Blog

Tips Menjaga Wajah Agar Terlihat Tetap Awet Muda

Nov 04 2021

Tidak sedikit wanita yang berharap untuk bisa tetap terus memiliki wajah yang tampak muda dan cantik berseri walaupun usianya terus bertambah. Apa kamu juga termasuk salah satunya? Lantas, bagaimanakah tips menjaga wajah agar terlihat tetap awet muda? Ini dia beberapa tipsnya.

1. Rutin Membersihkan Wajah

Cara membuat wajah agar terlihat tetap awet muda yang pertama adalah rutin membersihkan kulit wajah di setiap hari. Ternyata, rutin double cleansing tidak hanya penting dilakukan agar kulit terhindar dari berbagai masalah, tetapi juga bisa membuat kulit tetap kencang dan terhindar dari kerutan halus loh! Saat beraktivitas seharian, kulit wajah akan terpapar oleh polusi udara, berbagai jenis debu, hingga bisa saja juga mengalami inflamasi akibat sinar UV. Banyaknya radikal bebas menempel pada wajah ini bisa berakibat merusak jaringan kolagen kulit dan elastisitas kulit wajah kamu. Makanya, rutin membersihkan wajah penting untuk dilakukan agar kulit terhindar dari radikal bebas yang dapat merusak kulit wajah kamu.

2. Lakukan Eksfoliasi Secara Rutin

Cara menjaga wajah agar awet muda yang harus kamu lakukan selanjutnya adalah melakukan eksfoliasi kulit secara rutin, yaitu 2 – 3 kali seminggu. Hal ini perlu dilakukan, karena seiring dengan pertambahan usia, proses pergantian sel – sel kulit semakin melambat, sehingga sel – sel kulit mati menumpuk dan membuat kulit wajah tampak kusam. Eksfoliasi membantu mengangkat sel – sel kulit mati tersebut sehingga sel – sel kulit baru dapat naik ke permukaan kulit. Tidak hanya itu, eksfoliasi juga membantu kulit wajah tampak halus sehingga tampilan garis – garis halus dan kerutan tersamarkan.

Physical exfoliation menggunakan scrub tidak dianjurkan untuk perawatan anti-aging karena berpotensi membuat kulit lebih kering. Sebaiknya gunakan chemical exfoliation berbentuk acid, yaitu AHA dan BHA. Keduanya tak hanya mengeksfoliasi sel-sel kulit mati, tapi juga membantu merawat kulit wajah secara keseluruhan. Karena penggunaan chemical exfoliation membuat kulit menjadi sensitif terhadap cahaya matahari, pastikan kulit wajah kamu terlindungi dengan baik saat beraktivitas di luar ruangan.

3. Lindungi Kulit Dari Matahari

Melanjutkan pada poin berikutnya, salah satu perlindungan yang terbaik dari paparan sinar matahari adalah dengan memakai sunscreen, terutama bila kamu sering berada di luar ruangan. Gunakan sunscreen dengan minimal SPF 15 dan selalu ulangi penggunaan sunscreen setiap dua jam sekali. Selain itu, kamu juga bisa memakai baju yang melindungi dari sinar matahari, seperti baju lengan panjang atau jaket.

4. Pakai Produk Skincare Yang Tepat

Untuk menjaga kulit wajahmu agar terlihat tetap awet muda, kamu bisa memilih skincare dengan kandungan retinol dan kolagen yang berfungsi sebagai anti-aging. Retinol atau yang dikenal juga dengan retinoid merupakan kandungan turunan vitamin A yang dapat mengurangi garis – garis halus dan kerutan, serta meningkatkan produksi kolagen. Sedangkan, kolagen ialah protein yang dapat memberikan kekuatan dan elastisitas kulit untuk membantu pergantian sel kulit mati. Meskipun demikian, pastikan juga kamu tidak menggunakan produk skincare dengan kandungan yang tidak boleh digunakan secara bersamaan di satu waktu yang bersamaan ya. Karena hal ini tidak hanya membuat skincare yang kamu gunakan menjadi sia – sia, tetapi juga dapat menimbulkan reaksi kulit yang tidak diinginkan seperti kulit kering, kemerahan, hingga breakout.

5. Gunakan Perawatan Di Area Mata

Karena kulit di area mata kondisinya berbeda dari kulit wajah di area lain, maka perawatannya juga berbeda loh. Kulit area mata cenderung lebih tipis, sehingga lebih cepat menunjukkan tanda-tanda penuaan seperti garis – garis halus, kerutan, dan lingkaran hitam. Jangan paksakan merawat kulit area mata dengan krim pelembap untuk wajah, karena tidak akan efektif dalam mengatasi tanda – tanda penuaan tersebut.

Jika kamu sudah menggunakan krim mata sejak usia 20-an, maka sekarang upgrade krim mata kamu ke krim mata khusus anti-aging yang kaya nutrisi. Kandungan bahan aktif di krim ini membantu menghidrasi dan melembapkan kulit area mata serta mendorong produksi kolagen sehingga kulit menjadi lebih kenyal dan kencang, tampilan kerutan tersamarkan, dan lingkaran hitam berkurang. Terapkan cara merawat wajah agar awet muda dengan aplikasi krim mata pada pagi dan malam hari agar hasilnya optimal.

6. Hidrasi Tubuh Dengan Baik

Kamu pasti tahu ‘kan, bahwa sebagian besar tubuh kita terdiri dari air. Makanya, memastikan asupan air putih yang cukup setiap harinya penting sekali buat dilakukan agar tubuh dan kulit terhindar dari dehidrasi. Banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh kulit dengan mengonsumsi air putih, seperti mencerahkan kulit karena dapat membantu tubuh mengeluarkan racun dan kotoran yang mengendap, serta menghambat terjadinya penuaan dini. Untuk mendapat kedua manfaat tersebut, pastikan kamu mengonsumsi setidaknya 2 liter air atau setara dengan 8 gelas air setiap harinya ya!

7. Atur Pola Makan Sehat

Makanan yang kita konsumsi setiap hari dapat mempengaruhi kesehatan kulit wajah. Untuk itu, hindari mengonsumsi makanan yang mengandung minyak, tetapi pilih makanan yang lebih sehat, seperti sayuran dan buah-buahan. Selain itu, rutin minum air putih sebanyak 8 gelas setiap hari juga bisa membantuk kulit wajah jadi lebih bersih dan glowing.

8. Memijat Wajah

Memijat wajah yang lelah setelah beraktivitas seharian memang terasa menenangkan. Selain membuat rileks, rutinitas satu ini juga bisa menjadi cara membuat wajah awet muda karena banyaknya manfaat yang diberikan mulai dari meredakan otot wajah yang tegang, melancarkan aliran darah, hingga memaksimalkan kerja skincare yang digunakan. Tenang saja, kamu tidak perlu datang ke salon atau spa dan membayar mahal – mahal untuk mendapatkan pijatan wajah. Kegiatan ini juga bisa kamu lakukan sendiri di rumah dengan mudah. Caranya, kamu bisa memijat menggunakan tangan atau menggunakan alat bantu dari Aeris.

Alat ini bernama Facial – Firming Rose Quartz Roller. Selain nyaman untuk sambil memijat saat menggunakan sheet mask, alat ini juga bisa kamu pakai setelah mengaplikasikan serum, atau sambil mengaplikasikan face oil. Mulai dari pangkal hidung, gerakkan alat dengan gerakan satu arah menuju luar wajah. Facial – Firming Roller ini menggunakan highest grade 100% Brazilian Rose Quartz yang bisa membantu penyerapan skincare dan banyak manfaatnya, mulai dari melancarkan aliran darah dan oksigen agar wajah tampak lebih bercahaya, hingga bisa mengurangi fine lines dan mencegah munculnya keriput. 

Berikut di atas adalah tips menjaga agar wajah terlihat tetap awet muda. Ingat, bahwa usaha tidak akan mengkhianati hasil, begitu juga dengan mengaplikasikan cara – cara untuk membuat wajah agar menjadi awet muda seperti tips dari kami di atas. Jika kamu ingin memiliki Facial – Firming Rose Quartz Roller dari Aeris tersebut, langsung saja kunjungi www.aerisbeaute.com. Jangan lupa untuk menggunakan Atome sebagai metode pembayaran saat berbelanja di Aeris ya!