Blog

Selain Anti Stres, Ini Dia Manfaat Musik Bagi Kesehatan

Jul 08 2021

Tak bisa dipungkiri, musik adalah salah satu hiburan yang paling disukai oleh seluruh orang di dunia. Tidak hanya memainkan alat musik, mendengarkan musik ternyata juga bisa memicu emosional dari seseorang.

Biasanya sebuah musik menyimpan suatu kenangan tersendiri di dalamnya, jadi seseorang yang mendengarkan musik tersebut bisa mengingatnya dengan sangat baik tentang kenangannya tersebut.

Dicatat di beberapa jurnal kesehatan, musik sangat berpengaruh dalam kesehatan manusia. Dengan mendengarkan musik, seseorang bisa merasa lebih rileks dan nyaman ketika mengalami suatu stres yang berkepanjangan.

Nah, kira-kira apa saja sih manfaat musik di dalam kehidupan sehari-hari selain menghilangkan stres? Yuk, guys, kita simak baik-baik ya.

1. Mengurangi kecemasan

Siapa yang suka mengalami kecemasan berkepanjangan? Jadi, guys, menurut beberapa penelitian, mendengarkan musik bisa mengurangi rasa cemas tersebut lho. Musik bisa membuat kamu jauh lebih rileks dalam menjalani hidup.

Dalam menggunakan musik ini, kamu bisa mendengarkan musik dengan sangat tenang dan santai. Dengan begitu kamu akan merasa sangat nyaman dan rileks ketika berpikir. Melalui musik ini juga, kamu akan jauh merasa nyaman dan aman ketika stres melanda. So, kamu bakalan bisa berpikir jernih.

2. Penghilang stres yang sangat efektif

Hayo ngaku, siapa di sini yang sering banget mengalami stres atau frustasi? Hehe, jadi guys, stres atau frustasi itu sudah sangat biasa lho. Terlebih bagi kamu yang sering menghadapi masalah yang cukup kompleks dan beban pekerjaan yang sangat banyak.

Datangnya stres biasanya tak bisa diprediksi, that’s why kamu harus bisa menanggulanginya dengan sangat baik, dan jangan sampai kamu terpuruk terbawa suasana.

Untuk menangani stres yang berlebihan, kamu bisa menggunakan musik sebagai dopping-nya. Jadi kamu akan merasa lebih nyaman dan aman ketika kamu mengalami stres yang berkepanjangan. Salah satunya yaitu kamu bisa mendengarkan musik yang kamu sukai, atau kamu bisa mendengarkan musik yang riang gembira.

3. Membantu memulihkan cedera yang terjadi pada otak

Tak hanya menambah rasa rileks di dalam tubuh, mendengarkan musik juga bisa memulihkan cedera yang ada di dalam otak. Memulihkan cedera di otak seperti akibat stroke hingga kejang-kejang yang berkepanjangan sangat mudah bila dilakukan dengan menggunakan musik ini.

Pasien yang mengalami gangguan cedera otak dan mengobati kejang bisa mendengarkan musik selama 2 jam sehari. Sehingga musik yang ada di dalam otak bisa memperbaiki memori, dan perhatian verbal yang akan jauh lebih baik dalam memperbaiki suasana. Dengan begitu mereka akan jauh lebih merasa nyaman dan aman ketika mendengarkan musik.

Tak hanya itu saja, musik juga bisa membuat pikiran yang positif sehingga bisa menyenangkan suasana hati. Nah, suasana hati inilah yang bisa membantu memulihkan cedera otak yang berkepanjangan.

4. Bisa digunakan untuk terapi musik dalam pengaturan perawatan kesehatan

Banyak yang bilang, musik bisa membuat rileks pikiran yang stres. Nah, di dunia medis musik ternyata dimanfaatkan juga sebagai sarana untuk dibuat terapi musik. Terapi musik ini bisa memberikan energi yang positif dan diketahui bisa memberikan melalui perawatan terapi musik ini.

Terapi musik bisa dijadikan sebuah media perawatan yang aman, sehingga diyakini terapi musik bisa membantu mengukur dan mengatur kesehatan pasien yang sempat terganggu.

5. Musik melatih memori yang ada di dalam otak

Lagu-lagu yang ada di dunia ini biasanya akan mampu membantu kita mengingat kejadian di masa lalu. Sebuah lagu biasanya menceritakan sebuah masa dan peristiwa yang ada di dalam hidup yang dijalani oleh manusia.

Ngaku aja deh, biasanya musik bisa membawa kamu ke kejadian masa lampau kan? Musik biasanya direpresentasikan kepada kejadian yang pernah dialami oleh seseorang. Sehingga seseorang bisa mengungkapkan perasaan yang ada di dalam hati. Dengan begitu seluruh stres yang ada di dalam  tubuh bisa terangkat dengan sangat maksimal. Wah, keren banget ya manfaat musik ini!

Mengingat musik sangat berpengaruh kepada kesehatan setiap orang, alangkah lebih baik jika kamu mendengarkan musik dengan menggunakan piranti yang keren dan canggih. Saat ini tersedia beberapa piranti untuk mendengarkan musik mulai dari speaker, earphone, headset, dan headphone.

Seluruh piranti tersebut memiliki fungsi masing-masing yang sangat mudah untuk digunakan. Namun, salah satu piranti untuk mendengarkan musik yang sedang hype adalah wireless earphone. Wireless earphone diketahui menjadi salah satu piranti yang bisa membuat kamu nyaman saat mendengarkan musik.

Salah satu produk yang paling bagus yang bisa digunakan adalah Wireless Earphone keluaran Xiaomi yang didesain sangat nyaman, dan tentunya menghasilkan suara yang sangat jernih. Para pengguna bisa memanfaatkannya untuk mendengar musik favorit.

Menariknya lagi, earphone keluaran Xiaomi ini bisa memiliki daya tahan baterai hingga 12 jam. Dan tentunya produk ini sudah dilengkapi dengan Bluetooth 5.0.  Antara earbud sisi kiri dan kanan rupanya juga sudah terhubung dengan baik, meskipun keduanya hanya disambungkan dengan jaringan Bluetooth saja. Kamu tinggal pilih saja, mau mendengarkan dengan metode satu telinga atau dua telinga. Semua bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan kamu.

Meskipun kecil dan minimalis, suara yang dihasilkan benar-benar sangat mengagumkan. Performa tinggi dari Bluetooth 5.0 inilah yang membuat koneksi jauh lebih cepat dan stabil. Untuk piranti ini dibanderol dengan harga senilai Rp 249.000.

Untuk proses belanja dari produk ini, akan jauh lebih menyenangkan dan mengasyikkan jika kamu menggunakan Atome untuk metode pembayarannya. Karena Xiaomi merupakan merchant yang telah bekerjasama dengan Atome. Tentunya dengan bunga 0%, dan tenor cicilan 3 atau 6 bulan. Happy hunting, guys!