Blog

Tips Merawat Karpet Mobil Yang Gampang Diterapkan

Dec 17 2021

Supaya tetap nyaman ketika digunakan, kebersihan mobil yang kamu miliki harus terus dijaga. Terlebih pada saat musim hujan, di mana mobil akan sering terkena guyuran air hujan sehingga berpengaruh pada kondisi mobil, baik interior maupun eksteriornya. Pada eksterior mobil sudah jelas jika terkena kotoran atau debu, karena memang langsung bersentuhan dengan dunia luar. Sedangkan interior mobil juga punya kemungkinan cepat kotor karena penumpang yang keluar masuk mobil dengan membawa noda yang bisa mengotori karpet mobilmu.

Walaupun letak karpet mobil cukup tersembunyi di bawah jok, tetap kebersihan pada bagian ini wajib dijaga supaya kamu tetap bisa merasa nyaman. Kamu juga perlu tahu kalau kebersihan karpet mobil juga bisa menjadi salah satu aspek pertimbangan dalam menentukan kisaran harga mobil. Karena itulah, mari simak tips dan cara membersihkan dan merawat karpet mobil berikut ini!

1. Keluarkan karpet mobil, entah karpet karet atau kain, dari mobil jika memungkinkan. Buka semua pintu mobil satu per satu dan keluarkan karpet mobil jika bisa dilepas. Jangan membersihkan karpet mobil saat masih terpasang di dalam mobil.

2. Keluarkan karpet untuk mencegah air merusak interior mobil. Selain itu, kamu harus mencegah produk dengan konsistensi berminyak atau berbusa bersentuhan dengan pedal gas, kopling, dan rem karena dapat membuatnya menjadi licin dan menyebabkan kaki tergelincir dari pedal saat berkendara. Hal ini bisa jadi sangat berbahaya.

3. Bersihkan karpet di luar mobil. Kamu bisa membersihkan karpet di pom bensin atau di tempat parkir di rumah atau di garasi. Kebanyakan karpet mobil bisa dilepas. Namun, terkadang karpet menjadi satu dengan interior mobil. Dalam hal ini, kamu harus membersihkannya di dalam mobil.

4. Bersihkan karpet kain dengan penyedot debu terlebih dahulu. Gunakan penyedot debu untuk memastikan semua partikel debu dan residu lumpur dari karpet mobil sebelum kamu membersihkannya lebih lanjut.

5. Membersihkan karpet mobil yang basah mungkin sulit. Kamu bisa menggunakan soda kue untuk menyerap kelembapan dan bau. Taburkan soda kue secara merata pada karpet dan biarkan selama 10-20 menit sebelum menggunakan penyedot debu.

6. Gunakan penyedot debu untuk membersihkan kedua sisi karpet, seraya memastikan tidak ada remah – remah dan debu yang tertinggal.

7. Guncang – guncang atau gebuk karpet untuk menyingkirkan kotoran. Cara ini akan melepaskan debu yang bersarang di karpet, baik yang terbuat dari karet atau kain. Lakukan di luar rumah. Carilah permukaan keras yang bisa digunakan untuk memukulkan karpet. Trik ini cocok untuk karpet karet maupun kain. Kamu juga bisa menggunakan pengerik untuk melepaskan kotoran yang mengeras di atas karpet karet sebelum membersihkannya.

8. Setelah itu, kamu dapat membasahi karpet mobil terlebih dahulu dengan air bersih secara merata dan usahakan agar kamu dapat membasahinya secara merata sehingga noda – noda yang keras menjadi dapat dibersihkan.

9. Ambil slang air. Gunakan slang air untuk mencuci karpet, tetapi hanya sisi yang kotor. Jangan membasahi sisi karpet bagian bawah. Slang air akan membantu kamu menyingkirkan kotoran dan sisa makanan yang menempel pada karpet karet. Jika tidak ada slang air, gunakan seember air (meskipun tekanan air dari slang akan sangat membantu dalam melepaskan kotoran dari karpet). Kamu juga bisa pergi ke tempat cuci mobil dan mencuci karpet dengan semprotan air di sana.

10. Gunakan sabun untuk setiap karpet. Campurkan sabun cuci, soda kue dan air. Campuran ini akan mengapungkan kotoran. Jika tidak ada soda kue, cukup gunakan sabun cair apa saja. Kamu bisa menggunakan semprotan sabun atau mengoleskan sabun dengan kain lembap. Sebenarnya, tidak sulit untuk membersihkan kotoran pada karpet mobil karet. Sabun dan air bisa menjadi solusi yang memadai. Tingkatkan tekanan slang air dan usahakan untuk mencuci karpet dengan baik dan menyeluruh. Kamu juga bisa membersihkan karpet mobil karet dengan tisu basah dan cairan pembersih tangan.

11. Keringkan karpet. Karpet harus benar – benar kering sebelum kamu menaruhnya kembali di dalam mobil. Namun, jika mencucinya di tempat cuci mobil, mungkin kamu tidak punya waktu untuk menunggunya sampai kering. Usahakan agar karpet tidak terkena sinar matahari secara langsung agar warna dasar karpet tidak berubah. Untuk karpet yang berbahan karet dapat dijemur di tempat yang berangin agar cepat kering.

12. Cara merawat karpet mobil yang terakhir adalah dengan membersihkan karpet secara berkala, paling tidak selama sebulan sekali agar kondisi karpet tetap terjaga.

Nah, itulah beberapa cara merawat karpet mobil yang dapat kamu lakukan di rumah. Dengan berpedoman pada cara – cara yang dibagikan di atas, kamu bisa memastikan kondisi karpet mobilmu bisa menjadi selalu bersih. Apabila kamu ingin menjaga kebersihan dengan maksimal, maka lakukan cara membersihkan karpet mobil ini secara rutin agar hasilnya maksimal. Terlebih pada musim hujan begini, maka karpet mobil akan sangat mudah terkena noda bekas injakan sepatu dari luar atau terkena noda makanan yang terjatuh saat kamu makan di dalam mobil.

Untuk membeli karpet mobil sesuai keinginanmu, kamu bisa membelinya di Trapo. Agar transaksi belanjamu lebih mudah dan menguntungkan, belilah karpet mobil yang kamu butuhkan untuk kenyamanan saat berkendara di www.trapo.com menggunakan metode pembayaran dari Atome. Informasi menarik untuk kamu, saat ini lagi banyak promo bayarnya pakai Atome loh! Kamu bisa cicil 3 atau 6 bulan tanpa DP! Yuk, download Atome sekarang di App Store dan Play Store, dan dapatkan keringanan pembayarannya sekarang juga!

Main keywords of the article: