Blog

Spesifikasi dan Harga Samsung A51

Siapa sih yang gak kenal dengan SAMSUNG? Produsen handphone terpopuler dan terbesar di dunia yang mampu mengalahkan Apple iPhone sejak memproduksi handphone Android. Masih teringat jelas awal kesuksesan Samsung di dunia smartphone sekitar bulan April tanggal 27 tahun 2019. Kala itu, Samsung mulai memproduksi smartphone Android pertamanya yang diberi nama Samsung i7500.

Tak berhenti sampai di situ, kesuksesan Samsung dalam seri Android dimulai dari peluncuran Samsung Galaxy S pada Maret 2010. Saat itu, Samsung mengklaim berhasil menjual smartphone Androidnya sebanyak 10 juta unit. Dalam prosesnya tersebut Samsung hanya mengembangkan sistem sendiri yang mereka buat dengan sebutan OS Bada atau dalam bahasa Korea artinya Lautan.

Pada pembahasan kali ini, kita akan membahas Samsung Galaxy  A51 yang dirilis bulan Maret tahun 2020. Smartphone Android seri A yang dirilis khusus untuk kelas menengah ini memiliki banyak keunggulan. Untuk lengkapnya, yuk kita simak penjelasannya di bawah ini.

Spesifikasi Samsung A51

Tanggal rilis: Januari 2020

Layar: Super Amoled 16M, 6.5 inci

Resolusi layar: 1080 x 2400 pixels, 20.9

Chipset: Exynos 9611 (10nm)

CPU: Octa-Core

Memori internal: 64/128GB, dengan RAM 6-8GB

Memori eksternal: MicroSDXC dedicated slot

Kamera belakang: Quad-camera, 48MP + 12MP + 5MP + 5MP

Kamera depan: 32 MP

Baterai: Non removable Li-Po 4000 mAh battery

Jack earphone: 3,5 mm audio jack

Varian: Prism crush black, white, blue, pink

Kamera Samsung Galaxy A51

Samsung Galaxy A51 ini memiliki kamera utama sebesar 48MP yang dilengkapi dengan lensa telephoto 5MP, ultrawide 12MP, dan depth sensor 5MP yang mampu membuat hasil jepretan kamu maksimal. Belum lagi kamera depan yang dilengkapi dengan ukuran 32MP, yang akan membuat selfie-selfie cantikmu jernih dan percaya diri.

Desain Samsung Galaxy A51

Dari keseluruhan desainnya, Samsung Galaxy A51 memiliki bodi yang slim dengan layar 6.5inci. Bukan cuma itu, casing belakang Samsung Galaxy A51 memiliki motif unik premium glossy, yang disertai dengan garis-garis, hal ini membuat desain Samsung A51 semakin elegan dan berkelas.

Layar Samsung Galaxy A51

Samsung Galaxy A51 memiliki layar lebar, jernih, dan tajam dengan ukuran 6.5 inci FHD + Super AMOLED. Layar Infinity-Q display dan bezel tipis juga melengkapi Samsung Galaxy A51 sehingga akan membuat kamu nyaman saat nonton film dan main games.

Performa Samsung Galaxy A51

Samsung Galaxy A51 ini sudah dirancang khusus dengan chipset Exynos 9611 dengan processor Octa Core. RAM 6GB dan 8GB melengkapi smartphone ini untuk kualitas super lancar.

Kapasitas Baterai 4000 mAh + Fast Charging

Kapasitas baterai yang cukup besar, yaitu sebesar 4000mAh dengan fitur fast charging 15W membuatmu semakin nyaman dan percaya diri untuk tidak membawa powerbank lagi saat berpergian. Bukan hanya itu, kelebihan Samsung Galaxy A51 ini adalah dengan adanya fitur NFC yang memudahkan kamu dalam melakukan pembayaran dengan Samsung Pay. Port USB C nya juga sudah modern loh.

Keunggulan Samsung Galaxy A51

  • Adanya Quad Camera
  • Kamera selfie 32 MP
  • Baterai jumbo, 4000 mAh + fast charging
  • Layar lebar Super AMOLED
  • Fitur NFC
  • OS Android 10.0 antarmuka One UI 2.0
  • Performa stabil
  • Ukuran mudah digenggam

Selain itu kami juga memiliki perbedaan mendasar antara Samsung Galaxy A51 dan A71, apa saja perbedaannya? Yuk simak penjelasan kami di bawah ini:

Perbedaan Samsung Galaxy A51 dan Samsung Galaxy A71

Dimensi dan Layar

Meski keduanya hampir mirip, ada perbedaan mereka di ukuran layar. Samsung Galaxy A51 memiliki ukuran layar 6.5 inci, sedangkan A71 memiliki ukuran layar 6.71 inci. Selain itu, bodi Samsung Galaxy A71 terlihat lebih panjang dan tipis dibanding Samsung Galaxy A51.

Prosesor

Samsung Galaxy A51 memiliki tenaga Exynos 9611 (10nm), sedangkan Samsung Galaxy A71 ditenagai oleh Chipset Qualcomm Snapdragon 730G (8nm).

Resolusi Kamera

Meski keduanya sudah quad kamera, perlu diketahui lensa kamera utama mereka tidak sama. Lensa kamera Samsung Galaxy A51 sekitar 48MP dan Samsung Galaxy A71 64MP.

RAM

Kapasitas RAM keduanya juga berbeda. Samsung Galaxy A51 memiliki RAM lebih kecil sebesar 6GB dibandingkan dengan RAM Samsung Galaxy A71 sebesar 8GB. Hanya kapasitas memori internal mereka yang sama 128GB.

Kapasitas Baterai

Perbedaan mencolok juga ada pada baterai kedua smartphone ini. Samsung Galaxy A51 memiliki kapasitas baterai lebih kecil, 4000mAh dengan fast charging 15W dan Samsung Galaxy A71 memiliki kapasitas baterai 4500mAh + fast charging 25W.

Harga

Selain perbedaan sistem, harga Samsung Galaxy A51 jauh lebih terjangkau dan ekonomis dibandingkan dengan Samsung Galaxy A71. Di Indonesia sendiri saat ini Samsung Galaxy A51 dibanderol mulai dari harga Rp 4.699.000, harga yang terbilang sangat ekonomis dan mudah dijangkau oleh kamu, milenials.

Jadi, apa kamu sudah menentukan smartphone mana yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu. Jangan sampai kamu salah beli atau salah informasi dalam melihat produk. Penyesuaian pertama ada pada budget kamu, kedua kebutuhan kamu dan ketiga keinginan kamu. Jika semua kamu rencanakan dari awal, saat sampai di toko handphone kamu sudah tidak ragu lagi dalam memilih yang sesuai dengan kapasitas kamu ya.

Semoga setiap artikel yang kami berikan untuk memberikan informasi dapat membantu dalam meng-update wawasan kamu ya. Jika ada saran dan kritik bisa langsung tanyakan saja ya, terimakasih salam hangat untuk kita semua. Selalu jaga kesehatan dan patuhi protokol kesehatan.