Blog

Review Singkat Kelebihan & Kekurangan Xiaomi Redmi 9c

Jan 03 2022

Banyak orang pasti sudah tahu kalau Xiaomi telah menghadirkan berbagai penawaran baru. Salah satu ponsel Xiaomi yang memiliki harga paling terjangkau adalah Redmi 9c. Redmi 9c memang patut kamu perhitungkan jika kamu mencari ponsel di kisaran Rp 1,5 jutaan.

Namun ada berbagai hal yang perlu kamu pertimbangkan jika kamu ingin memilikinya. Berikut adalah review singkat daftar kelebihan dan kekurangan ponsel Xiaomi Redmi 9c yang harus kamu ketahui.

Kelebihan Xiaomi Redmi 9C

1. Memiliki Performa Yang Tangguh Di Kelasnya

Hal yang paling diutamakan saat memilih ponsel sudah pasti prosesor dan performa ponsel. Redmi 9c dilengkapi dengan chipset MediaTek Helio G35 fabrikasi 12 nm. Prosesornya menggunakan 8 inti dengan kecepatan 2.3 GHz ARM Cortex A53. Sementara kartu grafisnya menggunakan PowerVR GE 8320.

Ini adalah chipset yang layak di kelasnya. Redmi 9c cukup tangguh digunakan untuk berganti dari aplikasi satu ke aplikasi lainnya dengan lancar. Untuk main game yang ringan pun sudah nyaman loh!

2. Memiliki Sistem Operasi Yang Mumpuni

Meskipun ponsel Redmi 9c ini memiliki harga yang murah meriah, tetapi Xiaomi Redmi 9c sudah mengantongi sistem operasi Android 10. Di atasnya berjalan antarmuka MIUI Global 12.0.1 yang memiliki tampilan simpel tapi cukup powerful. Pengoperasiannya cepat dan tak banyak delay atau lag mengganggu. Aplikasi bisa dibuka dengan cepat saat diketuk dan saat di-swipe, transisi antar menu berjalan dengan halus serta cepat. Tak mengecewakan meskipun kecepatan dan akselerasinya memang tak terlalu kencang.

3. Memiliki Kualitas Kamera Yang Bagus

Sensor triple camera Redmi 9C ini menjadi salah satu kekuatan di perangkat Xiaomi keluaran terbaru ini. Modul kamera utama mengadopsi resolusi 13MP yang bisa menghasilkan foto dan video berkualitas dalam kondisi cahaya melimpah. Kemudian dua sensor yang tersisa masing – masing memiliki resolusi 2MP. Menyediakan kemampuan buat mendukung keperluan berbeda yakni macro dan bokeh.

Meski hasil jepretan foto macro tidak terlalu bagus, tapi untuk segmen entry level tak banyak vendor yang menyediakan kemampuan ini. Sementara hasil foto bokehnya terlihat baik dan memuaskan. Separasi antara subyek dan latar belakang terlihat cukup sempurna.

Buat foto dalam kondisi low light, hasil jepretan Realme 9c tak terlalu buruk. Kualitasnya memang bukan yang terbaik, tetapi bisa dibilang lumayan kalau untuk sekedar jepret – jepret seadanya. Jika kamu suka merekam video, ponsel ini menyediakan opsi recording dengan resolusi Full HD dan HD pada 30fps. Ada juga fitur standar seperti timelapse, short video, tilt shift, dan Pro. Di sektor depan tertanam kamera 5MP, dengan hasil yang bisa dikatakan seadanya saja, tetapi masih bisa dipakai buat merekam video dan foto dengan kualitas standar. Untuk video, bisa merekam HD dan Full HD @30fps.

4. Memiliki Kapasitas Baterai Yang Besar

Kapasitas baterai besar memang sudah tidak bisa lepas dari ponsel kekinian. Redmi 9c dibekali dengan baterai sebesar 5000 mAh. Dijamin hal ini akan membuat kamu puas, karena bisa dikatakan cukup untuk digunakan seharian. Sementara untuk kecepatan pengisian dayanya masih normal yaitu 10 W.

Dengan kapasitas baterai sebesar itu, pastinya sangat cukup untuk kamu gunakan seharian, meskipun dengan intensitas yang berat sekalipun. Isi daya di pagi hari, biasanya baru di malam hari butuh diisi lagi. Sementara untuk pemakaian intensitas rendah bahkan bisa lebih dari 1 hari. Cukup menarik bukan?

5. Memiliki Sensor Sidik Jari Dan Face Unlock

Beberapa merek lainnya di kelas harga yang sama hanya menawarkan sensor sidik jari saja untuk mengunci dan menghidupkan ponsel. Namun, Redmi 9c sudah punya sensor sidik jari yang posisinya ada di belakang dan fitur face unlock.

Ya, kamera depannya sudah dilengkapi dengan fitur pengenalan muka untuk membuka kunci. Jelas fitur ini lebih praktis dan bikin penggunanya tidak repot. Tentunya menambah keamanan juga ya, karena tidak semua orang bisa mengaktifkan ponsel Redmi 9c selain pemiliknya.

6. Memiliki Desain Bodi Dan Warna Yang Menarik

Dari segi desain, Redmi 9c juga menarik banget untuk kamu miliki. Bodi belakangnya menggunakan material plastik pilihan. Dengan finishing doff dan motif garis – garis, membuat sidik jari kamu tidak gampang menempel sehingga bodinya tidak mudah terlihat kotor. Selain itu, motif ini juga membuat bodinya tidak licin.

Yang tidak kalah menarik lagi adalah pilihan warnanya. Ada 3 pilihan warna yaitu, Midnight Black, Twilight Blue dan Sunrise Orange. Buat kamu yang suka warna gelap, bisa memilih Midnight Black. Sementara buat yang suka warna terang yang seru, Twilight Blue dan Sunrise Orange menarik banget untuk kamu jadikan pilihan.

Kekurangan Xiaomi Redmi 9C

1. Tidak Memiliki Fitur Fast Charging

Kecepatan untuk mengisi daya dari ponsel Redmi 9C adalah 10 W saja, tanpa adanya fitur fast charging. Sebenarnya ini biasa dan sudah jadi standar di ponsel entry level. Jadi penggunanya harus cukup bersabar dengan waktu mengisi daya yang tergolong lama. Untuk mengisi hingga penuh, butuh waktu sekitar 2.5 hingga 3 jam. Jadi sudah bisa dipastikan bahwa kamu harus sabar menunggu proses pengisian dayanya.

2. Port Micro USB-nya Sudah Ketinggalan Jaman

Redmi 9c masuk ke Indonesia pada pertengahan Agustus 2020. Sebenarnya merupakan ponsel yang tergolong baru. Tapi untuk pengisian daya masih menggunakan MicroUSB 2.0, belum Type-C. Memang bukan kekurangan besar, namun hal ini terasa terlalu lawas untuk ponsel keluaran pada tahun tersebut.

3. Kualitas Layarnya Standar

Layar yang dibekalkan Redmi pada seri ini terbilang biasa saja. Layar seluas 6,53 inci yang dibekalkan hanya menggunakan panel IPS LCD. Selain itu, perangkat ini juga hanya mampu menghasilkan resolusi HD+ saja. Tetapi untungnya, hal ini tidak lantas membuat kualitas gambar yang disajikan jadi tidak bisa dinikmati. Layar ini masih mampu menghasilkan tampilan warna dan gambar yang cukup tajam.

Itulah tadi adalah review singkat beberapa kelebihan dan kekurangan ponsel Xiaomi Redmi 9c. Apakah kamu tertarik untuk memilikinya? Jika iya, kamu tidak perlu khawatir kesusahan untuk membelinya, sebab Redmi 9c dijual dengan harga yang cukup terjangkau, apalagi jika kamu membelinya di JD.ID, caranya cukup mudah, karena kamu hanya perlu untuk mengunjungi kanal JD.ID di www.jd.id.

Keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan jika berbelanja ponsel di JD.ID adalah kamu bisa membeli dengan cara cicilan 3 atau 6 bulan loh! Cukup menarik bukan? Nah, untuk mendapatkan kemudahan dengan cara mencicil itu kamu perlu untuk menggunakan metode pembayaran dari Atome saat berbelanja di JD.ID. Yuk, beli ponsel di JD.ID menggunkan Atome sekarang juga, dan dapatkan penawaran menariknya!

Main keywords of the article: