Blog

Tips Jitu Memilih Wallpaper Ruang Tamu

Sadarkah kamu jika sebuah ruang tamu adalah representasi dari rumah yang kamu tinggali? Ruang tamu adalah hal yang paling penting di dalam sebuah rumah. Setiap orang yang akan berkunjung ke rumahmu, pasti akan memperhatikan ruang tamu sebagai pandangan pertama. Agar terlihat lebih menghargai tamu, kamu harus mendesain ruangan tamu dengan senyaman mungkin. Karena dengan begitu akan membuat para tamu menjadi nyaman dan betah ketika berkunjung ke rumah yang kamu tinggali.

Membuat ruang tamu nyaman tak hanya dilihat dari sofa yang kamu pilih saja. Namun kamu juga bisa memperhatikannya dari dinding ruangan yang ada di ruang tamu tersebut. Nah, agar dinding ruang tamu lebih terlihat hangat dan nyaman, kamu bisa mempercantiknya dengan mempergunakan wallpaper pada dinding tersebut.

Perlu kamu tahu nih, kalau wallpaper cenderung lebih tahan lama dan awet dibandingkan dengan cat dinding yang biasa digunakan. Di samping itu, ketika kamu menggunakan wallpaper, wallpaper ini juga akan tahan di segala kondisi dan situasi. Makanya, kamu bisa menyesuaikan wallpaper yang ada di ruang tamu tersebut dengan sangat baik.

Agar kamu tak salah pilih dalam membeli wallpaper, kamu bisa memilih wallpaper dinding sesuai dengan keinginanmu. Bagaimana sih tipsnya? Yuk kita simak uraian berikut ini.

1. Pilih warna sesuai dengan tema

Ruang tamu setiap rumah pasti memiliki konsep yang berbeda. Dalam memilih warna wallpaper di ruang tamu ini tentunya kamu harus sedikit berhati-hati, sebaiknya disesuaikan dengan tema yang kamu gunakan di rumah.

Buat ruang tamu kamu yang memiliki rumah minimalis, kamu bisa menggunakan wallpaper dinding yang berwarna terang. Misalnya saja warna-warna basic seperti putih, cream, coklat muda, abu-abu muda, hingga warna pastel. Pokoknya warna yang cerah.

2. Hindari pemilihan wallpaper yang ramai dan memiliki motif kecil

Agar ruang tamu lebih terlihat sangat cantik, maka jangan gunakan motif wallpaper yang bermotif kecil dan ramai. Nah, terutama buat kamu yang memiliki ruang tamu dengan kesan minimalis, motif ini wajib untuk kamu hindari ya.

Sebagai gantinya, kamu bisa memilih motif yang sangat simpel, seperti garis vertikal atau horizontal, motif industri, marble, hingga motif batu-bata yang dicat putih. Dengan memilih motif yang sangat simpel, dengan begitu dinding ruang tamu kamu kamu akan terhindar dari kesan ramai dan penuh.

Desain simpel dan tanpa corak ini juga bisa membuat ruangan akan terlihat semakin luas, sehingga sangat cocok bila digunakan di dalam desain ruang tamu. Yuk dicoba, guys!

3. Sesuaikan warna wallpaper dengan pintu, furnitur, hingga jendela dari ruang tamu

Agar ruangan semakin cantik dan tambah menarik, wallpaper dinding bisa kamu sesuaikan dengan warna tekstur dari pintu, jendela, hingga benda-benda yang ada di ruang tamu kamu. Jangan sampai kamu memilih warna yang berseberangan dan membuat ruang tamu tersebut menjadi tidak minimalis dan kurang estetik.

Makanya, kamu harus pandai dalam menyesuaikan wallpaper dengan furnitur yang ada di sekitarmu. Sehingga kamu bisa color matching atau color shading agar warna wallpaper tersebut bisa sesuai dengan furnitur yang sudah kamu miliki.

4. Pilih wallpaper polos atau bertekstur

Nah, kunci dalam memilih wallpaper itu bisa kamu sesuaikan sesuai dengan style pribadi yang kamu miliki. Biasanya terdapat dua jenis pola yang kerap kali digunakan dalam sebuah ruang tamu. Kedua pola tersebut yaitu pola dengan tekstur dan pola yang sangat polos, jadi bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu.

Pemilihan wallpaper polos dan bertekstur ini akan membantumu menjadikan ruangan tamu tampil menjadi lebih kasual dan sangat bersih jika digunakan. Sehingga ruang tamu akan jauh terlihat lebih cantik dan menarik ketika dipandang.

Nah, jika kamu ingin memiliki kesan ruangan yang lebih luas dan halus, kamu bisa memanfaatkan wallpaper dengan motif yang polos dan menggunakan warna-warna yang minimalis. Wallpaper polos ini akan membantu kamu dalam menyiasati dinding yang tidak sempurna. Sehingga dinding yang tidak sempurna tersebut bisa kamu lapisi dengan lapisan wallpaper yang sangat cantik tersebut.

5. Atur cahaya dengan tepat

Dalam memilih wallpaper dinding, tentunya kamu juga harus menyesuaikannya dengan cahaya yang ada di dalam ruang tamu kamu. Kamu bisa memilih dinding untuk dipasang wallpaper di ruangan yang berbentuk lorong.

Sehingga di ruangan tersebut akan memantulkan cahaya sehingga membuat ruangan akan jauh terasa sangat luas. Selain itu, kesan cahaya ini juga akan membuat ruangan lebih terasa terang jika kamu tepat dalam menggunakannya. Makanya, dalam menentukan cahaya yang datang ini kamu tidak bisa sembarangan. Kamu harus menentukannya dengan sebaik mungkin. Dengan begitu cahaya yang masuk akan membuat ruangan terlihat dan terasa semakin bagus.

Memilih wallpaper dalam ruang tamu memang harus  tepat ya. Kamu tak bisa sembarangan dalam memilihnya. Makanya dengan menggunakan tips di atas kamu bisa menggunakan wallpaper dengan sangat baik di ruang tamu. Namun, jangan lupa ya. Sebelum kamu membeli dan memasang wallpaper tersebut, alangkah lebih baik jika kamu mencari referensi yang tepat agar wallpaper tersebut bisa dipasang secara maksimal di dalam ruang tamu kesayanganmu.

Kalau kamu bingung memilih wallpaper yang tepat, kamu bisa membeli wallpaper dinding di Mitra 10. Wallpaper di Mitra 10 ini dibanderol mulai harga Rp 52.000, dengan masing-masing wallpaper berukuran 700x900x6mm. Dan tentunya kamu bisa menikmati pembayaran mempergunakan Atome di Mitra 10. Tentunya akan terasa lebih asyik kan?