Blog

Tips Dan Cara Memilih Car Seat Untuk Newborn

Sep 27 2021

Para orang tua yang memiliki bayi pasti membutuhkan car seat bukan? Terutama untuk orang tua yang gemar bepergian. Baby car seat diperlukan ketika mengajak buah hati yang masih bayi untuk bepergian dengan mobil. Tahukan kamu kalau saat ini sudah banyak loh merek baby car seat yang beredar. Mulai dari Nuna, Joie, Chicco, dan lain sebagainya. Hal ini mungkin membuat kamu kesulitan dalam menentukan produk yang  pas untuk bayi ‘kan. Oleh karena itu, kami akan menjelaskan poin-poin yang perlu diperhatikan dalam memilih baby car seat yang tepat untuk si kecil.

1. Pilih Baby Car Seat Dari Merek Terpercaya

Terkadang, orang tua tergiur dengan harga baby car seat yang murah, namun bukan merek yang direkomendasikan banyak orang. Sebenarnya, baby car seat ini patut diperhatikan lebih lanjut. Mulai dari kualitas bahan, besi, hingga tali pengamannya. Jangan sampai hanya karena harga baby car seat yang murah, keselamatan si kecil tidak terjaga.

Selain kualitas bahan yang digunakan, pilih baby car seat yang telah lulus uji atau terverifikasi. Pilih yang telah mengantongi izin standar keselamatan. Fitur-fitur yang ada juga telah diklaim memudahkan penggunaannya. Baby car seat yang memiliki kualitas baik juga bisa digunakan dalam jangka waktu yang panjang.

2. Sesuaikan Dengan Berat Badan Si Kecil 

Tak semua baby car seat cocok untuk buah hati Anda. Perlu diketahui bahwa kebutuhan setiap anak kecil itu berbeda. Pemilihan baby car seat tentu harus berdasarkan berat badan si kecil. Jangan sampai baby car seat itu terlalu sempit atau luas untuk si kecil karena bisa membahayakan keselamatan anak bayi tersebut.

Kamu bisa menyesuaikan ukuran baby car seat. Bila baby car seat dapat menampung berat hingga 0-10 kg, berarti bisa digunakan si kecil hingga sekitar 9 bulan. Saat si kecil melewati batas kepasitas baby car seat tersebut, sebaiknya para orangtua segera menggantinya. Fungsi car seat yang paling utama adalah bisa menahan berat dari si kecil. Sebab jika car seat yang digunakan terlalu ringkih, bisa membuat benda tersebut rusak dan tentunya berbahaya bagi si kecil.

3. Pilih Baby Car Seat Jenis Infant-Capsule

Jenis baby car seat yang satu ini sangat cocok digunakan untuk bayi baru lahir hingga 6 bulan. Apa kelebihan dari baby car seat infant capsule? Perlengkapan bayi yang satu ini dapat memudahkan orang tua memposisikan baby car seat menghadap belakang atau rear facing. Sebelum berusia 2 tahun, bayi sebaiknya menggunakan baby car seat dalam posisi berlawanan dengan laju kendaraan. 

Kondisi ini dilakukan karena pada masa awal hidupnya, kepala bayi 25% lebih besar dibanding keseluruhan tubuhnya. Jika bayi duduk di baby car seat sejalan dengan laju kendaraan, ada kemungkinan mengalami risiko guncangan lebih kencang saat mengalami kecelakaan Tentunya, bayi di bawah 6 bulan tak boleh mendapatkan guncangan terlalu besar di bagian kepala. Untuk memudahkan, biasanya baby car seat  mampu menyangga kepala bayi sehingga tidak akan membuat tubuhnya menekuk atau bergeser ke sisi lainnya.

4. Pilih Baby Car Seat Yang Serbaguna

Orang tua zaman sekarang tentunya ingin segala suatu terkait perlengkapan bayi lebih praktis dan mudah digunakan. Untuk itu, mereka biasanya menginginkan baby car seat yang multifungsi. Terutama ketika harus berpergian jauh. Beberapa jenis baby car seat juga dapat dimodifikasi menjadi stroller atau keranjang tempat tidur si kecil yang bisa dibawa ke mana saja. Tentunya, ini akan sangat mempermudah perjalanan orang tua dan juga bayi.

5. Pilih Jenis Baby Car Seat Yang Convertible

Kamu tentu tak ingin dua kali membeli baby car seat bukan? Coba gunakan baby car seat jenis convertible seat. Keunggulan perlengkapan jenis ini adalah bisa digunakan sejak bayi baru lahir hingga berusia 3-4 tahun. Bahkan, sejumlah merek baby car seat jenis tersebut mampu menopang berat tubuh anak hingga 36 kg.

Keunggulan lainnya, baby car seat jenis convertible seat dapat menghadap belakang (rear seat) dan depan (forward seat). Ketka kepala bayi sudah cukup kuat, atau kira-kira sekitar usia 2 tahun, ibu bisa mengubah posisi baby car seat. Dengan demikian para orangtua tak perlu membeli baby car seat lagi hingga anak bisa menggunakan seat belt yang berada di dalam mobil.

6. Jangan Memilih Baby Car Seat Dari Bahan Yang Panas Dan Tebal

Tentunya kita tak bisa memperkirakan lamanya perjalanan ketika harus berkendara dalam mobil. Terkadang, bayi harus berada di dalam baby car seat selama 2 jam lebih. Apa yang terjadi ketika tubuh bayi menempel terlalu lama dalam suatu container? Bagian kepala si kecil akan terasa lengket karena keringat dan tubuhnya terasa lembap. Hanya tinggal menunggu waktu si kecil rewel dan menangis di dalam mobil.

Oleh karena itu, orang tua sebaiknya memilih baby car seat yang bahan tempat duduknya dapat menyerap keringat. Jangan memilih yang terlalu panas dan terasa melekap. Pastinya, bayi akan merasa lebih nyaman dan aman.

7. Ajak Anak Saat Membeli Baby Car Seat

Cara terakhir untuk memilih baby car seat adalah mengajak anak. Kamu sebaiknya mengajak si kecil ketika akan membeli karena dengan begitu si kecil bisa mencoba langsung baby car seat tersebut. Orangtua pun akan mengetahui apakah ukurannya kebesaran atau kesempitan, bahkan dapat melihat tingkat kenyamanan si kecil. Kalau buah hati sudah rewel ketika mencoba, lebih baik pilih baby car seat yang lain ya.

Itu tadi adalah penjelasan tentang cara memilih car seat baby terbaik untuk anak bayi. Pada intinya, diperlukan kenyamanan saat menggunakan car seat pada si kecil. Semahal apa pun dan sebagus apa pun car seat baby, kalau para bayi tidak nyaman saat memakainya, maka semuanya akan percuma.

Jika kamu ingin mendapatkan car seat baby terbaik, kamu bisa mengunjungi kanal iStyle. iStyle menjual berbagai macam pilihan car seat baby terbaik dengan berbagai desain yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan si kecil. Untuk desain lebih lengkap dan detailnya, yuk langsung saja ke website resmi iStyle di http://www.istyle.id agar dapat segera menentukan baby car seat untuk anak. Jangan lupa ya untuk selalu menggunakan Atome sebagai metode pembayaran berbelanja di iStyle. Berbelanja di iStyle menggunakan Atome, pasti banyak untungnya. Yuk, pilih baby car seat di iStyle!