Rekomendasi Gitar Akustik Dan Teknik Belajar Terbaik Untuk Pemula

Gitar akustik lebih mudah digunakan untuk kamu yang baru belajar bermain gitar. Tentunya gitar pertamamu akan berperan penting dalam proses pembelajaran sehingga kamu harus memilih gitar yang tepat. Di pasaran, kamu akan menemukan gitar akustik merek ternama, seperti Yamaha, Fender, Ibanez, Cort, dan lain sebagainya.

Dengan banyaknya variasi model, spesifikasi, dan harga, dijamin kamu pasti kebingungan saat hendak memilihnya. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan sepuluh rekomendasi gitar akustik terbaik untuk pemula. Dengan begitu, kamu bisa membeli produk yang tepat untuk dijadikan partner bermain musik!

Cara Memilih Gitar Akustik Untuk Pemula

Ada beberapa poin yang perlu diperhatikan saat hendak membeli gitar akustik terutama untuk pemula. Simak penjelasan kami berikut ini.

Pilih gitar yang ukurannya sesuai untuk kamu

Saat belajar memainkan gitar akustik untuk pertama kalinya, sebaiknya kamu menggunakan gitar dengan ukuran yang tepat. Ukuran gitar akan memengaruhi kemudahan memainkannya. Berdasarkan ukurannya, ada tiga tipe gitar akustik. Masing-masing tipe memiliki karakteristik tersendiri. Kamu bisa memilih tipe yang paling sesuai dengan preferensi pribadi.

1. Tipe Dreadnought, gitar ukuran standar untuk beragam jenis musik

Gitar Dreadnought adalah gitar dengan ukuran yang paling standar. Tipe inilah yang umum digunakan di berbagai kelas musik. Kamu bisa memainkan banyak jenis musik dengan gitar tipe ini. Gitar ini tergolong balance dalam kemampuannya untuk menghasilkan nada tinggi maupun rendah. Jika kamu belum yakin akan jenis musik yang hendak dimainkan, tipe ini adalah pilihan terbaik. Untuk berlatih memainkan chord pun gitar ini layak dipertimbangkan.

Namun, kamu perlu memperhatikan juga akan ukurannya. Tidak hanya pada bagian bodi, leher gitarnya pun memiliki ukuran yang cenderung besar. Terutama untuk wanita, anak-anak, atau orang yang bertubuh kecil, hal tersebut bisa terasa menyulitkan.

2. Tipe Folk, kecil dan mudah digenggam oleh wanita dan orang bertubuh kecil

Gitar tipe Folk memiliki ukuran yang lebih kecil daripada gitar tipe Dreadnought. Hal tersebut membuatnya mudah dimainkan oleh orang bertubuh kecil dan sangat pas untuk dipilih oleh para wanita. Gitar berukuran besar tidak hanya lebih sulit dibawa, tetapi juga lebih sulit dimainkan oleh pemula. Sebaliknya, gitar Folk neck-nya lebih mudah dipegang, sehingga kamu pun bisa berlatih dengan lebih leluasa.

Suara high-pitched yang menawan pun mudah dihasilkan oleh gitar Folk, hal tersebut tentu menjadi daya tarik tersendiri. Gitar Folk sudah pasti pas digunakan untuk latihan chord gitar. Bahkan, produk ini juga cocok kamu pilih untuk memainkan melodi gitar atau arpeggio.

3. Tipe Mini, ukuran paling kecil untuk anak-anak atau orang bertenaga kecil

Tipe ini paling direkomendasikan untuk anak-anak atau orang yang kekuatan fisiknya kecil. Buat kamu yang daya genggamnya tidak terlalu kuat atau memiliki tangan kecil bisa menjadikan tipe ini sebagai opsi. Gitar Mini memiliki ukuran lebih kecil dibandingkan dengan gitar Folk. Selain itu, senarnya pun tidak terlalu tertarik kencang sehingga dengan sedikit tenaga pun senarnya sudah tertekan sempurna. Karakteristik tersebut membuatnya tepat digunakan oleh anak kecil yang baru pertama kali mencoba memainkan gitar.

Ukurannya yang kecil juga memudahkan kamu untuk membawanya ke berbagai tempat, misalnya untuk camping atau kegiatan lainnya. Suara yang dihasilkan gitar mini pun kecil. Sangat pas untuk kamu yang ingin berlatih di rumah tanpa takut menghasilkan suara nyaring yang bisa mengganggu sekitar. Namun, tuning gitarnya sendiri lebih rentan berubah sehingga kamu perlu menyetemnya lebih sering.

4. Gitar Acoustic Electric, sangat pas untuk bermain live

Kamu akan sering perform di panggung atau tempat lainnya? Gitar Acoustic Electric sangat pantas dijadikan partner bermusik! Gitar Akustik biasa bisa langsung kamu mainkan tanpa membutuhkan amplifier. Berbeda dengan gitar listrik, suaranya pun warm dan sangat khas. Namun, gitar Akustik biasa memiliki suara yang terlalu kecil untuk digunakan saat tampil live. Bisa saja jika kamu menggunakan mikrofon, tetapi pengaturannya tidak mudah dan suara yang tertangkap pun kurang maksimal.

Sementara itu, gitar Acoustic Electric bisa kamu mainkan di rumah layaknya memainkan gitar Akustik biasa. Selain itu, dengan menghubungkannya ke amplifier menggunakan kabel jack, gitar Acoustic Electric bisa menghasilkan suara besar. Layaknya gitar Elektrik, gitar Acoustic Electric pun siap dimainkan untuk berbagai penampilan live!

5. Gitar Top Only Veneer atau All Plywood lebih direkomendasikan

Bagian bodi gitar Akustik biasanya dibuat dengan mengombinasikan berbagai kayu. Berdasarkan struktur kayunya, ada tiga tipe gitar Akustik, yaitu All Veneer, All Plywood, dan Top Only Veneer. Untuk pemula, gitar Akustik Top Only Veneer lebih direkomendasikan.

Veneer adalah lembaran kayu yang belum diproses, sementara plywood merupakan lembaran yang dibuat dari gabungan beberapa jenis kayu. Gitar Akustik All Veneer mampu menghasilkan suara cantik, tetapi memiliki harga yang tinggi. Hal tersebut membuatnya kurang pas dipilih untuk pertama kali oleh pemula.

Nah, jika kamu mengutamakan harga yang terjangkau, gitar Akustik All Plywood adalah opsi tepat. Sebaliknya, bagi kamu yang ingin merasakan kualitas suara lebih mumpuni, produk Top Only Veneer adalah pilihannya. Terlepas dari hal tersebut, bila Anda memang memiliki dana yang memadai, gitar All Veneer tentu layak untuk dimiliki. Meski demikian, sangat disayangkan gitar akustik yang dijual di Indonesia jarang sekali mencantumkan hal ini.

Kesimpulan

Bagi kamu yang baru belajar bermain gitar, ukuran gitar jangan sampai luput dari perhatian. Selain itu, perhatikan juga struktur kayu yang digunakan pada gitar akustik karena akan memengaruhi kualitas suara yang dihasilkan.

Dan tentunya kamu juga bisa mendapatkan pilihan gitar-gitar berkualitas tersebut di Swee Lee, yang kini telah bekerjasama dengan Atome sebagai salah satu metode pembayarannya. Jadi tunggu apalagi, pilih gitar yang tepat untuk kamu, karena dengan memilih gitar yang tepat, kamu pun akan cepat mahir bermain gitar. Selamat berlatih!

Diskon hingga 10% untuk transaksi pertama
Copyright 2023 Atome. All rights reserved.
PT Mega Shopintar Indonesia
District 8 Treasury Tower 53rd floor Unit D Sudirman Lot 28
Jl. Jenderal Sudirman Kav. 52 – 54
Senayan Kebayoran Baru Jakarta Selatan 12190
PT Mega Shopintar Indonesia bekerjasama dengan PT Atome Finance Indonesia, yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

Layanan Pengaduan Konsumen
PT Mega Shopintar Indonesia
Email: support@atome.id

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga
Kementerian Perdagangan Republik Indonesia
Whatsapp Ditjen PKTN: 0853 1111 1010