Blog

Tips Jitu Memilih Cincin Sebagai Simbol Pernikahan Sakral

Jul 15 2021

Menikah adalah impian setiap pasangan. Untuk melangsungkan pernikahan, kamu harus menyiapkan segala hal dengan detail dan sebaik mungkin. Menikah merupakan suatu acara yang sakral, karena akan dilangsungkan seumur hidup sekali, sehingga kamu harus hati-hati dan teliti dalam menyiapkan hal tersebut.

Selain make up, wardrobe, dan katering, salah satu hal paling penting yang harus kamu siapkan saat menyiapkan pernikahan adalah sepasang cincin kawin. Cincin ini akan digunakan sepanjang hidupmu. Untuk itu, disarankan agar kamu harus mendesain cincin kawin sebaik mungkin.

Cincin kawin diartikan sebagai simbol keabadian dalam suatu pernikahan. Setiap calon pengantin pasti memilih cincin kawin yang terbaik untuk mereka.

Karena dipakai seumur hidup, cincin kawin harus dipilih dengan sebaik mungkin. Tidak bisa sembarangan dalam memilihnya. Untuk itu kamu harus memilih cincin kawin yang bikin kamu nyaman dan bisa awet untuk dipakai.

Sayangnya, sampai detik ini masih banyak pasangan yang akan menikah bingung dalam memilih cincin kawin yang terbaik untuk mereka. Sebelum membeli, alangkah lebih baiknya jika kamu mencermati apa saja yang harus kamu perhatikan sebelum membeli cincin kawin ini. Biar lebih jelas, yuk simak dulu ulasan berikut ini.

1. Tentukan Anggaran Cincin Kawin

Buat kamu yang sudah merencanakan tanggal pernikahan, kamu bisa memilih cincin kawin sesuai dengan harga yang kamu anggarkan. Jangan sampai kamu memilih cincin dengan harga yang tidak sesuai. Harga yang tidak sesuai akan membuat kamu berat dalam membeli sepasang cincin kawin.

2. Pilih Bahan Dan Material Dasar Cincin Kawin

Dalam memilih cincin kawin, kamu rupanya juga harus menentukan bahan dasar yang ingin kamu pergunakan. Sekarang ini sudah tersedia berbagai jenis bahan dasar yang sudah dijual di berbagai gerai. Beberapa bahan yang biasa digunakan mulai dari emas kuning, emas putih, paladium, hingga perak. Semua bisa disesuaikan dengan konsep dan keinginan dari kamu sendiri.

Nah, biar kamu tak bingung, beberapa jenis bahan dasar yang bisa kamu jadikan referensi antara lain adalah sebagai berikut:

– Emas Kuning

Cincin emas kuning biasanya menjadi kesukaan banyak orang. Cincin berwarna kuning merupakan salah satu pilihan tradisional yang biasa digunakan untuk cincin pernikahan. Biasanya, cincin emas kuning mengandung emas 23-24 karat dengan memiliki kadar 70% atau lebih. Biasanya cincin emas kuning dibanderol dengan harga:

  • Rp 750 ribu per gram untuk 23 karat dengan kadar 70%
  • Rp 970 ribu per gram untuk 24 karat degan kadar 96%

– Emas Putih

Selain cincin berwarna emas, cincin emas putih biasanya juga sering dicari dalam  sebuah pernikahan. Cincin emas putih memang terkadang terlihat lebih elegan karena dilapisi oleh rhodium, sehingga cincin emas putih tersebut bisa sangat awet dan kuat.

Emas putih ini harganya sebesar:

  • Rp 361 ribu per gram dengan kadar 50%
  • Rp 628 ribu per gram dengan kadar 75%

– Perak

Saat ini cincin perak juga sangat dicari oleh kalangan pria muslim. Cincin ini biasanya sangat kuat dan warnanya tak mudah berubah kusam. Untuk harga cincin ini dibanderol dengan harga Rp 250 ribu hingga Rp 400 ribu per cincinnya. Sangat terjangkau kan?

–  Paladium

Selain cincin perak, cincin paladium juga menjadi salah satu cincin yang paling dicari oleh kaum pria muslim. Cincin ini tidak mudah berubah warna lho. Selain itu cincin ini juga sangat awet ketika dipakai. Nah, cincin ini biasanya dibanderol dengan harga Rp 2,9 juta dengan kadar 10%.

3. PIlih Desain Sesuai Keinginan

Agar hari nikahmu menjadi lebih indah, maka kamu bisa menggunakan cincin kawin yang memiliki model sangat elegan dan cantik. Kamu wajib untuk memperhatikan model cincin tersebut sesuai dengan selera dan karakteristik masing-masing.

Buat pasangan yang suka tampil simpel dan elegan, kamu bisa memilih cincin dengan model polos. Sedangkan pasangan yang menyukai tampilan yang menawan, maka bisa menggunakan solitaire.

4. Pastikan Ukuran Jari Sudah Sesuai Dan Pas

Kunci jitu dalam memilih ukuran cincin adalah memilih ukuran yang tepat. Memilih cincin dengan ukuran yang tepat ini bertujuan agar kamu bisa nyaman dalam menggunakan cincin kawin tersebut. Kamu bisa mengukur ukuran jarimu dahulu sebelum kamu memutuskan untuk membeli cincin tersebut.

Nah, jika kamu membelinya secara online, kamu tak perlu khawatir dulu ya. Kamu bisa menanyakan dahulu ke toko online yang akan kamu pilih untuk berkonsultasi terlebih dahulu. Di situ kamu pasti akan dijelaskan bagaimana cara yang tepat untuk mengukur ukuran cincin untukmu.

5. Pilih Toko Perhiasan Yang Terpercaya

Dalam membeli cincin kawin, kamu harus memilih toko perhiasan yang terpercaya. Jangan samapai kamu salah dalam memilih toko. Jika kamu sampai salah dalam memilih, nanti dikhawatirkan kamu tidak bisa mendapatkan pelayanan terbaik.

Salah satu toko terbaik yang bisa kamu pilih adalah Fifth Bloom. Fifth Bloom merupakan salah satu toko perhiasan terbaik yang menawarkan banyak pilihan untuk calon pengantin. Toko perhiasan yang satu ini juga memberikan pelayanan terbaik jika kamu ingin mendesain cincin nikahmu sendiri lho. So, sangat cocok deh buat kamu jadikan pilihan.

6. Bayar Dengan Metode Pembayaran Yang Mudah

Dalam membeli cincin kawin, kamu tak hanya memperhatikan harganya saja. Namun kamu juga harus memperhatikan metode pembayaran yang akan kamu gunakan. Biasanya, jika kamu menggunakan metode pembayaran yang tepat, kamu akan dengan mudah mendapatkan diskon dan berbagai potongan harga. Tentunya adalah dengan mempergunakan Atome yang telah bekerja sama dengan banyak merchant, seperti contohnya Fifth Bloom. Dengan Atome, dijamin kamu pasti akan mendapatkan cincin kawin sesuai dengan keinginan hatimu di Fifth Bloom. Jangan sampai kamu salah pilih dalam memilih cincin di hari spesialmu ya!