Blog

Rekomendasi ukuran koper medium sesuai aturan kabin pesawat

Jul 11 2022

Koper merupakan salah satu perlengkapan penting yang tak boleh dilewatkan saat kamu ingin traveling ke luar kota naik pesawat. Membawa koper untuk menampung baju dan kebutuhan lainnya tentu lebih praktis daripada menenteng banyak tas. Makanya, cari tahu tips memilih  koper kabin yang bagus untuk menemanimu liburan nanti. Jangan asal pilih koper sembarangan jika tidak ingin menyesal. Karena setiap koper didesain dengan ukuran, bahan, dan fitur – fitur yang berbeda tergantung kebutuhan. Penasaran bagaimana cara membedakannya? Langsung simak tips dan rekomendasi terbaiknya berikut ini.

Cara Memilih Koper Kabin

Pertimbangkan beberapa hal berikut ini dalam memilih koper yang tepat saat ingin membawanya naik pesawat.

1. Pilih Bahan Koper Sesuai Kebutuhan

Umumnya ada dua jenis bahan koper kabin, yaitu hard case dan soft case.

  • Pilih bahan hard case jika ingin koper yang tahan air dan guncangan.
  • Pilih bahan soft case jika ingin koper lebih ringan dan elastis.

2. Sesuaikan Ukuran Dengan Durasi Bepergian

Semakin lama durasi waktu bepergian, maka sebaiknya pilih ukuran koper yang semakin besar.

  • Gunakan koper berukuran 15-17 inci untuk durasi liburan 1-2 hari.
  • Koper berukuran 18-19 inci untuk liburan durasi 3-5 hari.
  • Koper berukuran 22 inci untuk liburan berdurasi 5-7 hari.

3. Pertimbangkan Aturan Berat Dan Ukuran Koper Kabin Dari Maskapai

Perhatikan juga berat dan ukuran maksimal koper kabin dari masing – masing maskapai yang umumnya punya aturan berikut.

  • Berat maksimum satu bagasi kabin per penumpang adalah 7 kg.
  • Ukuran koper paling besar dalam kabin per penumpang adalah adalah 18 inci (45 cm), 19 inci (45 cm), dan 20 inci (51 cm).

4. Perhatikan Jumlah Roda

Umumnya, koper kabin dilengkapi 2-4 roda yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan.

  • Koper roda dua terasa lebih berat, namun tetap awet saat dipakai di atas permukaan yang tidak rata.
  • Koper roda empat lebih mudah didorong/ ditarik, namun sulit didorong ketika berada di trotoar.

5. Pertimbangkan Fitur Unggulan

Biasanya tiap produk menawarkan beberapa fitur unggulan yang bisa dipilih sesuai kebutuhan, di antaranya:

  • Fitur TSA (Transportation Security Administration) untuk meningkatkan keamanan.
  • Silent wheel dan roda putar 360 derajat yang menjadikan koper lebih nyaman saat digerakkan.

Rekomendasi Koper Terbaik Dari Berbagai Ukuran

Jika masih bingung menentukan koper yang tepat, berikut kami rekomendasikan beberapa merek koper terbaik dengan berbagai ukuran.

1. Ace Japan Gralain: Koper Ukuran Kabin 17 Inci Untuk Liburan Singkat

Koper softcase trolley asal Jepang ini berukuran 17 inci dengan dimensi dimensi 54 x 35 x 24 cm. Ukurannya yang kecil cocok untuk perjalanan singkat sekitar 1-2 hari. Kopernya dilengkapi dengan fitur keamanan TSA Lock dengan 3 kombinasi angka rahasia yang dapat diatur dengan mudah. Desainnya juga simpel dan tampak elegan.

2. Polo Team Koper Kabin Hardcase Fiber: Koper Kabin 18 Inci Dengan Pilihan Warna Menarik

Koper berukuran 18 inci ini punya dimensi 34 x 20 x 50 cm dan terbuat dari ABS+PVC Coated. Koper roda empat ini termasuk tipe hard case yang tahan air dan guncangan. Desainnya tampak keren dengan permukaan yang memiliki garis timbul berliku seperti kontur lekuk pasir di gurun. Ada beragam pilihan warna menarik yang bisa kamu pilih, yaitu navy blue, red maroon, rose gold, black, dan green.

3. Jack Nicklaus 73083: Koper Kabin 18 Inci Dengan Extra Size Volume

Koper ini terbuat dari bahan polycarbonate berkualitas tinggi yang tahan terhadap benturan dan goresan. Ukurannya 18 inci dengan dimensi 35 x 19 x 46 cm. Uniknya, terdapat fitur extra size volume yang memungkinkan pengguna memperbesar lebar koper untuk menampung lebih banyak bawang bawaan. Jumlah rodanya ada 4 buah dan dapat diputar hingga 360 derajat, sehingga lebih fleksibel saat dipakai.

4. Elle-31199: Ukuran Koper 20 Inch Dengan Desain Metalik Yang Stylish

Tampilan koper Elle ini sangatlah menarik dengan desain metalik yang elegan. Ada juga varian warna perlized rose yang terlihat lebih cantik dan feminin. Bahannya terbuat dari polycarbonate premium yang tahan terhadap benturan dan goresan. Koper 20 inci ini juga dilengkapi kunci kombinasi TSA untuk meningkatkan keamanan, serta 4 roda yang dapat berputar 360 derajat.

5. Hush Puppies Expandable Softcase: Ukuran Koper Kabin Pesawat 20 Inci Dengan Banyak Kompartemen

Jika mencari tipe koper soft case berukuran 20 inci, Hush Puppies Expandable Softcase ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Terbuat dari bahan nylon dan polyester, serta memiliki dimensinya 49 x 37 × 24 cm. Yang paling menarik, koper roda empat ini dilengkapi dengan beberapa kompartemen kecil untuk menyimpan barang – barang kecil, seperti power bank, alat tulis, dan lainnya. Sehingga pengguna dapat mengambilnya dengan mudah tanpa harus membongkar isi koper.

6. Samsonite Crosslite Spinner 5520: Koper Ukuran 20 Inci Dengan Dual Tube

Satu lagi rekomendasi koper berukuran 20 inci dengan dimensi 37 x 55 x 23 cm. Terbuat dari bahan yang lembut dan dilengkapi ritsleting lipat yang mudah digunakan. Fitur menarik lainnya yaitu adanya dual tube (multi stop) pada bagian pegangan. Sehingga pegangan koper ini dapat dipanjang – pendekkan dengan mudah. Di dalamnya juga terdapat  address tag (side slot) untuk menulis identitas pemilik koper agar tidak tertukar dengan milik orang lain.

7. Navy Club Soft Case Cabin: Koper 20 Inci Dengan Fitur Ritsleting Gerigi Ganda

Tipe koper soft case ini terbuat dari bahan nilon yang menjadikannya lebih maksimal saat diperlebar. Di bagian dalamnya terdapat sabuk pengikat, kolom untuk aksesori, serta sekat untuk laptop yang memudahkan pengorganisasian barang bawaan. Yang paling menarik, koper 20 inci ini juga dilengkapi fitur theft zipper dengan ritsleting gerigi ganda yang membuatnya menjadi lebih aman, tidak mudah ditusuk atau dibobol.

8. Kalibre Rover Hardcase: Ukuran Koper 24 Inch 100% Dari Bahan Polycarbonate

Dengan material polycarbonate 100 persen, permukaan koper ini menjadi lebih kuat dan tidak mudah tergores saat terkena benturan. Selain berukuran 24 inci, merek koper ini juga menyediakan koper berukuran 16 dan 20 inci. Koper tipe hard case ini juga dilengkapi fitur TSA Lock untuk meningkatkan keamanan dan empat roda yang bisa berputar 360 derajat.

9. Eminent E-KG82: Koper Ukuran 24 Inci Yang Bisa Memuat 86 Liter Barang

Koper berukuran 24 inci ini mempunyai dimensi 66 x 46 x 27 cm. Bobotnya 3,2 kg dan mampu memuat hingga 86 liter barang. Bahannya terbuat dari material polycarbonate yang tahan terhadap goresan. Ada juga fitur ritsleting anti pencuri dan kombinasi kunci TSA untuk meningkatkan keamanan.

10. President Luggage Travel Hardcase HEXA 5282: Ukuran Koper 28 Inch Dari Bahan SPC Premium

Koper berukuran 28 inci ini mempunyai dimensi 53 x 31 x 76 cm. Bahannya terbuat dari material SPC (Smart Polycarbonate) premium. Sebuah polimer organik pembentuk plastik yang bagus dalam menahan tekanan. Dilengkapi kunci TSA dan ritsleting anti pencuri agar bawang bawaan tetap aman.

Ingin segera traveling ke luar kota dan bahkan luar negeri? Jangan lupa siapkan koper terbaik sesuai kebutuhan kamu. Dapatkan koleksi koper terlengkap di JD.ID yang menyediakan produk orisinal dari brand – brand ternama. Gunakan metode pembayaran Atome saat checkout untuk menikmati fasilitas cicilan 0% dengan tenor 1 hingga 12 bulan. Jumlah tagihannya sesuai nominal transaksi tanpa adanya tambahan DP atau biaya admin. Menariknya lagi, kamu juga berkesempatan mendapatkan voucher diskon eksklusif yang bisa bikin belanjamu jadi semakin hemat. Makanya, download dan gunakan Atome sekarang juga untuk bertransaksi di lebih dari 6.500 merchant offline dan online.

Dapatkan promo menarik Serunya Cicilan 0% spesial dari Atome di bulan Juli 2022 ini. Periode promo berlaku mulai tanggal 1 hingga 31 Juli 2022 dan diberikan khusus untuk para pengguna setia Atome. Kamu berkesempatan mendapatkan potongan up to Rp 300.000 untuk transaksi di Aldo, Buccheri, Mothercare, ELC, Erha, Oriskin, Sociolla, Levi’s, dan Ageless Galaxy. Tentunya dengan Syarat dan Ketentuan berlaku ya!

Main keywords of the article: