Blog

Tips memilih kacamata yang cocok berdasarkan bentuk wajah

Feb 15 2022

Tren perkembangan fashion semakin hari semakin menunjukkan perkembangan yang cukup drastis dan terus meningkat. Salah satunbarang fashion yang terus mengalami perubahan itu adalah kacamata.

Sekarang kacamata bukan hanya untuk membaca saja, melainkan menjadi salah satu pelengkap outfit harian kamu. Serunya lagi warna yang tersedia di pasaran membuat kamu sangat mudah untuk melakukan mix and match dengan outfit yang kamu kenakan. Jenis dan bentuk kacamata yang beredar di pasaran pun beragam, yang biasanya disesuaikan dengan bentuk dari wajah para penggunanya.

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas tentang tips pemilihan kacamata yang cocok berdasarkan wajah kamu. Yuk, ikuti artikel ini sampai habis ya!

Cara Memilih Kacamata

Zaman sekarang ini, kacamata, baik itu kacamata hitam ataupun kacamata baca sudah tersedia di berbagai pilihan toko kacamata, bahkan ada pula yang menjajakannya di pinggir jalan. Mereka menjajakan mulai dari kacamata anak hingga kacamata baca yang sering digunakan oleh orang dewasa. Akan tetapi perlu diingat, mata manusia memiliki frekuensi presbiopi yang berbeda – beda, jadi kamu tidak bisa asal memilih kacamata, karena nanti malah akan berdampak pada kesehatan mata kamu!

Kacamata baca memiliki patokan frekuensi yang biasa disebut presbyopia power. Kekuatan tersebut berbeda – beda, biasanya tergantung dari usia si penggunanya. Berikut adalah kekuatan kacamata baca berdasarkan usianya:

  • 40 sampai 45 tahun: +1,0
  • 45 sampai 50 tahun: +1,5
  • 50 sampai 55 tahun: +2,0
  • 55 sampai 60 tahun: +2,5
  • 60 sampai 65 tahun: +3,0
  • 65 tahun ke atas: +3,50
  • 70 tahun ke atas: +4,0
  • 75 tahun ke atas: +4,5

Bahan Pada Frame Kacamata

Kamu harus memastikan bahan yang digunakan pada frame kacamata tidak terlalu berat dan juga tidak terlalu tipis. Apabila terlalu berat, kacamata tersebut pasti akan terus turun dari posisi sebelumnya, sedangkan jika bahan pada frame terlalu tipis, sangat mungkin terjadi permasalahan kacamata tersebut sering bengkok, dan itu akan membuat kamu sering keluar masuk toko kacamata untuk membetulkan posisi kacamata tersebut.

Bahan yang ditawarkan untuk frame kacamata sangat beragam, mulai dari titanium, hingga ada yang terbuat dari cangkang penyu. Titanium murni menghasilkan struktur kacamata yang terasa ringan, namun memiliki kekuatan yang kuat. Kemudian ada juga titanium alloy yang memiliki struktur elastis dan memiliki durabilitas yang tahan lama. Selanjutnya ada nikel alloy, bahan yang paling sering dijumpai dan biasanya digunakan oleh semua kalangan masyarakat karena memiliki harga yang cukup terjangkau.

Sesuaikan Kacamata Berdasarkan Bentuk Wajah

Beberapa frame memiliki bentuk yang berbeda – beda. Oleh karena itu, kamu sebaiknya cermat dalam memilih frame kacamata yang menurut kamu paling pas dengan bentuk wajah kamu ya.

  • Wajah Bulat

Bentuk wajah bulat memiliki ciri tulang pipi yang kurang menonjol. Jika wajah kamu termasuk dalam kategori wajah yang bulat, gunakan kacamata dengan frame kotak atau dengan ukuran yang sedikit lebih besar. Hal ini akan berdampak pada kesan wajah yang lebih memanjang dan terlihat lebih proporsional.

  • Wajah Kotak

Pemilik wajah kotak biasanya memiliki garis rahang yang tegas dan besar. Sebaiknya pemilik wajah ini menghindari pemilihan kacamata yang berbentuk kotak juga. Frame oval adalah pilihan yang cocok untuk pemilik wajah model ini, karena membuat garis wajah lebih tersamarkan atau memberikan efek lengkungan pada wajah.

  • Wajah Tirus

Wajah tirus identik dengan pipi yang sedikit menjorok ke dalam sehingga bagian wajah bawah lebih kecil dibandingkan bagian atasnya. Jika kamu memiliki kontur wajah seperti ini, kamu bisa menggunakan kacamata model semi-rimless. Ciri – ciri kacamata model semi-rimless adalah memiliki bingkai pada sisi atas lensa namun tidak memiliki bingkai pada bagian bawah lensa.

