Blog

Perlengkapan Tepat Untuk Bersiap Naik Gunung

Nov 17 2021

Naik gunung merupakan salah satu kegiatan yang sangat menyenangkan untuk dilakukan. Meskipun untuk meraih puncak gunungnya sangat membutuhkan effort yang banyak, namun naik gunung ini sangat menyegarkan tubuh dan pikiran kita lho.

Saat naik gunung, kita jadi tahu situasi dan kondisi alam sekitar kita. Jadi kita bisa lebih bersyukur dalam mengagumi alam sekitar ciptaan Tuhan Yang Maha Kuasa. Wah, pasti seru banget deh kalau kamu naik gunung! Apalagi kalau sampai kamu menjadikan kegiatan naik gunung menjadi salah satu hobi.

Namun saat kamu ingin naik gunung, ternyata banyak hal yang harus disiapkan lho. Tak hanya mempersiapkan fisik dan tenaga saja, namun kamu juga harus menyiapkan berbagai perlengkapan yang akan kamu pergunakan selama aktivitas kamu naik gunung tersebut.

Nah, kira-kira perlengkapan apa saja sih yang harus dibawa ketika naik gunung? Yuk, langsung saja disimak ulasan di bawah ini ya.

Perlengkapan Naik Gunung Yang Kamu Butuhkan

Ada beberapa perlengkapan naik gunung yang biasanya harus kamu persiapkan untuk dibawa. Biar kamu bisa siap naik gunung dan nyaman ketika sedang melakukan aktivitas tersebut, berikut adalah produk-produk yang harus kamu punya.

1. Tas carrier sesuai kebutuhan kamu

Naik gunung tanpa menggunakan tas carrier rasanya tak lengkap. Ketika naik gunung, pasti kamu membutuhkan barang bawaan yang lumayan banyak, karena semua kebutuhan itu harus dibawa untuk memenuhi aktivitas yang akan kamu lakukan tersebut.

Biasanya kamu membutuhkan tas carrier dengan kapasitas minimal 60 liter untuk naik gunung. Selain itu kamu juga harus memastikan bahwa tas gunung kamu memiliki rain cover agar tas tersebut bisa lebih aman ketika turun hujan yang sering terjadi tiba – tiba di daerah pegunungan. Selain itu, tas yang kamu akan gunakan tersebut haruslah sesuai dengan postur tubuh kamu. Kesesuaian tas ini sangat membantu kamu untuk lebih nyaman dan tidak sakit saat menggunakannya.

2. Baju hangat

Wilayah pegunungan dipastikan selalu memiliki cuaca yang sangat dingin. Oleh karena itu, kamu harus menggunakan pelindung tubuh yang tepat agar kamu tidak mengalami hypothermia. Untuk melindungi tubuh kamu dari cuaca dingin seperti ini, kamu harus menggunakan baju yang tebal, agar badan kamu bisa terlindungi saat di pendakian.

Selain baju hangat, kamu juga bisa menggunakan topi, kacamata, dan sarung tangan biar aman. Hal ini berfungsi untuk melindungi kamu dari terik matahari juga. Jika kamu mendaki di musim hujan, selalu ingat untuk tidak lupa membawa jas hujan.

3. Boks obat dan alat kesehatan

Karena berada jauh dari jangkauan tenaga medis, kamu harus siap membawa peralatan kesehatan dan boks obat yang lengkap. Jangan sampai kamu menyepelekan hal yang satu ini ya, apalagi buat para pemula. Usahakan untuk siap membawa peralatan dan obat – obatan yang lengkap. Hal ini dikarenakan kita tidak akan tahu kejadian yang mungkin kita alami selama naik gunung, misalnya saja seperti kaki terkilir, kelelahan, atau bisa jadi lecet atau luka tergores ranting. Jadi kalau kamu bisa membawa obat yang lengkap, kamu bisa antisipasi dengan lebih baik.

Selain itu, peralatan medis pendukung seperti termometer dan alat pemantau detak jantung juga harus kamu persiapkan dengan baik. Jadi kamu bisa mengatur dan mengetahui kondisi tubuh kamu ketika naik gunung. Dengan menggunakan peralatan ini, maka kamu dipastikan akan semakin aman ketika sedang melakukan aktivitas naik gunung.

4. Alas kaki yang nyaman

Naik gunung pasti membutuhkan alas kaki yang super nyaman. Penggunaan alas kaki yang nyaman dan kuat sangat dibutuhkan untuk melindungi kaki kamu agar tidak bermasalah selama melakukan aktivitas naik gunung tersebut. Apalagi kalau kamu naik gunung dengan track yang ekstrem, pasti alas kaki seperti ini sangat kamu butuhkan.

Ketika memilih alas kaki, kamu harus menggunakan alas kaki yang sesuai dengan ukuran kamu. Karena kalau sampai salah ukuran, pasti akan membuat kamu tidak nyaman saat berjalan dari pos pendakian satu ke pos pendakian yang lainnya. Ada dua jenis alas kaki yang bisa kamu pilih dan pergunakan, yaitu sepatu gunung dan sandal gunung.

5. Matras, sleeping bag, dan tenda

Saat melakukan kegiatan pendakian, kamu pasti membutuhkan waktu dan tempat untuk beristirahat. Agar kamu tidak kelelahan, maka kamu butuh alat yang berfungsi sebagai tempat kamu untuk bisa beristirahat. Perlengkapan yang bisa kamu bawa ketika naik gunung seperti ini adalah matras dan tenda.

Matras ini berfungsi untuk melindungi kamu dari hawa dingin. Ditambah dengan sleeping bag untuk kamu tidur di dalam tenda. Makanya biar kamu aman, wajib hukumnya kamu membawa matras dan tenda saat naik gunung. Kalau keberatan, kamu bisa membawa tenda tersebut secara berkelompok. Jadi kamu tak terlalu berat saat melakukannya.

6. Smartwatch

Selain perlengkapan outdoor, kamu juga harus membawa jam tangan yang tepat untuk perlengkapan outdoor. Saat ini sudah tersedia beraneka ragam smartwatch yang cocok untuk menemani kegiatan kamu saat naik gunung, mulai dari memantau jantung hingga petunjuk arah dengan menggunakan GPS.

7. Perlengkapan pendukung lainnya

Karena di gunung tidak ada dapur, maka kamu harus pula membawa peralatan lainnya. Untuk kegiatan masak – memasak misalnya, kamu harus membawa pisau lipat, wajan kecil, kompor portable, dan lainnya.

Sementara itu, sebagaimana kita ketahui bersama, di gunung seringkali terjadi permasalahan susah sinyal. Untuk memudahkan komunikasi kamu dan teman – temanmu secara berkala, kamu bisa menggunakan HT sebagai alat alternatif untuk bisa saling berkomunikasi satu sama lain.

Peralatan seperti ini sudah seharusnya kamu siapkan dengan teliti. Nah, berbagai peralatan untuk kebutuhan naik gunung, bisa kamu temukan hanya di Eiger. Eiger merupakan salah satu store penjual peralatan hiking paling lengkap dan murah. Tak hanya lengkap, kualitas peralatan hiking di Eiger tak perlu diragukan lagi. Peralatan ini bisa kamu dapatkan secara offline maupun online di www.eiger.com.

Tentunya tak lupa kamu sudah bisa mempergunakan Atome untuk berbelanja di Eiger. Jadinya segala macam kebutuhan tersebut bisa kamu dapatkan dengan beragam kemudahan yang ditawarkan Atome, seperti bunga 0%, cicilan 3 atau 6 bulan yang dijamin akan meringankan pengeluaran kamu. Tunggu apalagi, yuk dapatkan kebutuhan naik gunungmu di Eiger bersama dengan Atome sekarang juga!