Blog

5 cara menetapkan tujuan pribadi secara realistis

Sep 12 2022

Apakah tujuan hidupmu? Apa saja yang akan kamu lakukan untuk mencapai tujuanmu itu? Bagaimana jika kamu belum berhasil mencapai tujuan tersebut? Bagi sebagian orang, pertanyaan – pertanyaan itu bisa dijawab dengan mudah. Namun, ada pula yang menganggapnya sebagai pertanyaan sulit dan bahkan absurd. Padahal, seseorang perlu mengetahui tujuan hidupnya agar bisa menjalani kehidupan secara terarah. Dengan menetapkan tujuan hidup yang jelas, seseorang juga bisa lebih mudah dalam mencapai kesuksesan. Lantas, bagaimanakah cara menetapkan tujuan hidup secara realistis? Simak pembahasannya berikut ini.

Manfaat Pentingnya Menetapkan Tujuan Pribadi

Menetapkan tujuan hidup bukan sekadar tips motivasional menuju kesuksesan. Namun, dalam prosesnya juga membantumu mengenal diri sendiri dan mengetahui apa yang benar – benar kamu inginkan. Kamu bisa lebih memahami value hidupmu dan memberikan batasan pada hal – hal yang tidak sesuai dengan prinsipmu. Selain itu, ternyata masih banyak manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dengan menetapkan tujuan hidup sekarang juga, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Memberi Kejelasan Pada Visi Jangka Panjang

Ketika seseorang hidup tanpa tujuan, ia akan menjalani kehidupan sekadarnya atau bahkan bingung harus melakukan apa ke depannya. Hal ini bukan hanya menjadikan hidup stagnan, tapi lambat laun menurunkan kualitas hidup. Karena itulah, butuh visi tujuan hidup yang mendorongmu melakukan sesuatu. Dari situlah, kamu bisa menentukan visi jangka panjang beserta rencana – rencana jangka pendek untuk mencapainya. 

2. Mendorongmu Untuk Terus Maju

Saat seseorang memiliki tujuan hidup, tentu ia berharap hal itu bukan sekadar angan – angan belaka. Ia akan terus berusaha mewujudkan tujuan hidupnya, dimulai dari langkah kecil yang dilakukan secara rutin. Entah tujuan besarnya tercapai atau tidak, dalam prosesnya telah mendorong orang tersebut untuk selalu bergerak maju. Ia bisa lebih optimis menghadapi hidup dan tidak bermalas – malasan.

3. Membuatmu Lebih Fokus Dalam Menjalani Kehidupan

Banyak orang kewalahan dalam menjalani kehidupannya, karena merasa ada banyak keinginan yang harus dicapai. Namun, dengan memiliki tujuan hidup yang jelas, kamu bisa lebih fokus melakukan hal – hal tertentu yang bisa mendekatkanmu dalam mencapai tujuan. Selain menghindarkanmu dari hal – hal yang tak berguna, kamu pun bisa mengurangi tingkat kecemasan akibat banyaknya tuntutan.

4. Meningkatkan Rasa Tanggung Jawab

Secara tidak langsung, orang yang menetapkan tujuan hidup telah memiliki janji terhadap diri sendiri untuk mencapai tujuannya. Karena itulah, ia akan meningkatkan rasa tanggung jawab pada diri sendiri untuk mewujudkan tujuannya, seolah – olah ada utang yang harus dibayar. Ia akan berusaha keras memperbaiki diri serta menghindari hal – hal tidak berguna yang bisa menjauhkannya dari tujuannya sendiri.

5. Memotivasi Diri Melakukan Yang Terbaik

Tidak hanya menjadikan hidup lebih teratur dan terarah. Tujuan hidup juga bisa mendorongmu berusaha keras melakukan yang terbaik dan mengerahkan seluruh kemampuan secara maksimal. Bukan semata – mata untuk mencapai tujuan, tapi sebagai upaya meningkatkan kualitas diri agar lebih baik dari waktu ke waktu. Sebab, tujuan hidup membuatmu lebih tertantang untuk maju dan keluar dari zona nyaman.

Cara Menetapkan Tujuan Pribadi Secara Realistis

Tiap orang tentu memiliki tujuan hidup yang berbeda – beda. Karena itu, salah satu langkah penting dalam menetapkan tujuan pribadi yaitu memahami diri sendiri. Kamu boleh terinspirasi tujuan hidup orang lain, tapi tetap miliki tujuan tersendiri sesuai value hidupmu. Berikut lima tips yang bisa membantumu menetapkan tujuan hidup secara lebih mudah dan realistis. 

1. Tentukan Gambaran Besar Yang Ingin Kamu Capai

Sebelum menentukan tujuan hidup secara spesifik, mulai dari menentukan apa yang menjadi visi besarmu dalam jangka panjang. Yakni gambaran besar tentang arah yang ingin kamu tuju ke depannya. Pastikan kamu tidak asal – asalan dalam menentukannya. Perhatikan juga prinsip hidup dan konsep diri yang kamu pegang.

Jika kesulitan merumuskannya, coba bayangkan keadaan paling ideal yang paling kamu harapkan dalam hidupmu. Contohnya, kamu ingin menjadi orang kaya raya, menjadi seorang profesional di bidang tertentu, atau menjadi orang yang bermanfaat. Sebutkan saja hal – hal umum yang paling kamu inginkan beserta alasannya. Hal ini penting untuk memastikan keinginan besarmu tersebut benar-benar murni keinginanmu, bukan sekadar ikut – ikutan tren atau terpengaruh orang lain.

2. Tetapkan Tujuan Dengan Metode SMART

Setelah mengetahui gambaran besar dari sesuatu yang kamu inginkan dalam hidup, sekarang tetapkan tujuan hidup secara lebih spesifik. Gunakan metode SMART untuk memudahkanmu dalam menetapkan tujuan hidup, yaitu:

  • S (Specific). Buatlah tujuan hidup secara spesifik, sehingga memudahkanmu dalam menentukan strategi untuk meraihnya. Contohnya, memiliki tujuan hidup menjadi “orang bermanfaat” masih terdengar terlalu umum. Coba lebih spesifik dengan menetapkan “bermanfaat dalam bidang apa, untuk siapa,” dan sejenisnya.
  • M (Measurable). Pastikan juga tujuan hidupmu memiliki tingkat keberhasilan yang bisa diukur. Contohnya, tujuan hidup ingin menjadi pengusaha sukses. Sekarang coba lebih spesifik dengan ukuran kesuksesan tersebut. Misalnya, menjadi pengusaha yang meraih nominal keuntungan sekian, bisa membuka cabang di luar kota, bisa memenangkan kompetisi bisnis, dan lain sebagainya.
  • A (Achievable). Hal ini juga tak kalah penting. Itulah mengapa di awal tadi disebutkan jangan asal – asalan dalam menentukan tujuan hidup. Pastikan tujuan hidupmu realistis dan bisa kamu capai dengan segala daya yang kamu miliki dan usahakan.            
  • R (Relevant). Artinya, tujuan hidupmu harus relevan dengan gambaran besar yang menjadi visi hidupmu. Jangan sampai tujuan hidupmu melenceng dari visi tersebut.
  • T (Time Based). Kamu juga perlu menentukan tenggat waktu tersendiri untuk mencapai tujuan hidupmu, sehingga kamu lebih fokus dan bersemangat mewujudkannya.  Misalnya, kamu ingin lulus program magister dalam waktu 2 tahun ke depan. Jadi, jangan hanya menyebut “ingin lulus”. Tapi tentukan juga tenggat waktu kapan kamu harus lulus tersebut.

3. Tulis Dan Komunikasikan Pada Orang Tepercaya

Agar kamu terus – terusan ingat apa yang menjadi tujuan hidupmu, coba tuliskan tujuan tersebut di jurnal atau buku catatan pribadimu. Sering – seringlah melihat catatan tersebut dan tulis progress apa saja yang telah kamu lakukan agar semakin optimis mewujudkannya. Kamu juga bisa bercerita dan mendiskusikannya dengan orang yang kamu percaya. Barangkali dia bisa memberi masukan atau rajin mengingatkan agar tak lengah dalam mencapai tujuan.

4. Buat Strategi Jangka Pendek

Meskipun kamu telah menggunakan metode SMART untuk merumuskan tujuan hidup, hal itu masih begitu mengambang untuk dicapai. Contohnya, tujuan menjadi pengusaha sukses yang bisa mendapatkan kenaikan royalti 100% dalam waktu satu tahun ke depan. Sebagian orang masih bingung bagaimana mewujudkannya. Karena itulah, lakukan strategi – strategi jangka pendek yang bisa mendekatkanmu meraih tujuan tadi. Misalnya, buat rencana merekrut reseller baru, menciptakan varian produk baru yang menarik, dan lain lainnya.

5. Tetap Teguh Menghadapi Tantangan

Setelah menyusun strategi jangka pendek untuk mencapai tujuan hidup yang telah dibuat, pastikan kamu konsisten menjalankannya. Teruslah berusaha untuk meningkatkan kemampuan dan analisa hasilnya. Jika masih belum berhasil mewujudkannya, jangan pernah menyerah untuk terus mencoba dan berusaha. Nikmati prosesnya sebagai tantangan dan kesempatan bagi kamu untuk bisa terus bertumbuh. 

Dapatkan tips mencapai tujuan pribadi secara lebih mendalam dari buku – buku self improvement yang dijual di Gramedia. Langsung kunjungi gerai terdekatnya atau belanja secara online di website resminya. Gunakan metode pembayaran Atome untuk mendapatkan fasilitas cicilan 0% tanpa tambahan DP dan biaya admin. Tak perlu mengeluarkan total belanja sekaligus, karena cukup mencicilnya selama 1 hingga 12 bulan. Untungnya lagi, kamu kesempatan menikmati voucher diskon eksklusif dan berbagai promo spesial lainnya yang bikin belanjamu semakin hemat. Makanya, download dan pakai Atome sekarang juga untuk berbelanja lebih praktis di 6.500 lebih merchant offline dan online.

Nikmati promo Exclusive Deals yang diselenggarakan Atome di bulan September 2022 ini. Mulai dari tanggal 1 hingga 30 September 2022 ini, kamu berkesempatan untuk mendapatkan potongan menarik di setiap pembelian di brand yang bekerjasama, seperti Kate Spade, Bonia, dan EA7 Emporio Armani.

Dan ada satu lagi promo menarik dari Atome, yaitu promo 9.9 Day, yaitu dari tanggal 9 hingga 11 September 2022 ini. Promo ini berlaku di selected merchant, dengan ketentuan sebagai berikut, potongan 10% maksimal Rp90.000 dengan minimal transaksi senilai Rp100.000 untuk pengguna baru Atome, dan potongan Rp 90.000 dengan transaksi minimal sebesar Rp1.000.000 untuk pengguna setia Atome. Promo ini tentunya dengan Syarat dan Ketentuan berlaku yang bisa kamu cari tahu informasi lengkapnya di Instagram Atome Indonesia. Segera manfaatkan promo menarik ini dan jangan sampai ketinggalan!

Main keywords of the article: