Blog

20 alat tulis kantor atau stationery yang harus kamu punya

Jun 08 2022

Meskipun hampir semua pekerjaan kantor sudah beralih ke komputer, namun penggunaan alat tulis manual tetap diperlukan. Mulai dari peralatan tulis untuk mencatat hasil meeting, box file untuk menyimpan arsip, hingga kertas untuk mencetak dokumen. Karena itulah, lengkapi semua kebutuhan alat tulis kantor (ATK) agar pekerjaan kamu bisa menjadi lebih efektif dan efisien. Jangan hanya mengandalkan komputer atau terus – terusan meminjam stationery milik teman kantor. Lebih baik lengkapi semuanya sendiri agar tidak merepotkan orang lain. Berikut beberapa rekomendasi merek stationery terbaik yang bisa kamu beli sesuai kebutuhan.

1. Pensil Kayu: Faber Castell 2B

Pensil kayu memudahkan kamu ketika membuat rancangan desain atau menggambar mind map suatu project. Faber Castell adalah salah satu merek pensil kayu terbaik yang bisa kamu beli. Pilih jenis pensil 2B yang menghasilkan goresan lebih tajam dan pigmented. Desainnya juga ergonomis dan terasa nyaman ketika dipakai.

2. Pensil Mekanik: Rotring Tikky Mechanical Pencil

Jika lebih nyaman menggunakan pensil mekanik, coba pilih merek Rotring Tikky Mechanical dengan ketebalan isi pensil 0,35 mm. Pensil ini mampu menghasilkan gambar dengan presisi tinggi. Bantalan karet pada pegangannya juga terasa nyaman, terutama untuk menarik garis saat menggambar.

3. Penghapus: Staedtler Rasoplast

Memakai pensil pasti butuh karet penghapus untuk memperbaiki tulisan atau gambar yang keliru. Pilih karet penghapus dari Staedtler yang teksturnya lentur dan kenyal ini. Bahannya terbuat dari karet putih yang bersih dan mampu menghapus coretan pensil tanpa bekas dan minim residu. Sehingga tidak menimbulkan noda kotor pada area kertas.

4. Rautan Pensil: Stabilo Exam Grade Sharpener

Jika menggunakan pensil kayu, tentunya kamu juga membutuhkan rautan untuk mempertajam pensil. Coba gunakan rautan pensil dari merek Stabilo ini. Jenis rautan portabel ini dapat digunakan untuk meraut pensil HB dan 2B. Hasil rautannya tajam dan rapi. Tingkat keamanannya juga terjaga dengan adanya penutup pada bagian mata pisaunya.

5. Bolpoin Pilot Stainless Tip Ball Point Pen BPT-P

Pensil saja tidak cukup. Kamu juga membutuhkan bolpoin untuk kebutuhan mencatat di kantor. Selain hasilnya lebih tajam, penggunaan pulpen untuk mencatat memang lebih nyaman daripada pensil. Gunakan merek bolpoin Pilot yang punya ketebalan hingga 0,7 mm. Cocok untuk kamu yang suka menulis dengan tekanan kuat. Variasi warna tintanya juga beragam, yaitu hitam, biru, dan merah.

6. Correction Tape: Tombow Correction Tape

Correction tape atau tipe-x juga penting untuk melengkapi bolpoin. Kamu bisa menggunakannya untuk mengoreksi tulisan yang salah saat memakai pulpen. Rekomendasi correction tape dari Tombow ini menghadirkan desain ergonomis mudah digenggam. Memiliki panjang pinta hingga 6 m dan lebar pita sekitar 5 mm. Cara menggunakannya mudah, pita tidak mudah kendur, dan hasilnya pun tampak rapi dan cepat kering.

7. Stabilo: Stabilo Boss Highlighter

Buat kamu yang sering bekerja dengan banyak arsip dan buku referensi, tentu membutuhkan highlighter untuk menandai bagian penting dalam dokumen. Penggunaan warna – warni highlighter yang berbeda juga membuatmu lebih bersemangat bekerja. Pilih produk highlighter dari merek Stabilo Boss yang punya banyak varian warna. Tintanya cepat kering dan hasilnya pun tidak mudah luntur.

8. Spidol Warna: Joyko Permanent Marker

Spidol warna juga penting sebagai alternatif pengganti bolpoin warna. Kamu bisa pilih spidol warna dari merek Joyko ini. Bentuknya unik, karena memiliki dua ujung warna yang memiliki fungsi berbeda. Yang satu berupa needle tip untuk menulis dan membuat sketsa. Satunya lagi berupa fine tip untuk mewarnai. Jenis tintanya oil based dan hadir dalam tiga warna, yaitu hitam, merah, dan biru.

9. Spidol Permanen : Montana Permanent Marker MP-12

Untuk menghasilkan goresan spidol dengan tinta yang lebih pekat, pilih Montana Permanent Marker MP-12 ini. Spidol permanen ini dapat diaplikasikan ke berbagai media. Mulai dari kertas, kayu, kain, kaca, kulit, keramik, dan logam. Ada 4 pilihan warna, yaitu hitam, biru, hijau, dan merah. Tinta spidolnya juga cepat kering dan tidak menimbulkan noda di sekitarnya.

10. Spidol Board Marker: Snowman Whiteboard Marker BG-12

White board juga masih sering dipakai untuk presentasi  atau diskusi dengan rekan kerja. Tentu sebagai pasangan papan tulisnya, kamu membutuhkan spidol board marker untuk menulis. Pilih merek Snowman Whiteboard Marker yang menghasilkan coretan tajam dan tidak meninggalkan bekas di papan. Tintanya mudah dihilangkan dan variasi warnanya pun beragam.

11. Kertas HVS:  Paper One

Setiap kantor pasti tidak terlepas dari kegiatan mencetak dokumen. Sebagai rekomendasi, pilih kertas HVS berukuran A4 dan F4. Pilih yang beratnya minimal 70 gram agar tinta yang tercetak tidak tembus ke belakang. Kertas HVS dari Paper One bisa menjadi pilihan tepat untuk mencetak berbagai dokumen atau sekadar mencatat dan menggambar. Permukaan kertasnya bersih dan teksturnya juga halus.

12. Sticky Note: 3M Post-It

Sticky notes sangatlah penting untuk mencatat to do list, menandai bagian penting dalam suatu dokumen, atau sekadar menulis kata – kata motivasi. Pilih sticky notes dari 3M Post-It yang mempunyai daya rekat 2x lebih kuat daripada sticky notes pada umumnya. Ukurannya 7,6 x 7,6 cm dengan variasi warna kertas yang beragam.

13. Buku Catatan: Deli Concise Notebook

Supaya hasil meeting atau ide milikmu tidak hilang, tulis semuanya dalam buku catatan khusus. Pilih notebook dari Deli Concise dengan sampul berbahan kulit sintetis yang elegan ini. Isi kertas di dalamnya sebanyak 120 lembar dengan model kertas bergaris. Tentu memudahkanmu dalam menulis berbagai keperluan. Sampulnya juga dilengkapi kancing magnet, sehingga lebih aman dan terlihat rapi.

14. Stopmap Plastik: Daiichi Business File

Untuk mengorganisir beberapa dokumen berbeda, sebaiknya masukkan masing – masing dokumen pada stopmap khusus. Pilih yang berbahan plastik seperti Daiichi Business Fileini agar kertas dokumen di dalamnya lebih aman dan tidak mudah rusak. Variasi warna yang tersedia juga dapat membantumu dalam mengklasifikasi dokumen.

15. Box File: Bindex Box File  

Setelah mengorganisir dokumen ke stopmap, tempatkan dokumen – dokumen tersebut ke dalam box file ini. Sehingga meja kerjamu tampak lebih rapi dan kamu pun bisa lebih mudah saat mencari dokumen yang dibutuhkan. Bindex Box File ini juga tersedia dalam beberapa pilihan warna yang bisa kamu pilih sesuai selera.

16. Penggaris: Butterfly

Kadang, pekerjaan kantor juga tidak terlepas dari membuat garis lurus, seperti membuat tabel atau grafik. Karena itulah, kamu membutuhkan penggaris untuk memudahkan pembuatan garis yang presisi. Keberadaan penggaris juga memudahkanmu ketika ingin mengukur panjang suatu benda. Penggaris merek Butterfly berukuran 30 cm ini bisa menajdi pilihan terbaik untuk melengkapi alat tulis kantormu.

17. Gunting: Kenko SC-38  

Gunting juga termasuk kebutuhan kantor yang sering terlewat. Padahal, ada saja kebutuhan menggunting sesuatu. Mulai dari menggunting paket, selotip pada kemasan, hingga bungkus makanan. Pilih gunting Kenko SC-38 yang terbuat dari bahan besi kuat, anti-karat dan tidak mudah rusak. Tingkat ketajamannya juga bagus untuk menggunting kertas dan plastik.

18. Stapler: Max Stapler HD-10

Tidak kalah dengan gunting, keberadaan stapler di kantor juga sangat penting, terutama untuk mengorganisir dokumen. Pilih Max Stapler yang terbuat dari stainless steel anti-karat untuk menyatukan kertas 64 gsm hingga 20 lembar. Ukurannya juga kecil, beratnya ringan, dan mudah dipakai.

19. Selotip: Lakban Bening Nachi

Selotip punya banyak kegunaan. Mulai dari merekatkan benda, melindungi permukaan benda tertentu, serta mengemas barang. Siapkan selotip jenis lakban bening dari Nachi ini untuk jaga – jaga kebutuhan di kantor. Daya rekatnya kuat dan warnanya yang transparan tampak lebih rapi ketika diaplikasikan.

20. Lem: UHU Lem Stick

Keberadaan lem seringkali juga diperlukan sebagai alternatif pengganti selotip. Untuk itu, siapkan lem berbentuk stick dari merek UHU yang mudah digunakan ini. Daya rekatnya lumayan tinggi untuk merekatkan sejumlah kertas. Hasilnya juga lebih rapi dan tidak menyebabkan tangan kotor, karena kamu tak harus bersentuhan langsung dengan lem.

Kini tak perlu bingung mencari rekomendasi produk stationery terbaik. Pilih alat tulis kantor dari brand – brand ternama di atas sesuai kebutuhan. Kamu juga tak perlu bingung mencari tahu toko stationery terlengkap. Langsung datang ke outlet Gramedia terdekat dan belanja semua alat tulis kantor yang kamu butuhkan. Atau belanja secara online ke situs resmi Gramedia. Semua koleksinya lengkapdan terjamin orisinal. Kamu juga bisa menggunakan metode pembayaran Atome dan menikmati fasilitas cicilan 0% tanpa DP dan biaya admin. Cukup bayar tagihan sesuai nominal transaksi dengan tenor 1 sampai 12 bulan.  Atome juga sering bekerjasama dengan merchant untuk memberikan voucher diskon eksklusif yang bikin belanjamu semakin menguntungkan. Download Atome sekarang rasakan pengalaman belanja super mudah.

Main keywords of the article: