Blog

Tips Pilih Cicilan Hp Terbaik Yang Cocok Untukmu

Sep 08 2021

Zaman yang serba digital seperti ini memang sangat memudahkan siapa saja untuk membeli apapun secara online. Belanja online dapat sangat menghemat tenaga, waktu, dan juga biaya. Mulai dari barang sederhana sampai dengan barang berharga, seperti ponsel, laptop, TV, semuanya bisa dibeli melalui situs belanja online.

Era digital membawa banyak dampak positif pada kebiasaan. Termasuk saat berbelanja, yang mana hadirnya online shop dan marketplace akan memudahkan kamu yang ingin membeli sebuah barang, tak perlu keluar rumah, tinggal duduk manis dan menunggu pesanan dikirimkan.

Dengan adanya tren belanja online, banyak konsumen yang membeli ponsel di toko online. Bahkan pesatnya perkembangan teknologi membuat banyak perusahaan yang menawarkan adanya fitur belanja dengan cara kredit tanpa kartu kredit melalui toko online. Akan tetapi, maraknya belanja online dengan cara kredit tanpa kartu kredit ini membuat banyak orang menjadi mudah terbuai hingga akhirnya tertipu.

Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui tips-tips berikut ini agar kamu tidak tertipu saat membeli ponsel di toko online secara kredit. Yuk, cari tahu tips-tipsnya!

Kenali Reputasi Toko atau Penjual

Tips membeli ponsel secara online yang pertama adalah mengenali reputasi dan informasi penjual. Hal ini sangat perlu untuk kamu lakukan karena toko online dan marketplace di Indonesia saat ini tumbuh dengan pesat. Terdapat beberapa penjual nakal yang menawarkan harga HP di bawah pasaran hanya untuk melakukan penipuan.

Untuk menghindarinya, kamu bisa melihat review dari pembeli yang tersedia. Toko online biasanya memang menyediakan adanya fitur testimoni pembeli. Hal ini akan sangat berguna bagi kamu untuk melihat bagaimana komentar pelanggan sebelumnya, dan berapakah rating dari toko yang kamu pilih tersebut.

Reputasi tersebut berlaku juga untuk menyelesaikan keluhan dari pelanggan, baik dari segi pengiriman, garansi atau layanan lain yang sifatnya memberikan rasa nyaman dan aman pada pelanggan, misalnya admin yang mudah dihubungi, dan alamat toko online yang jelas. Jangan lupa juga untuk cek lokasi toko dari penjual, lebih baik jika penjual tersebut memiliki toko fisik sehingga akan lebih mudah untuk klaim garansi.  

Berbelanja Melalui Aplikasi Resmi

Menyambung pada poin sebelumnya, tidak hanya toko dan penjual saja yang harus kamu perhatikan. Kamu juga harus memperhatikan aplikasi atau situs resmi dari penyedia situs jual beli online yang kamu pilih.

Jika kamu sudah memutuskan membeli ponsel tertentu, usahakan agar toko ponsel online terpercaya yang kamu pilih berada di aplikasi resmi. Penting untuk memastikan aplikasi tempat kamu membeli ponsel tersebut. Ini dilakukan agar data pribadi yang kamu masukkan tidak disalahgunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab, dan juga membuat kamu agar terhindar dari penipuan.

Salah satu situs berbelanja online yang dapat kamu pilih adalah i.Style, sebuah online shopping mall di Indonesia yang memberikan solusi alternatif belanja online yang cepat dan mudah. Sebagai online shopping mall terpercaya, iStyle.id memiliki konsep utama mall in mall yaitu platform berbelanja online yang disediakan untuk para toko ritel besar di Indonesia.

Pastikan Ponsel Memiliki Garansi Resmi

Kebanyakan pembeli yang awam tidak memperhatikan garansi dari ponsel yang dibeli secara online. Alhasil, ketika ponsel itu bermasalah dan hendak dibawa ke service center resmi dari merek ponsel tersebut, ternyata garansinya tidak berlaku.

Perlu kamu ketahui, penjual ponsel yang terpercaya selalu menjual ponsel dengan garansi resmi dari merk ponsel tersebut. Hindari membeli ponsel dengan garansi toko, karena biasanya ponsel tersebut tidak bisa digaransikan di service center resmi. Oleh karena itu, pemilihan toko yang terpercaya memang penting, untuk mendapatkan ponsel berkualitas dengan garansi yang resmi. Kebanyakan garansi merk dagang bisa berlaku 2 tahun sejak pembelian, dan garansi toko berkisar 6 bulan sampai 1 tahun.

Bandingkan Fitur dan Harga

Saat ingin beli ponsel secara online dengan harga murah, tentu saja kemudahan untuk menentukan ponsel akan jauh lebih mudah ketimbang membelinya di toko secara langsung. Sebagai konsumen, tentu saja kamu mendambakan harga beli yang murah. Namun, jika harga yang ditawarkan terlalu murah, sebaiknya kamu patut curiga.

Pilih ponsel yang harganya berada di kisaran rata-rata, jangan tergiur dengan membeli ponsel yang harganya sangat murah dari pasaran pada umumnya agar kamu tidak kecewa. Sebab, harga yang sangat murah itu tadi bisa saja merupakan tipuan dari penjual yang curang.

Pilih Layanan Kredit yang Aman, Nyaman, dan Terpercaya

Metode pembayaran yang disediakan oleh toko online sangatlah variatif. Setiap metode pembayaran itu tentu saja memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Beberapa di antara toko online juga menawarkan metode pembayaran dengan kredit tanpa kartu kredit. Metode pembayaran ini memperbolehkan kamu untuk membeli ponsel dengan cara mencicil tanpa kartu kredit.

Untuk berbelanja yang aman, cepat, dan nyaman dengan cara kredit tanpa kartu kredit di toko online, kamu bisa memilih metode pembayaran dari Atome. Atome merupakan layanan kredit tanpa kartu kredit terpercaya yang dapat memberikanmu banyak keuntungan dan juga kemudahan.

Cara membeli ponsel dengan cara kredit tanpa kartu kredit ini cukup mudah. Kamu hanya perlu memilih Atome sebagai metode pembayaran saat membeli ponsel di i.Style.id. setelah itu kamu bisa memilih pilihan cicilan selama 3 bulan atau 6 bulan. Bunga yang kamu dapatkan pun senilai 0%. Cukup menarik bukan? Jadi kamu bisa memilih Atome sebagai pilihan layanan kredit ponsel yang aman, nyaman, dan terpercaya.

Pilih Metode Pengiriman dengan Asuransi

Ponsel termasuk dalam daftar barang berharga. Ketika kamu membeli ponsel secara online, sebaiknya pilih metode pengiriman dari kurir yang terpercaya. Selain itu, tambahkan juga asuransi pada metode pengiriman yang kamu pilih.

Ketika menambah jasa asuransi, maka kamu akan dikenakan biaya tambahan. Akan tetapi, biaya tersebut tidak sebanding dengan manfaat  yang kamu dapatkan ketika ponsel tersebut hilang atau rusak saat pengiriman. Agar lebih aman lagi, pilihlah pengemasan dengan kayu jika ingin pesananmu lebih aman.

Itulah sejumlah tips membeli ponsel di toko online secara kredit tanpa kartu kredit yang dapat kamu terapkan. Ingat, bahwa keamanan adalah yang utama. Semoga membantu!