Blog

Tips Menggambar Tato Di Wajah Simpel Menggunakan Alat Makeup

Aug 26 2021

Berbicara mengenai makeup memang tidak akan pernah ada habisnya. Di beberapa tahun belakangan ini, inovasi makeup dan juga skincare terus dikembangkan. Salah satu tren makeup yang banyak diminati sekarang ini adalah tren tato makeup.

Tato makeup adalah menggambar suatu objek secara simpel di wajah dengan menggunakan peralatan makeup. Baik itu menggunakan eyeliner, pensil alis, eye shadow, lipstick, dan peralatan makeup lainnya. Berbeda dengan tato pada umumnya, tato makeup ini sifatnya temporer atau sementara. Oleh karena itu, banyak yang tertarik untuk menggambar tato di wajah menggunakan alat makeup. Selain menarik, menggambar tato di wajah menggunakan makeup juga memberikan kesan unik dan estetik.

Apakah kamu tertarik untuk menggambar tato di wajahmu menggunakan alat makeup? Yuk, simak tips menggambar tato di wajah menggunakan alat makeup berikut ini agar kamu dapat membuat tato makeup yang unik dan estetik!

1. Bersihkan Wajah

Hal pertama yang tidak boleh kamu lupakan sebelum menggambar tato di wajah ataupun merias wajah adalah membersihkan wajah kamu terlebih dahulu. Pastikan wajah kamu bersih dari debu dan kotoran serta minyak berlebih, agar pengaplikasian tato makeup bisa maksimal. Setelah kamu bersihkan, gunakan liquid foundation pada wajahmu sebagai base. Foundation akan membuat suasana dasar yang matte sehingga membuat tato kamu bertahan lebih lama. Jangan gunakan foundation bubuk ya, karena bisa menempel pada tato sehingga merusak hasil akhirnya.

2. Tentukan Desain

Jika kamu belum terpikir desain apa yang akan kamu gambar di wajah kamu, kamu bisa mencarinya di internet. Untuk mempermudah pencarian kamu, cobalah melakukan pencarian dengan kata kunci  “tattoo ideas” atau “flash art”. Dengan cara ini, kamu dapat menemukan beragam gambar yang bisa kamu gunakan sebagai inspirasi untuk kamu jadikan gambar untuk tato sementara di wajah kamu.

Tipsnya, carilah gambar yang kamu sukai, misalnya gambar bunga, frasa, simbol, dan lain sebagainya. Jangan menggunakan desain yang terlalu rumit atau mendetail. Kamu bisa membuat tato dengan mudah jika menggunakan desain yang sederhana dengan garis yang tebal. Desain dengan bayangan atau garis yang rumit akan sulit diterapkan pada wajah kamu.

3. Tentukan Bagian Wajah Yang Akan Ditato

Setiap wajah wanita memang memiliki bagian wajah tertentu yang menjadi favoritnya. Pemilihan area bagian wajah yang akan ditato bisa kamu pilih sesuai dengan selera kamu. Akan tetapi alangkah lebih baik jika kamu menggambar tato temporer pada bagian mata. Karena banyak makeup artis mengatakan bahwa salah satu bagian wajah yang sangat mempengaruhi hasil akhir riasan adalah makeup mata.

Banyak inovasi yang dikembangkan dalam melakukan teknik merias bagian mata ini, salah satunya adalah tato wajah di area sekitar mata. Karya-karya tato sekitar mata selalu update, dan tentunya seru serta unik, dan mampu menginspirasi para pencinta makeup. Tato di bagian mata ini sering dilakukan dengan eyeliner dan juga eye shadow.

4. Gunakan Eyeliner

Opsi terbaik untuk membuat tato sementara adalah eyeliner yang tahan air. Hal ini karena tinta eyeliner bisa bertahan lebih lama dan tidak gampang luntur ketika terkena keringat atau basah. Setelah mengoleskan eyeliner cair untuk membuat kerangka, kamu bisa menggunakannya untuk memberi karakter unik terhadap tato sementara

Pilihlah eyeliner cair yang menghasilkan garis yang tebal dan terlihat paling realistis. Kamu juga bisa menggunakan pensil eyeliner, terutama jika tato sementara akan digambar dengan tangan, walapun mungkin akan terlihat seperti krayon ketika diterapkan pada kulit. Cobalah untuk menggunakan eyeliner dengan ujung felt untuk membuat garis tepi, dan menggunakan pensil eyeliner untuk membuat bayangan.

