Blog

Tips Olahraga Boxing Untuk Pemula Yang Ingin Mencoba

Aug 10 2021

Kata orang, olahraga tinju adalah olahraga yang sangat sederhana dan bisa dilakukan di mana saja. Olahraga yang memerlukan koordinasi antara seluruh organ tubuh ini rasanya sangat penting untuk kesehatan. Olahraga ini mengutamakan koordinasi yang seimbang antara stamina, kekuatan, akurasi, pukulan, hingga footwork.

Tidak hanya itu saja lho, olahraga ini juga mengandalkan teknik penyerangan yang bagus. Sehingga kamu bisa dikatakan siap untuk mengawali olahraga yang satu ini. Namun, serangan tak hanya menjadi tujuan utama dalam melakukan olahraga ini. Masih ada strategi bertahan yang harus diutamakan dalam melatih tubuh dan juga pikiran.

Jika kamu adalah pemula dalam melakukan olahraga ini, banyak hal yang harus kamu perhatikan agar tak salah dalam melakukan olahraga tersebut.

Mungkin beberapa orang berpikir, olahraga ini hanya mengandalkan otot dan kekuatan saja di dalam ring tinju. Namun sayang, kuat dan hebat di ring tinju bukan berarti kamu paham dengan teknik dasar dalam melakukan olahraga ini. Pukulan tak hanya terdapat dari lengan saja. Kamu harus memperhatikan kuda – kuda, pijakan kaki, dan puntiran bahu ketika melakukan olahraga yang satu ini.

So, wajib hukumnya untuk mendalami teknik dasar olahraga ini jika kamu ingin hebat dan sempurna. Nah, kira-kira apa saja sih yang harus diperhatikan dan dilakukan para pemula sebelum melakukan olahraga tinju ini? Simak ulasan di bawah ini ya.

1. Atur kekuatan kaki dengan benar

Ketika awal berlatih, kamu harus memperhatikan beberapa hal. Salah satunya mengatur kekuatan kaki dengan benar. Pengaturan kekuatan kaki yang benar biasanya akan menghasilkan pukulan yang kuat dan bisa menghasilkan pertahanan yang lebih ekstra. Kuda – kuda yang sempurna bisa memberikanmu keseimbangan, fleksibilitas, dan tentunya mobilitas yang baik agar kamu bisa melakukan olahraga tersebut dengan baik.

Namun tak hanya melakukan kuda-kuda sempurna saja lho. Kamu harus bisa bertahan dan menghasilkan pukulan yang kuat untuk bisa mengelabui musuh.

Untuk pemula, kamu cukup memperhatikan kekuatan kaki dulu ya. Nah, barulah setelah kamu telah memastikan kekuatan kaki dengan sempurna, kamu bisa memaksimalkan kekuatan dengan sebaik mungkin.

2. Mengatur tangan dan siku dengan benar

Selain kaki yang seimbang dan sebagai pusat kekuatan, kamu juga harus memperhatikan kekuatan tangan dan siku. Kekuatan siku juga bisa melindungi kepala dan badan jika kamu mendapatkan serangan. Makanya kamu harus siap sedia ketika berlatih ya. Dengan begitu kamu akan mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Teknik pernapasan yang benar

Ada pula yang harus kamu persiapkan selain gerakan yang tepat. Yaps, teknik pernapasan juga harus kamu dalami dengan baik. Gerakan tinju yang cepat akan membutuhkan teknik pernapasan yang cepat pula. Makanya kamu harus bisa mempelajarinya menjadi satu.

Terutama ketika kamu melakukan pukulan, kamu wajib untuk menghembuskan napas dengan cepat. Dengan begitu stamina yang ada di dalam tubuh kamu akan lebih cepat merespon pukulan yang kamu layangkan kepada lawan. Dan pukulan yang kamu layangkan juga akan berhasil dengan maksimal.

4. Layangkan bentuk kombinasi yang lebih pendek

Berlatih kombinasi pukulan juga sangat dibutuhkan. Tak hanya pukulan panjang saja, namun kamu juga harus belajar pukulan pendek. Meskipun rumit, namun jika kamu sering berlatih akan semakin bagus. Tenang saja, guys, buat para pemula biasanya akan diajarkan kombinasi pukulan sebanyak tiga hingga empat pukulan saja kok.

5. Pukulan yang ringan dulu namun tajam

Buat kamu si petinju pemula, biasanya kamu akan cenderung melayangkan pukulan yang tajam. Namun biasanya kamu lebih banyak mengandalkan bahu dan lengan saja. Padahal, pukulan yang baik adalah pukulan ringan yang dilepaskan dari seluruh tubuh. Aliran tenaga akan bersatu dan berkumpul jika kamu memiliki pijakan lutut, pinggang, punggung, yang kemudian menjalar ke bahu dan seluruh tubuh.

6. Latihan pukulan

Latihan pukulan dalam memainkan tinju adalah satu yang wajib. Kamu bisa berlatih dengan menggunakan samsak untuk membiasakan diri kamu berlatih dengan bagus. Jika kamu rajin berlatih, yakin deh lambat laun pukulan yang kamu layangkan akan berjalan dengan maksimal.

7. Latihan untuk footwork

Untuk urusan bertahan, footwork adalah kuncinya. Footwork merupakan satu hal penting yang bisa menjaga serangan dan pertahan. Teknik footwork sendiri sama pentingnya dengan teknik pukulan yang kamu lakukan. Meskipun kamu belajar dengan samsak, namun kamu harus terus bergerak. So, kamu harus terus mempertahankan kuda-kuda yang baik ya.

Tak hanya berlatih saja, namun kamu juga harus menggunakan samsak dan sarung tinju yang berkualitas. Pemilihan samsak dan sarung tinju yang berkualitas ini bisa kamu pilih di beberapa store terbaik. Salah satunya bisa kamu beli di Adrenox fighter.

Oh iya, dalam memilih sarung tinju dan samsak ini kamu bisa memilih berbagi pilihan di store yang satu ini yang. Semua bisa kamu dapatkan melalui online lho. Jadi di masa PPKM seperti ini kamu tidak perlu khawatir. Kamu masih bisa berolahraga boxing meskipun kamu hanya di rumah saja.

Menariknya lagi nih, jika kamu menggunakan Atome, kamu bisa melakukan pembayaran sebanyak 3 atau 6x, dan tentunya kamu bisa mendapatkan diskon yang melimpah. Diskon mulai dari 50% untuk pengguna Atome pertama lho. Asik! Mantap banget nggak tuh?

Belanja dengan Atome memang bakal memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam bertransaski. Kamu tidak perlu ribet lagi membayar cicilan seperti menggunakan kartu kredit. Atome tidak memberlakukan bunga buat semua pinjaman yang kamu ambil. Jadi dengan bunga 0 persen saja, kamu bisa berbelanja dengan segala kemudahan yang ada. Tunggu apalagi?