Blog

Tips Menyimpan Buah dan Sayur Agar Tetap Segar

Sayur dan buah merupakan makanan berasal dari tumbuhan yang mengandung kadar air begitu tinggi. Sayur dan buah akan sangat enak jika dikonsumsi dalam keadaan segar. Maka dari itu sayur dan buah seringkali diletakkan di dalam kulkas agar tetap fresh.

Kebanyakan orang membeli sayur secara harian. Hal ini karena ingin kesegaran sayur tetap terjaga dengan baik dan enak ketika dimakan. Akan tetapi bagaimana dengan kamu yang ingin membeli sayuran dalam jumlah yang banyak sekaligus?

Membeli sayuran dalam jumlah yang banyak bertujuan agar lebih menghemat biaya dan waktu. Akan tetapi, hal ini mengakibatkan buah dan sayurmu tidak lagi fresh dalam waktu yang lama. Lantas bagaimana cara mengatasi buah dan sayurmu agar tetap segar meskipun kamu membelinya dalam jangka waktu yang lama?  

Nah, berikut adalah tips menyimpan buah dan sayur agar sayurmu selalu segar dan tahan lama. 

1. Pastikan Kulkasmu Bersih

Hal pertama dan paling utama adalah bersihkan dulu kulkasmu. Kulkas adalah tempat untuk menyimpan banyak makanan, tidak hanya sayur dan buah. Kulkas yang kotor akan menjadi sarang bakteri. Bakteri yang ada pun bisa menempel pada makananmu sehingga hal ini tentu saja dapat mengganggu kesehatanmu.

Kulkas yang bersih juga menjadi hal yang penting agar kualitas makananmu tetap terjaga. Suhu pada kulkas juga mampu menentukan munculnya bakteri atau tidak. Idealnya, suhu di dalam kulkas yaitu antara 1-4 derajat celcius. Jika lebih tinggi dari itu, maka bisa menimbulkan bakteri yang nantinya mempengaruhi rasa dan juga aroma makanan, sementara jika lebih rendah dari itu akan membuat sayuran beku. Jadi, sebelum semua makanan kamu masukkan ke dalam kulkas, bersihkanlah terlebih dahulu kulkasmu agar nantinya makanan yang kamu simpan terhindar dari bakteri.

2. Pilihlah Sayur Dan Buah yang Berkualitas Baik

Setelah kulkasmu bersih, kamu bisa mulai berbelanja sayur dan buah. Kamu bisa membelinya di The FoodHall agar kualitasnya terjamin. Pilihlah jenis produk sayuran dan buah-buahan yang berkualitas. Kamu bisa saja mencoba segala upaya untuk mencegah sayuran dan buahmu layu dan kisut saat disimpan, tetapi jika produk sayuran yang kamu simpan memang tidak berkualitas tetap saja sayur akan layu dan buah akan kisut sehingga cepat busuk.

3. Gunakanlah Metode Food Prep

Food prep atau persiapan makanan adalah metode yang akhir-akhir ini sering digunakan oleh para ibu. Metode ini digunakan untuk menyimpan makanan termasuk sayur dan buah-buahan  agar bisa digunakan secara maksimal.

Untuk food-prep sayuran, biasanya akan dibagi sesuai jenisnya. Untuk buah-buahan biasanya buah akan dipotong-potong terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam wadah untuk disimpan.

Teknik ini mengharuskan sayur atau pun ikan disimpan dalam keadaan bersih dan siap dimasak. Di mana tujuan food prep adalah memudahkan dan mempersingkat waktu memasak. Jadi, ketika kamu mengeluarkannya dari kulkas setelah disimpan beberapa lama, kamu tinggal memasaknya.

Jika menggunakan metode ini, maka kamu haru mencuci terlebih dahulu semua sayur, buah, maupun ikan yang kamu beli sampai bersih. Kemudian keringkan sampai benar-benar kering. Memang butuh waktu yang cukup lama dalam proses ini. Akan tetapi,  jangka waktu penyimpanan sayur, buah, bahkan ikanmu bisa bertahan lebih dari 1 minggu. Cukup menarik bukan?

4. Pisahkanlah Antara Sayuran Dan Buah-Buahan

Letakkan sayuran dan  buah-buahanmu di laci kulkas yang terpisah. Hal ini penting untuk kamu lakukan pada saat peyimpanan agar buah dan sayurmu tidak mudah busuk. Alasannya, banyak buah yang menghasilkan gas ethylene, senyawa yang berfungsi sebagai hormon pematangan, sehingga dengan demikian sayurmu akan mudah busuk jika tercampur dengan buah-buahan.

Beberapa buah yang menghasilkan gas tersebut antara lain pisang, alpukat, dan persih. Jadi, pastikan untuk menyimpan sayuran terpisah dari buah-buahan ya.

5. Jagalah Kelembaban Dan Suhu Kulkasmu

Kamu dapat menjaga kelembaban kulkas dengan tidak terlalu sering buka-tutup kulkas dan membersihkan bantalan karet kulkas secara rutin. Sayur dan buah mengandung air, kandungan inilah yang harus selalu dijaga agar tahan lama dan tak cepat membusuk. Ketika buah atau sayur dipanen, maka akan banyak air yang hilang akibat penguapan. Maka, jagalah kelembaban kulkasmu agar buah dan sayur yang kamu simpan tetap segar dan awet.

Suhu pada kulkas juga mampu menentukan munculnya bakteri atau tidak. Suhu ideal di dalam kulkas adalah antara 1-4 derajat celcius. Jika lebih tinggi dari itu, maka bisa menimbulkan bakteri yang nantinya mempengaruhi rasa dan juga aroma makanan. Sementara itu, jika lebih rendah akan membuat sayuran beku.

6. Gunakanlah Tempat Khusus Untuk Menyimpan Sayur dan Buah

Kini banyak jenis tempat penyimpanan sayur, buah dan makanan lain yang mampu menjaga kesegarannya. Pastikan tempat penyimpanan tersebut kedap udara sehingga sayuran akan lebih tahan lama jika disimpan di lemari es.

Pilihlah wadah yang memiliki penutup agar mampu menjaga kesegaran bahan makanan. Jika bisa menyimpannya dengan tepat, sayuran dan buah-buahanmu bisa tetap segar dan terjaga meski telah disimpan seminggu lebih di kulkas.

7. Ambillah Sesuai Kebutuhan

Jika kamu menyimpan semua sayuran di kulkas, lalu ingin mengolahnya, maka cukup ambil seperlunya. Jangan berlebihan dalam mengambil. Sebaiknya hindari sayuran yang keluar masuk kulkas agar tahan lama. Jika sayuran terlalu sering keluar masuk kulkas maka kualitasnya tak lagi baik dan mudah busuk karena sering terpapar suhu yang berbeda-beda. Jadi pastikan bahwa kamu hanya mengambil jika membutuhkannya saja.

Menyimpan sayur dan buah dengan cara yang benar akan membuatnya segar dan aman untuk dimakan. Cara menyimpan buah dan sayur yang tepat akan menentukan kualitas bahan makanan tersebut. Kualitas makanan yang buruk tentu akan berpengaruh pada nutrisinya.

Jika ingin hidup lebih sehat, maka awali dengan penyimpanan buah dan sayur yang tepat. Pilihlah sayur dan buah berkualitas di The FoodHall. Tidak hanya sayur dan buah berkualitas, di sana kamu bisa memilih makanan-makanan lain yang yang begitu beragam dan terjaga kualitasnya. Pastikan bahwa kamu membeli dengan metode pembayaran dari Atome ya agar belanjamu lebih mudah dan menyenangkan. Selamat berbelanja!