5. Buatlah Kerangka

Buatlah kerangka gambar dengan warna gelap dan tebal. Ini berguna untuk memudahkan kamu melakukan proses menggambar selanjutnya. Apabila kamu memiliki bakat seni, kamu bisa menggambar kerangka tato secara mudah di kulit wajahmu menggunakan eyeliner cair tahan air atau pensil eyeliner dengan ujung yang kecil. Jika kamu masih kesulitan, kamu bisa membuatnya perlahan-lahan.

6. Membuat Bayangan Dan Warna

Jika kerangka tato telah kering, kamu bisa menggunakan eyeliner warna untuk memberi tambahan semburat warna pada tato di wajah kamu. Atau kamu bisa menggunakan pensil eyeliner berujung tumpul untuk bayangan. Buatlah efek bayangan dengan memadukannya menggunakan kuas riasan kecil berbulu kaku.

Untuk mendapatkan tato hitam yang solid, terlihat asli, tahan lama, dan tidak mudah luntur, kamu bisa menggunakan eyeliner cair tahan air untuk mengisi stensilnya. Untuk menambah warna, cobalah menggunakan eyeliner warna atau eyeshadow. Bahan apa saja yang berkilau memang terlihat tidak alami, tetapi bisa mempercantik tato.

Tips lainnya, taburkan bedak transparan pada tato yang telah mengering. Ini membuat tinta eyeliner semakin menempel di kulit dan mencegahnya luntur. Jika tidak ada bedak riasan transparan, gunakan saja bedak bayi. Bagaimana? Cukup mudah ‘kan?

7. Memilih Kertas Tato

Opsi ini berlaku untuk kamu yang kesusahan untuk menggambar sendiri tato di wajahmu. Kamu bisa membeli kertas tato wajah yang tersedia di pasaran. Jika kamu sudah memilikinya, pertama-tama potong kertas tato yang sudah kamu pilih modelnya. Atur posisinya sehingga kamu bisa melihat pengaplikasiannya. Jika sudah yakin dengan posisi tatonya, rekatkan kertas tato di bagian tersebut dengan perlahan-lahan supaya bisa menempel pada kulit dengan maksimal.

Jika stiker tato temporer sudah melekat, langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah mengambil cotton bud dan basahi dengan air. Penggunaan cotton bud bisa menjaga makeup kamu agar tidak rusak ya. Caranya, pijat bagian kertas yang menempel pada kulit dengan pijatan melingkar. Pastikan semua sisi tersentuh. Kemudian pijat dengan lembut beberapa kali. Terakhir, tarik kertas tato jika dirasa sudah cukup menempel.

Itu tadi adalah tips yang bisa kamu lakukan jika ingin membuat makeup tato di wajah.  Kamu bisa membeli peralatan makeup lainnya seperti eyeliner, eye shadow, foundation, dan perlengkapan makeup lainnya di Sephora. Sephora menjual berbagai perlengkapan makeup dan juga skincare yang bervariasi. Berbelanja di Sephora akan memberikanmu banyak keuntungan. Khususnya jika kamu berbelanja di Sephora menggunakan metode pembayaran dari Atome.

Informasi mmenarik bagi kamu nih, pada bulan Agustus ini, Atome sedang menyelenggarakan Tiktok Challenge. Kamu tertarik untuk mengikutinya? Caranya cukup mudah. Kamu cukup follow Tiktok & Instagram @atome.id lalu bikin video menirukan style idola yang sangat menginspirasi kamu.

Peserta boleh membuat lebih dari 1 video. Upload di Tiktok kamu dengan mention @atome.id. Gunakan tagar #PahlawanPassionKu & mention 2 teman kamu di Tiktok. Peserta tidak boleh menggunakan private account ya. Tunggu apalagi! Follow Tiktok Atome di @atome.id dan ikuti challenge-nya. Periode challenge ini berlangsung hingga 30 Agustus 2021. Yuk ikuti challenge-nya dan menangkan hadiahnya!