Blog

Tips Cerdas Membedakan Bedak Collagen Asli Dan Palsu

Aug 30 2021

Collagen adalah produk yang sedang marak digunakan oleh banyak kalangan belakangan ini, khususnya oleh kaum wanita. Tak heran jika banyaknya minat pada produk collagen ini membuat para oknum tak bertanggung jawab justru memanfaatkannya untuk meraih keuntungan. Salah satu caranya adalah dengan membuat collagen palsu.

Bedak collagen atau krim collagen palsu ini harus kamu hindari. Mengapa? Karena barang yang palsu dapat memberikan efek yang buruk bagi kulit wajahmu. Sebelum membahas mengenai tips membedakan collagen asli dan palsu, kita bahas dulu yuk bahaya apa saja yang akan muncul jika kamu menggunakan bedak atau krim collagen palsu.

Bahaya Collagen Palsu

Membuat Kulit Terasa Panas dan Perih

Collagen palsu akan membuat kulitmu terasa perih saat kamu menggunakannya. Selain perih, kamu juga akan merasakan efek samping terasa panas, gatal, atau bahkan muncul bercak kemerahan di kulit wajah kamu. Hal ini terjadi karena krim atau bedak palsu menggunakan bahan yang keras pada komposisinya.

Merah Saat Terkena Matahari

Jika setelah digunakan kulit menjadi merah saat terkena matahari, itu tandanya ada kulit yang rusak. Karena, kulit punya perlindungan alami yang melindungi dirinya, sehingga tidak gampang iritasi. Jika setelah pemakaian produk ternyata kulit kamu menjadi merah saat kamu berada di bawah sinar matahari, bisa jadi itu produk palsu.

Kulit Nampak Putih Pucat

Perbedaan saat menggunakan bedak atau krim collagen palsu dan asli dapat juga membuat kulitmu terlihat putih pucat. Bukan putih yang alami. Perbedaan ini juga seringkali nampak pada mereka yang menggunakan krim abal-abal, termasuk jika kamu menggunakan bedak collagen palsu.

Ketergantungan Produk

Krim pemutih palsu biasanya membuat siapapun penggunanya menjadi ketergantungan terhadap produk tersebut. Karena jika kamu menghentikan perawatan dengan produk itu, kulit kamu akan menjadi kusam dan gelap. Padahal, bahayanya menggunakan bedak dan krim palsu dalam jangka panjang justru akan meningkatkan racun di dalam tubuh dan jaringan kulit akan semakin rusak.

Tips Membedakan Collagen Asli dan Palsu

Agar kamu tidak tertipu saat membeli bedak atau krim collagen. Yuk, simak tips membedakannya berikut ini!

Mengecek di BPOM

Bedak yang mengandung collagen memang mempunyai manfaat baik untuk perlindungan kulit wajah kamu agar tetap kencang, putih dan awet muda. Namun, lain halnya jika kamu mendapatkan bedak collagen yang palsu. Kulit wajahmu justru akan mendapatkan efek yang buruk. Untuk membedakannya, kamu bisa melihat apakah produk tersebut sudah terdaftar di Badan POM atau belum.

Caranya, bukalah website cekbpom.pom.go.id, kemudian masukkan nomor yang tertera dalam kemasan produk. Jika nomor produk itu terdaftar di BPOM, artinya produk itu legal, sebaliknya jika nomor produk tidak terdaftar di BPOM, kamu bisa meragukannya. Apalagi jika produk tersebut tidak memiliki nomor BPOM pada kemasannnya.

Mengetahui Perbedaan Harga

Harga bedak collagen palsu pada umumnya cenderung lebih murah dari bedak collagen yang asli. Jangan sampai kamu tertipu karena harga yang murah ya. Harga murah ini ada karena memang bahan-bahan yang digunakan merupakan bahan yang berbahaya untuk kulit wajah. Jika kamu membeli bedak collagen yang asli, harga yang kamu dapatkan tidak akan semurah bedak collagen palsu.

Memperhatikan Kemasan

Pada kemasan kotak bedak atau krim collagen, produk yang asli memiliki hologram. Berbeda dengan produk palsu, kemasan tidak memiliki hologram sebagai pengaman produk. Hal ini cukup mudah untuk kamu perhatikan ya.

Membedakan Warna

Perbedaan collagen asli dan palsu selanjutnya adalah pada warna bedak atau krimnya. Produk yang asli tidak mengkilap, berbeda dengan yang palsu, biasanya mengkilap dan warnanya lebih mencolok. Hal ini karena pewarna yang digunakan dalam produk palsu adalah pewarna yang berbahaya. Jadi, kamu harus waspada jika menemukan produk yang warna krim atau bedaknya mengkilap ya.

Aroma

Bau dari krim yang palsu biasanya seperti sebuah logam, menyengat dan tidak enak.  Akan tetapi, produsen produk palsu biasanya juga menyiasati hal tersebut dengan menambahkan bau wangi yang banyak dan tajam agar menutup bau logam itu. Jadi kamu bisa bayangkan sendiri ya bagaimana aroma logam yang dicampur dengan parfum. Pasti baunya akan terasa sangat aneh.

Tekstur

Saat membeli collagen, pastikan juga teksturnya.  Tekstur krim atau bedak collagen yang asli tidak lengket ketika diaplikasikan. Berbeda dengan produk palsu, krim akan terasa lengket dan kasar ketika kamu gunakan. Untuk produk palsu, biasanya juga terdapat krim yang tidak tercampur rata.

Itu tadi adalah tips cerdas untuk membedakan bedak collagen yang asli dan yang palsu. Kamu harus selalu melihat dan meneliti secara cermat saat kamu membeli produk ya. Hal ini berlaku untuk saat kamu membeli produk apapun, terutama produk skincare.

Produk skincare memang saat ini banyak sekali yang memalsukannya. Hal ini terjadi karena memang skincare adalah produk yang begitu laris di pasaran. Sehingga banyak oknum tak bertanggung jawab yang berusaha mencari keuntungan dengan melakukan kecurangan.

Agar kamu tidak mendapatkan produk skincare ataupun produk makeup yang palsu, salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah membeli produk-produk tersebut di toko terpercaya. Salah satunya adalah Sephora. Sephora menjual produk asli dan juga berkualitas, sehingga kamu tidak perlu khawatir saat kamu berbelanja di Sephora.

Berbelanja di Sephora akan memberikanmu banyak keuntungan, terutama jika kamu berbelanja menggunakan metode pembayaran dari Atome. Informasi menarik buat kamu nih. Saat ini kamu bisa mendapatkan potongan harga hingga Rp 76.000 jika kamu berbelanja di Sephora menggunakan Atome. Potongan harga ini berlaku untuk minimal transaksi mulai dari Rp 100.000 ya. Yuk, belanja di Sephora dengan mempergunakan Atome sebagai metode pembayaran kamu. Dijamin deh, pasti banyak untungnya!