Tips Mengatur Keuangan

oleh rwt

Oct 02 2023

Hai Atomees!

Kamu masih bingung gimana cara mengatur pendapatan dan keuangan mu? Hal yang perlu kamu sadari diawal ialah bahwa cara mengelola keuangan setiap orang tentu akan berbeda. Beberapa langkah dalam cara mengelola keuangan berikut bisa kamu ikuti sebagai sebuah landasan awal yang bisa kamu sesuaikan dengan kepribadian, kebutuhan, dan gaya hidup mu.

Meskipun bukan urusan yang mudah, mengatur keuangan tentu harus kamu lakukan sedini mungkin terutama diusia produktif agar tabungan terus bertambah dan mandiri dalam finansial. Berikut tipsnya:

Buat Anggaran Keuangan

Mulailah membuat anggaran bulanan yang rinci. Identifikasi semua sumber pendapatan dan pengeluaran yang kamu miliki. Akan lebih baik jika kamu bisa memisahkan pengeluaran menjadi beberapa kategori seperti kebutuhan dasar ( makanan, tempat tinggal, transportasi dan utang ), tabungan dan hiburan. Pastikan bahwa pendapatan kamu cukup untuk menutup semua pengeluaran ini.

Prioritaskan Tabungan

Sisihkan sebagian pendapatan kamu untuk menabung sebelum mempertimbangkan pengeluaran lainnya. Akan lebih baik jika kamu dapat menentukan tujuan tabungan yang jelas seperti dana darurat, dana pensiun, dana pendidikan dan tabungan tujuan jangka pendek.

Hindari Utang yang Tidak Perlu

Pertimbangkan dengan baik sebelum kamu mengambil utang. Usahakan mengambil utang hanya untuk kebutuhan yang benar-benar diperlukan atau untuk investasi ke hal produktif yang bisa menghasilkan kembali uang yang lebih tinggi daripada bunga dari utang yang kamu ambil.

Edukasi Keuangan

Banyak membaca dan belajar lebih lanjut mengenai literasi keuangan dan investasi. Dengan banyaknya informasi yang didapat tentang keuangan akan membantu kamu lebih mudah dalam membuat keputusan yang baik dalam mengelola uang.

Yuk mulai terapkan cara mengelola keuangan yang tepat, agar kondisi keuangan bisa menjadi lebih baik dan stabil.

PT Mega Shopintar Indonesia bekerja sama dengan PT Atome Finance Indonesia yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Main keywords of the article:

Diskon hingga 10% untuk transaksi pertama
Copyright 2023 Atome. All rights reserved.
PT Mega Shopintar Indonesia
District 8 Treasury Tower 53rd floor Unit D Sudirman Lot 28
Jl. Jenderal Sudirman Kav. 52 – 54
Senayan Kebayoran Baru Jakarta Selatan 12190
PT Mega Shopintar Indonesia bekerjasama dengan PT Atome Finance Indonesia, yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

Layanan Pengaduan Konsumen
PT Mega Shopintar Indonesia
Email: support@atome.id

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga
Kementerian Perdagangan Republik Indonesia
Whatsapp Ditjen PKTN: 0853 1111 1010