Blog

Solusi Mengatasi Laptop Yang Lemot

May 19 2021

Memiliki laptop yang lemot memang sangat menyebalkan. Apalagi ketika kita memiliki pekerjaan atau tugas yang harus dikerjakan sesegera mungkin. Deadline yang sudah mepet tapi laptop tidak mendukung menjadi kendala tersendiri bagi banyak orang. Lantas bagaimana sih cara mengatasi laptop yang lemot? Sebelum kita cari tahu cara mengatasinya, yuk ketahui dulu penyebab laptop yang lemot ini.

Usia Sudah Tua

Perangkat elektronik bukanlah alat yang bisa dipakai selamanya sebagaimana barang-barang lain. Peralatan eletronik seperti ponsel, tablet, maupun laptop memiliki masa pakai tertentu. Semakin lama usia alat elektronik yang kamu gunakan, hal ini akan sangat berpengaruh pada kinerja dari alat itu. Nah, demikian pula laptop kamu. Jika usia laptop kamu semakin tua, maka kinerja yang dihasilkan pun akan berkurang.

Usia laptop yang sudah tua ini menjadikan perangkat-perangkat yang ada dalam laptop menjadi lambat karena sistem yang digunakan sudah jadul. Perlu diingat, kalau masa pakai dapat mempengaruhi kinerja dari laptop kamu. Jangan pernah berfikir kalau laptop kamu bisa bertahan selamanya tanpa perawatan atau penggantian beberapa perangkat yang terkandung di dalam laptop.

Hardisk Penuh

Perlu Anda ketahui, salah satu penyebab kinerja laptop kamu menjadi lemot adalah hardisk yang sudah sangat penuh. Setiap sistem dalam laptop memiliki sistem operasi tersendiri yang membutuhkan kapasitas sesuai kebutuhannya. Jika kapasitas yang dibutuhkan oleh sistem operasi itu tidak ada, maka kinerja laptop kamu pun menjadi lambat alias laptop kamu menjadi lemot.

Hardisk yang penuh menjadikan laptop kamu lambat, karena dalam hal ini laptop tidak memiliki kapasitas yang cukup lagi untuk melakukan penyimpanan. Hardisk yang penuh menjadi salah satu pemicu lemotnya laptop kamu loh.

Terlalu Banyak Aplikasi dan Terkena Virus

Jika laptop yang kamu miliki kamu isi dengan banyak aplikasi, maka hal ini akan berisiko pada kinerja laptop kamu. Laptop yang terlalu banyak aplikasi menjadi lambat karena setiap aplikasi membutuhkan memori. Terlalu banyak memori yang digunakan menyebabkan laptop terbebani sehingga laptop menjadi lambat.

Selain banyaknya aplikasi yang kamu unduh di laptopmu, penyebab lain laptopmu menjadi lambat kemungkinan besar karena adanya virus yang masuk. Virus atau malware adalah musuh terbesar laptop maupun perangkat elektronik yang lain.

Virus-virus ini dapat muncul ketika kamu mengunduh file atau program dari situs yang tidak terjamin keamanannya. Atau bisa juga terjadi karena kamu membiarkan sembarang orang mengakses laptop untuk melakukan transfer data. Virus tentu saja menjadi salah satu penyebab utama kenapa laptop kamu bisa lemot. Hal ini dapat diperparah jika pengaman antivirus di laptop jarang kamu perbarui.

Setelah mengetahui penyebab dari lemotnya laptop kamu, sekarang mari kita simak cara mengatasi laptop kamu agar tidak lemot lagi.

  • Membersihkan Disk

Untuk mengatasi hardisk yang penuh, kamu wajib mengurangi jumlah file yang tersimpan di dalam laptop kamu. Ada beberapa caranya, yaitu menghapus file tidak penting, menghapus cache ataupun thumbnails, atau memindahkan file-file yang tidak digunakan lagi ke penyimpanan eksternal. Kamu juga bisa menggunakan pilihan mengganti hardisk dan meng-upgrade RAM.

  • Menghapus Aplikasi yang Tidak Terpakai

Perhatikanlah aplikasi yang terdapat dalam laptopmu. Aplikasi yang berlebihan dapat menghambat kinerja laptopmu, maka dari itu kamu perlu untuk menghapus aplikasi yang tidak kamu gunakan lagi. Jangan lagi menginstal software yang akan memakan kapasitas besar di RAM laptop kamu, karena laptop tidak akan bisa bekerja secara optimal jika RAM yang digunakan tidak mampu menampung kapasitas software yang kamu pasang.

  • Menggunakan Antivirus

Nah, agar laptop kamu tidak lemot karena adanya serangan virus, kamu bisa memasang antivirus terbaik untuk menghilangkan segala macam virus yang masuk. Selain itu, pastikan kalau kamu selalu melakukan update antivirus agar berbagai macam virus dapat terbaca dan dihilangkan dengan antivirus yang sudah kamu pasang.

  • Menambah Kapasitas RAM

Cara mengatasi laptop lemot lainnya adalah dengan melakukan penambahan RAM. Sebelum menambah kapasitas RAM, perhatikan dulu spesifikasi RAM dan juga kapasitas RAM yang bisa diaplikasikan pada laptop kamu.

  • Membersihkan Desktop dan Aplikasi Saat Startup Laptop

Meletakkan aplikasi pada desktop bisa menjadi penyebab lain kenapa laptop kamu menjadi lemot. Laptop menjadi lemot saat dihidupkan karena beberapa aplikasi selalu menjalankan proses terpisah saat laptop yang sedang dihidupkan. Untuk membatasi aplikasi apa saja yang bisa berjalan saat startup, kamu bisa membuka Task Manager dan klik tab Startup. Di sini kamu bisa melihat aplikasi apa saja yang berjalan saat startup dan bagaimana dampaknya terhadap performa laptop. Usahakan jangan terlalu banyak aplikasi yang berjalan ketika laptop kamu startup, karena ini akan menjadi penyebab lemotnya laptop.

  • Mengganti Memori HDD ke SSD

Hardisk (HDD), memiliki kecepatan data relatif lambat, berbeda dengan Solid-State Drive (SSD) yang bisa membuat proses startup laptop dan proses menjalankan aplikasi menjadi lebih cepat. Sebaiknya kamu mengganti penyimpanan HDD di laptop ke penyimpanan SSD. Harga SSD memang tergolong cukup mahal, tetapi jika kamu ingin laptopmu menjadi tidak lemot, cara ini sangat ampuh untuk digunakan.  

  • Melakukan Instal Ulang

Menginstal ulang laptop adalah pilihan terakhir yang perlu dilakukan jika laptop kamu sudah sangat lemot. Jika cara-cara sebelumnya sudah kamu gunakan akan tetapi masih belum bekerja dengan maksimal, maka pilihan instal ulang ini dapat kamu gunakan. Dengan melakukan instal ulang, kamu juga bisa dengan mudah mengetahui kemungkinan kerusakan pada hardware laptop kamu. Apabila ditemukan kerusakan pada hardware, maka yang perlu dilakukan adalah memperbaiki kerusakan pada hardware.

  • Membeli Laptop Baru

Solusi paling ampuh untuk mengatasi segala permasalahan laptop yang kamu miliki adalah membeli laptop baru. Selain tidak lemot, membeli laptop baru dapat mengingkatkan produktivitas kamu karena kinerja laptop yang maksimal. Laptop baru pastinya menggunakan perangkat-perangkat terbaru juga, dan hal ini dapat menguntungkan dan memudahkan kamu saat menggunakannya.

Terdapat banyak pilihan tempat untuk membeli laptop baru. Salah satunya, kamu bisa membeli laptop baru di JD.ID. Dengan membeli laptop baru di JD.ID kamu bisa mendapatkan 3 keuntungan, yaitu perlindungan konsumen, yang mana uang kamu akan dikembalikan secara utuh jika barang tidak sesuai dengan deskripsi yang telah diberikan atau kualitas barang buruk. Kamu juga bisa mendapatkan jaminan pengiriman jika barang kamu tidak terkirim. Dan keuntungan lain yaitu pembayaran yang sangat aman. Terdapat banyak pilihan metode pembayaran yang aman dan bervariasi. Salah satunya kamu bisa melakukan pembayaran melalui Atome dengan cicilan selama 3 atau 6 bulan.

Nah, dari penjelasan di atas, kini kamu sudah bisa mengetahui apa saja penyebab laptop kamu lemot dan bagaimana cara membuat laptop tidak lemot lagi. Selamat mencoba!