. Jadi, pilihlah laptop yang sesuai dengan kebutuhan dan juga kemampuan finansial kamu.

2. Melakukan Survei Penyedia Layanan Kredit

Saat ini, melakakukan kredit barang elektronik termasuk laptop tidak hanya dapat kamu lakukan dengan menggunakan kartu kredit saja. Sekarang, sudah cukup banyak penyedia layanan pembelian laptop secara kredit. Meski sudah terbilang banyak, kamu harus tetap selektif ya. Carilah info mengenai penyedia layanan pembelian laptop dari berbagai sumber, seperti komunitas, forum daring, atau pun dari review para pengguna penyedia layanan mencicil laptop tersebut sebelumnya. 

Menggunakan layanan cicilan tanpa kartu kredit memang lebih cepat dan mudah, khususnya untuk kamu yang membutuhkannya sesegera mungkin. Bandingkan antara jasa penyedia kredit satu dengan yang lainnya. Pilihlah yang paling menguntungkan dan memudahkanmu. Kamu tidak boleh gegabah dalam menentukan pilihan ini. Lakukan dulu survei sampai kamu benar-benar bisa akhirnya menentukan layanan cicilan atau kredit laptop yang pas untukmu. Karena dengan melakukan survei, kamu bisa membandingkan persyaratan mana yang lebih mudah, dan beban bunga mana yang lebih ringan di antara lembaga-lembaga pembiayaan yang menawarkan fasilitas cicilan tanpa kartu kredit.

3. Membandingkan Harga Dan Bunga Pinjaman

Setiap laptop memiliki harga yang berbeda-beda, meskipun merek dan spesifikasinya sama. Perbedaan itu bisa bersumber dari berbagai faktor, seperti jenis garansi, toko penjual, dan masih banyak lagi yang lainnya. Begitu juga dengan  penyedia layanan kredit tanpa kartu kredit. Para penyedia layanan ini tentu saja memiliki margin harga yang beragam.

Setiap penyedia layanan pembelian laptop cicilan juga memiliki kebijakan masing-masing terkait bunga pinjaman. Maka dari itu, pelajarilah bunga pinjaman dari beberapa penyedia layanan pembelian laptop. Melakukan perbandingan harga dan bunga ini dapat membuatmu tahu mana yang memberikan penawaran terbaik. Jika penyedia layanan pembelian laptop tersebut menawarkan 0% cicilan, ini merupakan keuntungan tersendiri karena kamu karena tidak terbebani dengan bunga yang diberikan.

Jadi sangat disarankan untuk kamu agar membandingkan harga dan bunga dari penyedia layanan laptop kredit satu dengan yang lainnya ya. Carilah yang pastinya memberikan penawaran terbaik untuk kamu. Cari juga yang menawarkan harga dan bunga terendah sehingga tidak membebankan pembayaranmu ke depannya.

4. Meminta Simulasi Cicilan

Jangan ragu untuk meminta simulasi cicilan yang harus kamu lunasi setiap bulannya. Kamu bisa mengonsultasikan ini pada customer service dari pihak penyedia. Untuk penyedia jasa tanpa kartu kredit sendiri biasanya telah memberikan informasi terkait jumlah cicilan yang harus kamu bayarkan setiap bulannya. Hal ini memang tergantung pada seberapa lama kamu akan mencicil. Apakah 3 bulan, 6 bulan, dan seterusnya.

Dengan mengecek simulasi cicilan laptop, kamu bisa menilai apakah cicilan tersebut memberatkanmu atau tidak. Bila kamu merasa masih terlalu tinggi atau memberatkan, kamu bisa mengajukan jangka waktu kredit yang lebih lama. Kamu pun jadi lebih ringan dalam melakukan pembayaran. Solusi lainnya, pilih laptop dengan harga yang lebih murah. Maka cicilanmu pun akan lebih ringan.

5. Mencari Tahu Persyaratannya

Setelah menemukan toko dan penyedia cicilan laptop yang pas untuk kamu, selanjutnya kamu harus mencari tahu segala bentuk syarat pengajuannya. Setiap penyedia layanan kredit tanpa kartu pasti memiliki sejumlah syarat  dokumen yang berbeda-beda, maka dari itu kamu perlu mempelajarinya.

Pada umumnya, persyaratan layanan kredit tanpa kartu kredit memang memberikan syarat yang jauh lebih mudah dibandingkan dengan kartu kredit. Jadi memang sangat menguntungkan jika kamu lebih memilih menggunakan jasa layanan kredit tanpa kartu kredit ini. Kebutuhanmu jadi terpenuhi, persyaratannya pun tidak membuatmu repot.

Jadi, agar proses pengajuan cicilan laptop tanpa kartu kreditmu bisa dilaksanakan dengan lancar, pastikan untuk memenuhi segala syarat dan ketentuannya ya. Jangan sampai nantinya kamu terkejut dengan adanya syarat dan ketentuan yang belum kamu pahami secara sebelumnya. Dengan memahami syarat dan ketentuan, kamu telah berupaya membeli dengan cerdas dan teliti.

6. Memeriksa Metode Pembayaran Yang Disediakan

Setiap penyedia layanan pembelian laptop secara kredit memiliki sistem pembayaran berbeda-beda. Maka, periksalah dengan teliti sistem pembayaran dari penyedia layanan cicilan laptop. Hal ini nantinya akan berpengaruh pada proses transaksimu tiap bulannya.

Jika metode pembayaran yang ditawarkan cukup beragam, kamu bisa mempertimbangkan untuk memilihnya. Sebab, dengan begitu kamu bisa melakukan transaksi pembayaran di mana saja dan kapan saja karena banyaknya metode yang diberikan. Baik itu melalui transfer bank, melalui aplikasi pembayaran yang bekerja sama, melalui toko, dan lain sebagainya.

Demikianlah beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum memilih untuk melakukan kredit laptop atau cicilan laptop. Jika kamu ingin mendapatkan kemudahan berdasarkan poin-poin yang telah disampaikan di atas, kamu bisa memilih untuk menggunakan layanan dari Atome. Atome dapat memberikan kamu banyak keuntungan dengan bunga 0% yang ditawarkan. Syarat, metode pembayaran, dan juga harga yang ditawarkan pun cukup mudah dan kompetitif. Dengan begitu kamu bisa lebih untung jika menggunakan layanan dari Atome ini.

Ingat, pertimbangkan baik-baik ya segala hal yang menjadi pilihanmu. Kamu harus tetap cerdas dalam memanfaatkan beragam fasilitas cicilan laptop untuk mendapatkan laptop kebutuhanmu. Jangan sampai kemudahan dari fasilitas tersebut justru menjadi masalah bagi kesehatan finansialmu. Pilihlah Atome agar kamu bisa membayar cicilan laptopmu dengan mudah dan menyenangkan.