Tips Menghindari Modus Penipuan Berbentuk Aplikasi Palsu

oleh rwt

Aug 11 2023

Menghindari modus penipuan berbentuk aplikasi palsu sangat penting untuk melindungi Atomees dari kejahatan sniffing, fraud maupun phising. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Atomees menghindari aplikasi palsu.

Jangan sembarang klik tautan

Atomees harus berhati-hati dalam mengkilik tautan atau link yang muncul melalui SMS, pesan WhatsApp, Email bahkan iklan yang lewat di media sosial Atomees. Penipu bisa memanfaatkan berbagai cara dan saluran untuk bisa mendapatkan data yang akan disalahgunakan.

Cek keaslian sumber tautan

Periksa kembali dari mana sumber link atau tautan berasal. Apabila SMS, pesan WhatsApp dan Email yang Atomees terima bukan resmi dari akun asli Atome, maka segera abaikan dan lapor ke call center perlindungan pengguna Atome yang resmi di nomor 021-50251717.

Pastikan bahwa Atomees hanya terhubung dengan channel resmi milik Atome. Website Atome adalah http://www.atome.id; sedangkan untuk akun Instagram dan Tiktok di @atome.id yang sudah bercentang biru.

Unduh dari sumber resmi

Dapatkan aplikasi resmi Atome hanya dari sumber resmi seperti Play Store, App Store dan website resmi atome. Jangan lalai mengunduh aplikasi dari sumber yang tidak resmi.

Aktifkan notifikasi transaksi rekening

Aktifkan notifikasi atau pemberitahuan aplikasi, terutama aplikasi yang terkait dengan jasa dan transaksi keuangan, agar Atomees selalu mengetahui update transaksi yang dilakukan secara berkala.

Cek histori rekening secara berkala

Amati transaksi yang Atomees lakukan. Apabila terdapat histori transaksi mencurigakan yang tidak dilakukan oleh Atomees, segera hubungi Call Center resmi aplikasi tersebut untuk melakukan konfirmasi.

Ganti kata sandi secara berkala

Seringlah mengganti kata sandi secara berkala lalu gunakanlah kata sandi dengan kombinasi huruf kapital, huruf kecil, angka dan simbol agar sulit untuk ditebak.

Hindari penggunaaan Wi-Fi publik saat transaksi keuangan

Akan lebih baik jika jaringan yang Atomees gunakan adalah jaringan pribadi atau data seluler. Menggunakan data pribadi jauh lebih aman karena tidak dipakai secara bersamaan dengan publik atau banyak orang. Jaringan Wi-Fi tidak disarankan untuk digunakan saat transaksi keuangan karena memiliki risiko tinggi untuk terjadinya pencurian data pribadi.

Yuk, Atomees lebih berhati-hati dan cermat agar terhindar dari segala modus penipuan di era teknologi yang semakin canggih!

PT Mega Shopintar Indonesia bekerja sama dengan PT Atome Finance Indonesia yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Diskon hingga 10% untuk transaksi pertama
Copyright 2023 Atome. All rights reserved.
PT Mega Shopintar Indonesia
District 8 Treasury Tower 53rd floor Unit D Sudirman Lot 28
Jl. Jenderal Sudirman Kav. 52 – 54
Senayan Kebayoran Baru Jakarta Selatan 12190
PT Mega Shopintar Indonesia bekerjasama dengan PT Atome Finance Indonesia, yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

Layanan Pengaduan Konsumen
PT Mega Shopintar Indonesia
Email: support@atome.id

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga
Kementerian Perdagangan Republik Indonesia
Whatsapp Ditjen PKTN: 0853 1111 1010