Blog

Tips Jitu Mengatasi Susah Tidur

Jul 23 2021

Kondisi di Indonesia sekarang ini memang bisa dikatakan tidak kondusif. Banyaknya berita buruk yang beredar akibat meningkatnya kasus Covid19 membuat pikiran kita kerap pergi jauh melayang ke sembarang arah.

Belum lagi jadwal kegiatan yang harus di lakukan di rumah saja, membuat kondisi semakin tak menentu. Alih-alih tidur tenang, malah kita kepikiran akan banyak hal. Alhasil kita pun jadi sulit untuk melakukan aktivitas tersebut.

Untuk mengantisipasi hal itu, kita harus bisa mengatur jadwal tidur dan istirahat dengan sangat baik. Jangan biarkan tubuh kamu sakit akibat kamu tak bisa mengatur pola tidur yang baik.

Kondisi yang mengharuskan kita tetap sehat ini harus kita sadari bahwa kita membutuhkan banyak energi positif. Dengan adanya energi positif, ini akan memudahkan kita untuk bisa  hidup lebih sehat. Hidup sehat bisa dimulai dengan mendapatkan tidur yang cukup. Jika kita terlalu abai tidak menjaga pola tidur, kita akan merasa tidak fresh dan tidak sehat di keesokan harinya. Pekerjaan pun akan terbengkalai jika kita tidak bisa mengatur jadwal tidur dengan sangat baik.

Well, untuk mengatasi itu semua, kamu harus melakukan berbagai macam rutinitas yang bisa membantu kamu untuk bisa kembali beraktivitas normal. Kamu harus membuat jadwal rutin dan melakukan berbagai macam kegiatan agar kamu terhindar dari jadwal tidur yang berantakan.

Untuk membantu kamu, hari ini kita akan sharing bareng tentang bagaimana cara yang tepat untuk melakukan pola hidup sehat dengan mengubah pola tidur tersebut. Yuk, simak, beberapa tips yang bisa membantumu untuk hidup lebih sehat.

1. Patuh dengan jadwal dan rutinitas

Kebiasaan memang tak bisa diubah begitu saja. Kamu harus benar benar bisa mematuhi seluruh kebiasaan dari jadwal yang biasa kamu lakukan. Salah satu cara yang tepat untuk mengatasi itu semua adalah dengan mematuhi jadwal dan rutinitas.

Jika kamu mudah melakukan rutinitas tersebut berdasarkan jadwal, yakin deh kamu akan dengan mudah mengatasi seluruh permasalah tidur kamu tersebut. Yang paling penting adalah jangan sampai kamu menunda kegiatanmu tersebut ya.

2. Menyalakan lampu di pagi hari

Salah satu cara agar kamu terhindar dari jadwal tidur yang berantakan adalah kamu harus bangun dan menyalakan lampu. Nyala lampu di pagi hari disinyalir akan membantu kamu untuk lebih siap menjalani hari-hari. Sambil menunggu cahaya masuk, kamu bisa melakukan aktivitas lain di dalam rumah, seperti senam kecil, jalan-jalan, atau memasak.

3. Matikan lampu saat tidur

Mematikan lampu saat tidur akan memudahkan kamu untuk merilekskan tubuh. Kondisi tubuh yang rileks akan menjaga otak kita untuk tidur dengan cepat. Dengan begitu, cahaya tersebut tak akan mengganggu kita dalam beraktivitas. Sehingga bangun tidur pun akan jauh lebih fresh dan nyaman.

4. Olahraga

Yaps, olahraga adalah salah satu cara yang paling ampuh untuk membantu kita tidur lebih nyenyak. Dalam seminggu, seharusnya kamu melakukan aktivitas olahraga sebanyak 150 menit. Dengan rajin melakukan aktivitas olahraga, tubuh kamu akan lebih siap dalam menjalani hari. Tubuh pun akan semakin rileks dan mudah untuk melakukan berbagai kegiatan.

5. Perhatikan makanan yang kamu makan

Dalam mengkonsumsi makanan, kamu harus benar-benar memperhatikan kandungan gizi yang ada di dalamnya. Seian itu, pola tidur yang tidak menentu biasanya juga disebabkan oleh tubuh yang menerima banyak makanan tak sehat.

Makanan yang tidak sehat bisa mengakibatkan tubuh menerima banyak lemak sehingga menambah berat badan. Untuk itu, kamu harus benar-benar memperhatikan makanan yang masuk di dalam tubuh kamu.

6. Jangan terlalu lama tidur siang

Tidur siang memang bermanfaat bagi tubuh kita. Namun, jika kamu tidur siang terlalu lama, maka akan sulit untuk menjalani hari. Pola tidur di malam hari pun akan kacau jika kamu tidur siang terlalu lama. Maka kamu harus menghindarinya ya.

7. Jangan konsumsi kafein terlalu banyak

Kandungan kafein yang terlalu banyak kamu konsumsi biasanya akan membuat kamu sulit untuk tidur dengan kualitas baik. Kandungan kafein akan lebih baik dikonsumsi di pagi hari, sehingga tidak mengganggu pola tidurmu.

8. Jangan ubah pola bangun tidur

Jika kamu mendapatkan jadwal lembur di kantor, jangan sampai bikin kamu bangun kesiangan ya. Kamu harus tetap terpacu pada jadwal dan kebiasaan yang kita lakukan sehari-hari. Jika kamu mengubah kebiasaan tersebut, dikhawatirkan akan mengganggu jadwal kegiatanmu tersebut.

9. Gunakan kasur yang nyaman

Untuk memudahkan kamu tidur lebih berkualitas, kamu bisa menggunakan kasur yang sangat nyaman dan lembut. Kasur merupakan salah satu properti wajib yang harus dimiliki agar tubuh lebih siap menjalani hari-hari.

Kasur yang nyaman akan membuat tubuh rileks dalam tidur. Sehingga tidur pun akan jauh lebih berkualitas. Namun, memilih kasur yang nyaman harus diperhatikan dengan baik ya. Kamu tidak bisa seenaknya sendiri.

Salah satu kasur nyaman berkualitas akan kamu dapatkan di KANA. KANA menyediakan berbagai macam kasur yang nyaman dilengkapi dengan bed yang terdiri dari berbagai macam model terbaik, antara lain: Frankfurt bed, Fremont bed, Valbard bed, hingga Palmetto bed. Beberapa tipe kasur tersebut bisa kamu sesuaikan dengan kondisimu sekarang ya. Oh iya, kasur-kasur dari KANA ini dibanderol mulai harga Rp 4 jutaan hingga Rp 12 jutaan lho. Jadi bisa kamu sesuaikan dengan dompetmu.

Untuk masalah pembayaran, tak perlu khawatir. Kamu bisa menggunakan ATOME yang menyediakan kemudahan dalam bertransaksi. Kamu tak perlu lagi tuh bikin kartu kredit yang super rumit. Hanya dengan ATOME, kamu bisa melakukan cicilan dengan mudah mulai dari tiga atau 6 bulan. Jadi bisa disesuaikan dengan kebutuhan sehari-harimu. Happy shopping!