  • Wajah oval

Wajah jenis ini sangat mudah untuk melakukan mix and match jenis kacamata model apapun. Bentuk kacamata mulai dari kotak hingga artistik cenderung aman untuk kamu gunakan.

Sesuaikan Jenis Lensa Dengan Kebutuhan Mata

Bisa tidak ya, memakai kacamata minus tapi tetap terlihat keren? Tentu saja bisa! Saat ini lensa untuk kacamata tersedia bermacam – macam jenisnya. Jika kamu ingin terlihat keren, maka pilihan yang tepat untuk lensanya adalah lensa photocromic atau biasa juga disebut dengan lensa anti radiasi. Model lensa ini bisa transisi ke warna yang lebih gelap. Biasanya waktu yang dibutuhkan untuk transisi tersebut berkisar antara 30 detik hingga 1 menit ketika berada di luar ruangan ataupun jika lensa terkena cahaya matahari secara langsung.

Jika kamu kembali ke dalam ruangan, maka warna dari lensa tersebut akan berubah kembali seperti semula. Warna dari lensa tersebut tidak melulu gelap saja lho. Bisa disesuaikan dengan karakter dari kamu sendiri, seperti transisi ke warna hitam atau abu – abu. Sementara itu, jika kamu ingin tampilan yang modis dan keren, kamu bisa menggunakan warna gradasi seperti hjau grafit, biru, ungu, hingga cokelat bata. Keren banget ‘kan?

Untuk mengetahui tingkat transisi dari lensa tersebut, biasanya hal ini akan tertera saat kamu membelinya di toko kacamata. Semakin tinggi angka persentasenya, maka akan semakin rendah pula kemampuan dalam menangkal sinar ultraviolet, atau yang biasa disingkat dengan sinar UV. Contoh lensa yang kamu beli di toko kacamata menunjukkan angka 30% – 50%, yang artinya sinar matahari yang dapat menembus masuk melewati lensa photocromic hanya dapat terserap di angka 30% – 50% saja. Berbeda dengan lensa konvensional yang yang dapat menyerap sinar matahari hingga 80% – 100%.

Kacamata Dengan Model Yang Hype

Kacamata model yang hype ini biasanya digunakan saat kamu ingin hangout atau having fun bersama teman – teman. Model yang digunakan pun sangat beragam, mulai dari model eyecat yang memiliki bentuk seperti lekukan mata kucing yang di setiap ujungnya meruncing, kemudian ada jenis desain vintage seperti era 50 hingga 70an yang terlihat tebal pada frame-nya, dan ada juga desain yang sering digunakan oleh para polisi di negeri Paman Sam, dan masih banyak lagi yang lainnya. Semua model kacamata tersebut sebaiknya disesuaikan dengan referensi bentuk wajah kamu, model seperti apa yang paling cocok untuk kamu gunakan, agar kepercayaan diri makin meningkat.

Bagi kamu yang ingin menambah koleksi kacamata yang modis dan keren, kamu bisa mengunjungi https://sonderlab.co/collections/mens-eyewear untuk bisa mendapatkan koleksi kacamata pria keren dari SONDERLAB yang kamu inginkan. Jangan lupa download aplikasi Atome di Google PlayStore dan Apple Appstore untuk bisa menikmati belanja sekarang bayar nanti dengan cicilan 0% dengan waktu 3 atau 6 bulan, karena kamu sudah bisa mempergunakan Atome sebagai metode pembayaran di SONDERLAB. Tunggu apalagi?

Oh ya, kamu suka bingung mengatur keuangan dalam keluarga? Atau pernah berantem hanya karena keuangan dalam rumah tangga? Jadi siapa sih yang seharusnya mengatur keuangan dalam sebuah keluarga itu? Temukan jawabannya pada diskusi kolaborasi “Kamu dan Aku, Sama-Sama Atur Keuangan” dari PT Atome Finance Indonesia, @uang_kita, @shestarts.id , dan @indonesiafinancesociety di tanggal 18 Februari 2022 pada pukul 18.30 malam. Dijamin kamu akan mendapatkan tips menarik seputar pengelolaan keuangan dalam keluarga yang akan disampaikan oleh Bareyn Mochadin, salah satu Financial Planner dari @uang_kita, bersama Adya Kirana dan suami, untuk sharing mengenai cerita sukses mereka dalam me-manage keuangan dalam keluarga mereka. Acara ini juga akan diisi oleh Ibu Meri Ui yang merupakan Direktur Utama PT Atome Finance Indonesia. Jangan sampai ketinggalan ya! Daftarkan diri kamu sekarang melalui link berikut, https://bit.ly/AtomeWebinar.

Main keywords of the article: