Blog

Tips Memilih Dres Formal Elegan, Auto Jadi Pusat Perhatian

Jan 17 2022

Apakah kamu tipe wanita yang suka bingung mau pakai dress apa saat mau menghadiri acara – acara formal? Yap, rasa bingung dan resah seringkali menghampiri karena takut salah pilih dress. Apalagi gebetan juga turut hadir di acara itu, tambah makin bingung deh! Tenang, kali ini kami akan membagikan tips memilih dress formal yang elegan, biar kamu auto jadi pusat perhatian gebetan! Wow, ada tips apa saja?

1. Pilih Warna Elegan

Tips pertama dalam memilih dress formal tentu saja memilih warna yang terlihat elegan. Wah, memangnya warna apa saja yang dibilang elegan? Menurut ilmu psikologi, elegan identik dengan hitam. Sehingga kamu dapat memilih warna hitam sebagai pilihan utama. Selain itu, hitam juga bisa melambangkan kemakmuran dan independen.

Selain hitam, kamu juga dapat mengenakan dress berwarna putih. Karena psikologi warna putih berkaitan dengan rasa tenang, bebas, minimalis, dan terbuka. Sehingga sangat cocok untuk kamu yang ingin tampil mencolok saat acara formal.

Jangan lupa, merah juga bisa dikatakan sebagai warna elegan. Karena secara psikologi, merah melambangkan energi, gairah, kekuatan, ketegasan, hingga konsisten. Maka tidak jarang pula kita temui pengguna dress warna merah tua dalam acara – acara formal seperti pesta pernikahan, reuni, hingga arisan keluarga.

2. Motif Simpel

Selain memperhatikan warna, kamu juga harus memperhatikan motif yang tepat agar dress terlihat formal dan elegan. Selalu pastikan motif dress-mu simpel dan tidak terlalu ramai. Beberapa pilihan motif simpel adalah pinstripe yang tipis atau floral yang tidak terlalu mencolok.

Namun jika kamu tidak suka dress bermotif, maka jangan ragu untuk memilih dress polos tanpa motif. Hal itu juga menjadi salah satu alternatif untuk tampil elegan. Karena jika kita melihat public figure yang mengenakan dress saat datang ke ajang penghargaan, mereka banyak yang memilih mengenakan dress tanpa motif, dan tetap terlihat elegan kok.

3. Sesuai Bentuk Tubuh

Di daftar ketiga, jangan lupa untuk menyesuaikan dress-mu dengan bentuk tubuh. Jika kamu memiliki postur tubuh pendek, pilih maxi dress yang identik tanpa lengan dan berbentuk siluet alfabet A dengan panjang sebatas mata kaki. Namun jika kamu memiliki bentuk tubuh tinggi dan kurus, maka pilihlah dress yang menonjolkan dada, pinggul, pinggang, dan bahu.

Kemudian untuk tubuh berisi, sebaiknya pilih dress panjang dan tidak ketat, agar tubuh terlihat lebih jenjang dan ramping. Terakhir, jika tubuhmu proporsional, maka banyak pilihan dress menarik seperti midi, off-shoulder, one shoulder, hingga mermaid dress.

4. Desain Kekinian

Setelah memilih warna, motif, dan juga dress yang sesuai dengan ukuran tubuh, maka kali ini kamu harus memperhatikan desain dress yang ingin dibeli. Pilih desain kekinian biar tidak dibilang kudet. Memangnya seperti apa desain dress yang kekinian itu?

Pilih dress dengan kain bahan poliester, karena tahan lama, tidak mudah berkerut, hidrofobik, ringan, dan dapat menahan panas tubuh. Sehingga banyak sekali pakaian dan dress kekinian yang menggunakan poliester. Selain itu, perhatikan juga jenis dress-nya dan pilih yang lagi hitdan elegan seperti maxi, midi, off-shoulder, one-shoulder, mermaid, kaftan, lace, hingga pencil dress.

5. Pilihan Neckline

Saat memilih dress, jangan sembarangan memilih neckline. Karena jika salah pilih, maka dapat membuat penampilanmu kurang elegan. Lalu jenis neckline apa yang cocok untuk acara formal? Kami telah merangkumnya dalam 3 jenis, yaitu:

  • Boat Neck

Neckline ini disebut juga sebagai jenis Sabrina. Ciri – cirinya adalah terdapat potongan horizontal yang menghubungkan dua titik bahu. Jenis ini cukup terkenal dan diminati karena terlihat elegan dan sangat cocok untuk acara formal. Artis yang sering mengenakan dress boat neck yaitu Meghan Markle, Kate Hudson, dan Taylor Swift.

  • Square Neck

Jika melihat dress dengan model square neck, maka kita akan merasakan sensasi vintage. Karena neckline jenis ini dipotong setengah kotak sehingga menampakkan leher hingga dada. Model neckline jenis ini sempat booming di era 90an dan masih terlihat elegan hingga sekarang.

  • V-Neck

Rasanya neckline jenis ini yang paling populer dibandingkan dua jenis di atas. Neckline jenis ini sangat diminati karena membuat leher menjadi lebih jenjang, cocok untuk segala bentuk wajah, serta terlihat sangat anggun. Banyak sekali merek dress terkenal seperti Clarini yang menawarkan dress dengan v-neck elegan.

6. Kombinasikan Dengan Aksesori Sesuai

Tidak lengkap rasanya mengenakan dress jika tidak dikombinasikan dengan aksesori yang tepat. Maka kamu wajib mengetahui aksesori seperti apa sih yang cocok dikombinasikan dengan dress? Yuk kita kulik lebih dalam.

Aksesori pertama yang wajib kamu miliki adalah kalung yang didesain minimalis namun tetap terlihat glamor. Selain itu, aksesori penting lainnya yaitu gelang, anting, tas kecil, sabuk, hingga jam tangan.

Selain itu, sepatu juga menjadi aksesori yang sangat penting untuk penampilan kamu. Beberapa pilihan sepatu elegan adalah high heels, flat shoes, dan wedges. Apapun pilihan aksesorinya, jangan lupa untuk menyelaraskan warnanya dengan dress, dan jangan menyerah untuk selalu memadupadankan. Selamat mencoba ya!

Kalau kamu mau mencoba dress formal elegan dengan harga terjangkau, kunjungi Clarini di www.clarini.co selagi ada promo January Special Deals dari Atome mulai tanggal 1 hingga 31 Januari 2022! Kamu akan mendapatkan potongan Rp 50.000 dengan minimal transaksi senilai Rp 300.000, sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku ya. Kapan lagi bisa belanja dress elegan sambil berhemat Rp 50.000? Raih kesempatannya sekarang juga ya!

Main keywords of the article: