Blog

Tips Cerdas Memilih Size Chart Celana Jeans Untuk Wanita

Sep 08 2021

Siapa sih yang tidak suka memakai celana jeans? Pasti banyak orang yang menyukainya ‘kan, termasuk para wanita. Celana jeans dapat dikatakan sebagai celana yang tak lekang oleh waktu, sebab sejak zaman dulu hingga sekarang celana jeans tetap digunakan.

Tapi tahukah kamu kalau memilih ukuran celana jeans yang tepat untuk wanita membutuhkan ketelitian tersendiri? Ukuran atau size chart jeans wanita terdiri dari berbagai macam ukuran. Nah, agar kamu tidak salah dalam menentukan ukuran celana jeans, yuk ikuti tips cerdas memilih ukuran celana jeans untuk wanita berikut ini!

1. Perhatikan Ukuran Tubuhmu

Mengukur tubuh sangat penting dilakukan saat kamu hendak membeli celana jeans. Ukur jarak di sekitar pinggul dan di pangkal tulang pinggul. Ukuran lingkar pinggang pada area tersempit, biasanya ada di sekitar pusar. Ukurlah bagian tubuh kamu dan sesuaikan dengan keterangan yang tertera di deskripsi produk. Saat ingin membeli celana, menentukan ukuran yang terbaik merupakan tantangan tersendiri.

Jika kamu mencoba jeans yang agak sempit saat kamu gunakan, jangan langsung dilepas ya. Hal ini karena celana jeans dapat merenggang seiring waktu, dan jeans akan menjadi lebih besar sekitar setengah ukuran. Bagian pinggang dan punggung atas akan meregang, di sinilah ketegangan terbesar berada. Jika kamu mencoba jeans yang agak longgar, bentuknya akan segera hilang dan tidak akan terlihat bagus.

Bagaimana tips membedakan jeans yang sempurna dari jeans yang terlalu kecil? Tipsnya, duduklah di kursi, jika jeans membuat kamu sulit bernapas dan bergerak, itu artinya ukurannya terlalu kecil. Akan tetapi jika jeans terasa ketat tetapi kamu bisa mengatasinya, ini adalah ukuran yang tepat untukmu.

2. Pilihlah Model Celana Jeans Yang Sesuai dengan Tubuhmu

Setelah mengetahui ukuran celana jeans yang tepat untuk tubuhmu, hal yang perlu kamu lakukan selanjutnya adalah memilih model celana jeans. Terdapat beragam pilihan model celana jeans yang bisa kamu sesuaikan dengan bentuk tubuhmu. Mulai dari model skinny jeans, boyfriend jeans, hingga straight jeans.

Celana model skinny jeans dapat menekankan bentuk siluet dari kaki hingga pahamu. Apabila kamu memiliki pinggul yang cenderung kecil, skinny jeans ini akan membuat pinggulmu tampak lebih besar. Tentunya hal ini bisa membuat penampilan kamu semakin memukau ya.

Untuk kamu yang ingin terlihat sederhana dan santai, celana boyfriend jeans sangat cocok nih buat kamu. Khususnya, dengan ukuran yang cenderung besar pada area bawah kaki sehingga tampak agak longgar dan besar. Sedangkan untuk kamu yang lebih mengutamakan gaya klasik dan modis, kamu bisa memilih straight jeans. Keunggulannya adalah, dengan lebar yang sama dari lutut sampai tumit dapat membuat kaki kamu tampak lebih ramping. Bagaimana, apa sudah tahu pilihan yang tepat untukmu?

3. Perhatikan Detail Material Dan Bahannya

Poin ketiga ini mengharuskan kamu untuk lebih teliti dalam memilih celana jeans yang tepat. Bahan stretch adalah bahan yang paling bagus untuk kamu gunakan. Bentuk tubuh wanita selalu terlihat lebih menarik dan cantik dalam balutan busana berbahan stretch. Pastikan juga bahwa bahan celana jeans mengandung  satu hingga tiga persen elastene atau lycra.

Selain itu, kamu juga harus memperhatikan kain dan juga bagian logam yang terdapat pada celana jeans pilihanmu. Celana jeans yang bagus bisa dilihat pada jalinan benang garis diagonal. Bagian luar jeans harus lebih gelap daripada bagian dalamnya. Perhatikan juga bagian logamnya. Seperti ritsleting, kancing, dan elemen lainnya harus terbuat dari  logam (tembaga, aluminium, nikel, atau kuningan). 

Kamu juga harus memastikan bahwa potongan logam dibuat dengan baik, tidak ada cacat, dan ritsleting menahan dengan baik saat dipasang. Jika tidak, kamu mungkin mengalami beberapa situasi yang merugikan di masa depan.

4. Perhatikan Letak Kantung

Poin ini terdengar aneh ya? Tapi hal ini ternyata berpengaruh loh pada pilihan celana jeansmu. Ukuran dan posisi kantung pada celana jeans sangat penting. Setiap label jeans memiliki teknik potongan yang berbeda-beda. Namun, peletakkan kantung dan ukurannya bisa memengaruhi hasil akhir saat celana melekat pada tubuh kamu. Semakin kecil ukuran kantung, maka semakin lebar area yang tidak tertutup kantung terlihat.

Tipsnya, kantong belakang harus proporsional dengan ukuran pinggul kamu. Jika kamu memiliki pinggul yang agak besar, jangan membeli jeans dengan saku kecil, karena pinggul kamu akan terlihat lebih besar, begitu pula sebaliknya.

Perhatikan juga jarak antar kantongnya. Jika jarak antara kantong belakang terlalu lebar, maka pinggul akan terlihat lebih besar dari yang sebenarnya. Dan jika jaraknya kecil, pinggul akan terlihat lebih kecil. Kamu dapat menggunakan tips ini untuk mengubah tampilan tubuh kamu. 

5. Bertanyalah Jika Tidak Tahu

Memilih celana jeans yang tepat memang dibutuhkan teknik tersendiri agar kamu bisa mendapatkan celana jeans impianmu. Namun, jika kamu masih kebingungan dalam menentukan ukuran, kamu wajib untuk bertanya pada petugas toko yang berjaga. Sebab mereka tahu bagaimana memilih ukuran celana jeans untuk kamu.

Jika membeli melalui kanal online, kamu bisa langsung menghubungi penjual melalui live chat yang tersedia. Penjual akan dengan senang hati membantu menjawab pertanyaan-pertanyaan kamu. Jadi kamu tidak perlu khawatir. 

Kebingungan dalam menentukan pilihan celana jeans yang tepat ini tidak akan kamu dapatkan jika kamu berbelanja celana jeans di Zalora. Zalora telah menyediakan berbagai macam size chart untukmu, terutama untuk size chart jeans wanita. Kamu dapat menentukan pilihan berdasarkan pada panduan ukuran yang diberikan. 

Yuk, belanja celana jeans wanita di Zalora agar kamu bisa mendapatkan ukuran yang tepat dan celana jeans yang berkulitas. Gunakan metode pembayaran dari Atome saat berbelanja di Zalora agar kamu dapat memperoleh keuntungan yang lebih menyenangkan. Belanja di Atome menggunakan Zalora pasti menguntungkan. Selamat berbelanja!