Blog

Tips berbelanja di toko offline dan online ala Atome

Feb 15 2022

Setelah pandemi melanda dunia, tak terkecuali di Indonesia, banyak sekali perubahan dalam melakukan proses transaksi dalam kehidupan sehari – hari. Pandemi memaksa kita untuk beralih ke cara belanja yang tak memerlukan kehadiran fisik, dari yang biasanya Anda harus berbelanja tanpa menggunakan masker dan masih menggunakan uang berbentuk fisik yang selalu dibawa kemanapun Anda pergi. Namun saat ini, Anda diwajibkan untuk menggunakan masker kemanapun Anda pergi. Jika dulu Anda berbelanja harus datang ke toko, maka saat ini Anda berbelanja bisa menggunakan e-commerce. Berbelanja bagi sebagian orang sejatinya adalah self healing ketika penat seharian bekerja. Kebanyakan yang melakukan ini adalah kaum wanita, di mana mereka akan pergi ke mal untuk berbelanja segala kebutuhan yang diperlukan mulai dari skin care, lotion, bedak dan lain sebagainya. Ataupun hanya untuk sekedar merasakan vibes saat nongkrong bersama teman. Nah, kali ini kami akan memberikan tips berbelanja di toko offline dan online ala Atome. Penasaran ‘kan? Yuk baca artikel berikut ini!

Apa itu belanja?

Siapa yang tidak pernah belanja? Semua manusia dijamin pasti pernah melakukan kegiatan yang satu ini, mengeluarkan uang untuk membeli kebutuhan yang dianggapnya penting dan akan digunakan untuk keperluannya. Bagi sebagian orang, belanja adalah kegiatan yang dapat memberikan mood baru setelah seharian bekerja. Biasanya mereka yang melakukan aktivitas belanja didominasi oleh para wanita. Bagi para pria, kegiatan berbelanja adalah sebagai pemuas hasrat untuk memenuhi kebutuhan harian, ada pula beberapa kaum pria yang membelanjakan uang mereka hanya untuk kegiatan hobi semata.

Tempat untuk berbelanja pun kini sudah sangat beragam, mulai dari belanja langung dengan datang ke toko, dan ada juga yang dengan menggunakan e-commerce dengan alasan tidak perlu repot keluar rumah. Setidaknya ada kelebihan dan kekurangan dari masing-masing toko tersebut.

Tips Belanja Di Toko Offline Ala Atome

Bagi Anda yang suka membeli suatu barang, entah itu barang primer maupun sekunder dan harus melihat kondisi barang tersebut secara langsung, maka toko offline adalah pilihan yang tepat. Tipsnya adalah sebagai berikut:

  1. Buat daftar barang yang ingin Anda beli

Dengan memiliki daftar belanja, Anda dapat mengatur antara daftar yang harus dibeli dengan daftar yang bisa ditunda dulu untuk beberapa saat.

  • Pastikan Anda memiliki waktu yang cukup

Tidak enak dong belanja dengan waktu yang sedikit? Luangkan waktu Anda beberapa saat untuk berbelanja kebutuhan harian, karena bisa jadi itu waktu yang efektif untuk melakukan self healing.

  • Tidak perlu cemas menunggu datangnya barang

Bagi sebagian  orang, menunggu pesanan datang adalah hal yang sangat membosankan dan menaruh harapan yang cemas jikalau barang mereka tak kunjung sampai. Dengan datang ke toko offline, drama perasaan yang cemas tidak akan terjadi lagi karena Anda langsung dapat memiliki barang tersebut.

  • Sistem pembayaran di toko offline sangat mudah

Sistem pembayaran pada toko offline bisa dilakukan dengan uang tunai, maupun debit atau e-money yang tentunya lebih aman.

Saat ini aplikasi Atome sudah bisa digunakan untuk berbelanja di toko offline manapun karena Atome sudah menjalin kerjasama dengan lebih dari 6000 merchant, jadi Anda tidak perlu bingung lagi berbelanja dengan menggunakan metode pembayaran melalui Atome.

Tips Belanja Di Toko Online Ala Atome

Sekarang kami akan membahas yang belanja online. Transaksi belanja online saat ini sudah mengalami kenaikan yang cukup signifikan dibanding dulu yang masih notabene menggunakan cara tradisional dalam berbelanja. Perkembangan digitalisasi pun sudah mengubah kebiasaan masyarakat dalam melakukan berbelanja. Akan tetapi, terkadang dengan begitu banyaknya promo dan barang yang disediakan oleh e-commerce membuat Anda sedikit kecewa ketika barang yang Anda pilih tersebut sampai di pintu depan rumah. Biar tidak kecewa, simak beberapa tips belanja online yang perlu Anda cermati berikut:

1. Cermat Dalam Membaca Ulasan Dan Deskripsi Produk

Mencermati ulasan dan deskripsi pada produk yang akan Anda beli menjadi hal yang penting. Apakah foto barang yang tertera sesuai dengan judul yang diberikan oleh penjual tersebut. Hindari untuk berbelanja di toko yang sudah lama tidak aktif dalam e-commerce yang Anda pergunakan.

2. Memahami Syarat Dan Ketentuan Di Toko Online

Tidak jarang kebanyakan orang menganggap remeh dalam memahami syarat dan ketentuan dari toko online. Notabene orang – orang tersebut sering mengabaikannya, sehingga dipastikan ada info penting yang terlewat dalam syarat dan ketentuan itu. Untuk itu Anda harus mencermati bagian kolom deskripsi saat akan membeli barang pada toko tersebut. Anda tidak mau terjadi hal – hal yang tidak diinginkan bukan?

3. Pastikan Toko Online tersebut Memiliki Reputasi Yang Baik

Langkah selanjutnya dalam melakukan proses berbelanja di e-commerce adalah memastikan toko online tersebut trusted alias terpercaya. Biasanya toko yang terpercaya memiliki tanda ‘centang’ atau ‘bintang’.

4. Ingatkan Diri Anda Ketika Ada Special Event

Apakah Anda ingin ketinggalan special event yang diadakan sebulan sekali? Tentu tidak bukan? Banyak dari Anda yang tidak ingin melewatkan special event yang diadakan oleh e-commerce manapun. Akan tetapi Anda harus sadar dengan diskon dan promo yang ditawarkan. Alih – alih ingin membeli sesuatu yang dibutuhkan, Anda malah membeli barang yang tidak terlalu dibutuhkan karena promonya menawarkan harga yang sangat murah. Jangan sampai Anda kalap saat ingin mendapatkan keuntungan, karena bisa saja sebenarnya Anda malah jadi rugi.

5. Pilih Metode Pembayaran Yang Aman Dan Terjamin

Tips yang terakhir adalah memilih metode pembayaran yang aman dan terjamin. Banyak di luar sana yang memudahkan penggunanya untuk berbelanja, tetapi dengan metode yang tidak jelas dan terkesan rumit. Atome menawarkan cicilan 3 atau 6 bulan dengan bunga 0% di lebih dari 6000 merchant yang sudah bekerja sama. Jadi Anda tidak perlu khawatir dengan metode pembayaran yang Atome tawarkan untuk Anda. Caranya sangat mudah saja:

  • Pilih produk pada aplikasi online yang bekerja sama dengan Atome seperti JD.ID dan lain sebagainya.
  • Check out produk pilihan Anda, kemudian pilih Atome sebagai metode pembayaran.
  • Pilih cicilan untuk 3 atau 6 bulan, dan proses pembayaran Anda akan diselesaikan oleh aplikasi Atome.
  • Pembayaran selesai, tinggal tunggu kurir membawa barang ke rumah Anda.

Jika Anda memutuskan untuk membeli barang secara offline dengan Atome, berikut adalah caranya:

  • Datang ke merchant yang sudah memiliki banner Atome pada pintu masuk.
  • Pilih produk yang Anda inginkan ketika sedang berada di toko offline.
  • Bawa produk Anda ke kasir untuk melakukan pembayaran.
  • Lakukan scan barcode menggunakan aplikasi Atome. Jika belum memiliki, tinggal unduh di PlayStore pada perangkat android maupun di Appstore pada perangkat Apple Anda.
  • Pilih cicilan untuk 3 atau 6 bulan sesuai yang Anda inginkan dengan bunga 0%.
  • Pengajuan Anda akan diproses dalam 3 menit dan produk impian yang diinginkan sudah menjadi milik Anda.

Bagaimana dengan tips yang kami berikan untuk Anda? So, jangan ragu lagi untuk men-download aplikasi Atome di PlayStore dan Appstore. Dan nikmati beragam keseruan sembari mempergunakan Atome di ponsel kamu!

Materi ini dibuat atau dikeluarkan oleh PT AFI

Main keywords of the article: