Blog

7 kebiasaan orang sukses yang wajib ditiru dan dipelajari

Sep 12 2022

Siapa sih yang tidak ingin sukses dalam karir dan kehidupan pribadi? Semalas – malasnya seseorang, dalam hati kecilnya pasti ingin menjadi sukses dan memperbaiki hidup lebih baik lagi. Tapi, bagaimana caranya? Sebuah kesuksesan rasanya sulit tergapai, terutama tanpa adanya privilege yang mendukung. Eits, kamu jangan berkecil hati dan pesimis seperti itu! Karena pada kenyataannya siapapun bisa sukses mewujudkan impiannya, asalkan terus berusaha dan memprioritaskan mimpinya tersebut.

Belajar dari kisah orang – orang sukses, tentu kamu tahu kalau mereka bukanlah orang – orang pasif yang hanya berdiam diri menunggu keajaiban. Mereka selalu rajin bekerja, berkarya, dan berlatih meningkatkan kemampuan diri. Mereka juga rutin melakukan kebiasan baik yang mendorongnya menjadi pribadi lebih baik dari waktu ke waktu. Jadi penasaran dengankebiasaan baik apa saja yang selalu dilakukan orang – orang sukses? Simak pembahasannya berikut ini.

Manfaat Penting Mengatur Rutinitas Sehari – Hari

Memiliki rutinitas harian sangat bermanfaat untuk menjadikan hidup lebih teratur. Sehingga memudahkanmu dalam menghadapi berbagai kegiatan setiap hari, di antaranya: 

1. Memulai Hari Dengan Damai

Dengan memiliki rutinitas, kamu jadi terbiasa mengisi hari dengan tujuan tertentu. Hal ini akan mendatangkan perasaan damai, percaya diri, dan sikap yang positif saat memulai hari. Begitu bangun tidur, kamu tidak akan bingung lagi mau melakukan apa, karena sudah tahu apa yang harus dilakukan terlebih dahulu. Saat jadwal pekerjaan sedang padat pun, kamu tetap bisa merasa tenang dan penuh kesadaran dalam mengerjakannya satu per satu.

2. Menjadikan Pikiran Lebih Fokus

Orang yang telah menentukan rutinitasnya sehari – hari secara teratur bisa lebih fokus dalam menghadapi hari. Sebab, dari awal ia sudah memetakan setiap kegiatannya sekaligus waktu untuk mengerjakannya. Hal ini juga bisa membantumu bekerja tepat waktu dan terhindar dari overworking yang berpengaruh buruk terhadap keseimbangan hidup. 

3. Mengelola Waktu Lebih Efektif

Dengan mengerjakan kebiasaan baik secara rutin, kamu akan terbiasa mengelola waktu lebih efektif sesuai skala prioritas. Kamu bisa menganalisa hal – hal apa saja yang harus dilakukan terlebih dahulu saat itu juga, lalu pekerjaan mana yang bisa dikerjakan terakhir. Semua sudah terjadwal dengan baik, tinggal mengaplikasikannya sesuai kondisi.  

4. Membantumu Lebih Produktif

Ada kalanya seseorang bingung harus melakukan apa lagi untuk mengisi hari. Ada pula yang merasa kewalahan saking banyaknya kesibukan yang harus dilakoninya setiap hari. Padahal, sibuk belum tentu produktif. Di sinilah perlunya membangun kebiasaan rutin yang terjawal dengan baik. Sehingga diri lebih terpacu melakukan hal – hal yang produktif dengan tetap memperhatikan waktu.

5. Meningkatkan Mood Baik

Memulai hari dengan damai, jawal kegiatan teratur dan terfokus, serta pengelolaan waktu yang efektif pada akhirnya membantu meningkatkan mood baik. Kamu bisa merasa antusias menyambut hari, semangat mengerjakan kegiatan harian, dan menutup hari dengan perasaan lega. Tidur pun terasa lebih berkualitas.

Kebiasaan Baik Orang Sukses Yang Perlu Ditiru

Kira – kira kebiasaan baik orang sukses seperti apa saja yang bisa mendorongmu sukses? Sebenarnya tak ada ketentuan khusus, karena setiap orang punya preferensi berbeda – beda. Sebagai tips, lakukan tujuh kebiasaan orang sukses yang terbukti membantu diri berkembang lebih baik berikut ini.

1. Bangun Tidur Lebih Awal

Bangun pagi adalah hal pertama yang harus kamu jadikan kebiasaan rutin. Bahkan, lebih baik lagi jika bisa bangun tidur lebih awal dari orang kebanyakan. Hindari bangun kesiangan, saat matahari tinggi dan orang – orang telah bersiap berangkat kerja. Bangun pagi bisa membantumu menyiapkan hari lebih awal, sehingga terhindar dari kebiasaan terlambat atau melakukan sesuatu dengan terburu – buru. Udara di pagi hari yang lebih sejuk juga bisa menjadikan pikiranmu lebih tenang dan bersemangat menghadapi hari. Banyak orang sukses yang memiliki kebiasan bangun pagi. Mulai dari Barack Obama, Jack Dorsey, Larry Schultz, Ursula Burns, dan masih banyak lagi yang lainnya.

2. Olahraga 

Setelah berhasil bangun pagi, lakukan olahraga ringan untuk melatih fisik agar lebih bugar. Misalnya, dengan berjalan kaki, jogging, skipping, atau latihan yoga. Ingat, olahraga bukanlah kebutuhan olahragawan saja. Semua orang perlu berolahraga rutin untuk menjaga kesehatan tubuh. Dengan berolahraga rutin, kamu bisa menormalkan kadar kolesterol, membakar kalori dalam tubuh, serta menyehatkan jantung, dan juga mengurangi risiko stres. Dengan begitu, kesehatanmu tetap terjaga dan kamu bisa selalu fit mengerjakan berbagai kegiatan untuk mencapai kesuksesan. Beberapa orang sukses yang terbiasa olahraga pagi secara rutin, antara lain: Bob Iger, Michelle Obama, dan Howard Schultz.

3. Membuat To Do List Harian

Salah satu kunci melakukan kegiatan sehari – hari secara produktif yaitu dengan merancang to do list setiap hari. Tulis daftar kegiatan apa saja yang perlu kamu lakukan dalam sehari, sehingga nantinya tidak bingung atau justru keteteran mengatur waktu. Tentukan juga skala prioritas dari masing – masing to do list tersebut, dari yang paling urgent, hingga yang sekadar  pengisi waktu luang. Kamu bisa menulisnya setiap malam hari sebelum tidur sambil mengevaluasi kegiatan hari itu. Pagi harinya, cek kembali to do list harian yang telah kamu buat dan lakukan sesuai perencanaan.

4. Jalankan Hobi

Di samping bekerja keras mewujudkan impian, jangan lupa juga untuk merilekskan diri dengan menjalankan hobi. Lakukan kegemaran yang bisa membantumu menghilangkan penat dan meningkatkan mood baik. Tak harus mahir melakukannya bak profesional. Yang terpenting, dengan menjalankan hobi tersebut, kamu bisa merasa lebih tenang dan energi terkumpul kembali. Contohnya, Kate Middleton yang hobi mewarnai, Meryl Streep yang mempunya hobi merajut, hingga Marissa Mayer yang hobi membuat kue. 

5. Bersosialisasi  

Jangan biarkan dirimu terkungkung sendirian selama seharian penuh. Apalagi sampai berhari – hari dan berminggu – minggu. Buka diri dengan aktif bersosialisasi secara positif. Bangun relasi yang baik, mulai dari keluarga, teman lama, rekan kerja, hingga orang yang baru dikenal. Sehingga kamu bisa berbagi pengetahuan, pengalaman, dan bahkan mencurahkan keluh kesah setiap hari. Selain meningkatkan keakraban, hubungan sosial yang baik juga bermanfaat membawa banyak peluang. Seperti kerja sama bisnis, tawaran kerja sampingan, hingga project sosial tertentu.             

6. Update Berita Dan Membaca Buku

Orang sukses tak akan pernah berhenti belajar untuk menambah pengetahuan dan kemampuannya. Karena itulah, biasakan beberapa menit dalam hidupmu dengan menambah wawasan setiap harinya. Salah satu caranya yaitu dengan membaca buku dan update berita terbaru. Membaca juga membantumu mengasah kecerdasan otak, serta mendorongmu lebih kritis dan kreatif. Banyak orang sukses yang terbiasa untuk membaca buku setiap hari. Mulai dari Bill Gates, Jeff Bezos, Mark Zuckerberg, Warren Buffet, dan masih banyak lagi tokoh terkenal lainnya yang menjadwalkan waktunya untuk bisa membaca buku di setiap harinya.

7. Meditasi Dan Istirahat Yang Cukup

Setelah seharian aktif melakukan kegiatan yang menghabiskan banyak waktu, tenaga, dan pikiran, seimbangkan dengan istirahat secukupnya. Jangan terlalu memforsir diri hingga lupa waktu tidur. Jaga kesehatan fisik dan mental dengan tidur sesuai kebutuhan. Kamu juga bisa barengi dengan melakukan meditasi untuk merilekskan pikiran, mempertahankan fokus, mengurangi stres, serta mencegah gangguan tidur. Banyak juga orang sukses yang membiasakan diri meditasi, seperti Oprah Winfrey, Jeff Weiner, William Clay Ford, dan yang lainnya.  

Butuh kebiasaan baik yang perlu dilakukan secara rutin untuk mendorong produktivitas dan kesuksesan hidup. Seperti tujuh kebiasaan baik orang sukses di atas. Coba lakukan secara berkala hingga menjadi kebiasaan. Khusus tips keenam, coba lengkapi koleksi bacaan berkualitas dari Gramedia terdekat di kotamu atau belanja secara online di website resminya. Sehingga kamu bisa upgrade pengetahuan dan kemampuan diri yang menunjang kesuksesan. Gunakan metode pembayaran Atome saat berbelanja di Gramedia untuk menikmati fasilitas cicilan 0% tanpa tambahan DP dan biaya admin. Belanja jadi lebih praktis dan menguntungkan, terutama karena adanya kesempatan mendapatkan voucher diskon eksklusif. Download dan pakai Atome sekarang juga untuk merasakan semua keuntungan tersebut.

Ada kabar menarik buat kamu nih! Atome hadir dengan promo Exclusive Deals, dengan periode mulai tanggal 1 hingga 30 September 2022 ini. Kamu berkesempatan mendapatkan promo potongan menarik dari brand – brand keren seperti Pandora, Tumi, dan Calvin Klein Jeans, tentunya sesuai Syarat dan Ketentuan berlaku. Untuk informasi lengkapnya, kamu bisa lihat keterangannya di Instagram Atome Indonesia. Jangan sampai ketinggalan!

Main keywords of the article: