Blog

Tips Pilih Cemilan Dan Makanan Sehat Untuk Diet

Jul 30 2021

Memiliki tubuh yang sehat dan ideal adalah mimpi bagi setiap orang. Namun, tak semua orang bisa memiliki tubuh yang sehat dan kuat karena terhalang dengan kondisi tubuh. Tapi, untuk mendapatkan berat badan yang ideal, kamu bisa melakukannya dengan sebaik mungkin lho. Kamu bisa menjalani diet sehat tanpa harus mengganggu kesehatanmu.

Dalam menjalani diet sehat, kuncinya adalah kamu harus menyeimbangkan jumlah kalori yang masuk di dalam tubuh kamu dengan jumlah kalori yang dikeluarkan dari dalam dalam tubuh.

Perlu kamu tahu, kandungan di dalam tubuh akan menjadi lengkap jika bisa memenuhi seluruh kebutuhan yang ada, mulai dari protein, karbohidrat, lemak, serta beraneka macam vitamin dan mineral. Kandungan tersebut akan membantu kamu mencukupi seluruh kebutuhan energi yang ada di dalam tubuh. Pengumpulan energi tersebut akan jauh lebih sempurna jika kamu makan makanan yang sehat. Dengan begitu kamu akan terhindar dari berbagai macam penyakit yang akan mengganggu tubuh kamu, mulai dari penyakit jantung, strok, diabetes, hingga obesitas. Yang mana penyakit-penyakit tersebut sangat berbahaya jika dibiarkan begitu saja.

Setiap harinya seseorang menerima asupan jumlah kalori yang berbeda. Jumlah kalori ini dibedakan sesuai dengan usia dan jenis kelamin tiap orang. Untuk remaja biasanya membutuhkan 2.000 – 2500 kalori, pada usia dewasa membutuhkan 2.550 – 2650 kalori. Sedangkan pada ibu hamil membutuhkan kalori 2.850 kalori.

Nah, kira-kira gimana sih cara memilih makanan yang sehat saat melakukan diet? Biar kamu lancar dalam menjalankan diet, berikut adalah tips memilih makanan yang cocok untuk diet sehat. Beberapa makanan tersebut antara lain:

1. Sayuran

Sayuran yang paling cocok untuk diet adalah sayuran hijau dan berbagai jenis umbi-umbian seperti kentang dan ubi. Selain itu, wortel dan jamur juga bisa untuk dipilih menjadi salah satu jenis cemilan untuk diet.

Untuk menikmati beberapa makanan sehat ini, kamu bisa merebus makanan tersebut atau kamu bisa melakukan grill ringan dengan menggunakan wajan. Dengan begitu kandungan vitamin di dalam sayuran tersebut tidak akan hilang. Dan tubuh pun akan menjadi lebih sehat jika mengkonsumsi makanan tersebut.

2. Buah-buahan

Mengkonsumsi buah-buahan memang sangat enak dan bisa membuat sehat bagi orang yang mengkonsumsinya. Buah-buahan mengandung banyak vitamin dan mineral yang ada di dalamnya. Dengan begitu seseorang akan lebih sehat dan terlengkapi jika mengkonsumsinya.

Buah-buahan yang cocok untuk para orang yang sedang melakukan diet adalah mangga, pisang, alpukat, dan apel. Dengan mengkonsumsi buah secara teratur dan banyak, maka kamu akan memiliki tubuh lebih sehat. Di samping itu, kandungan vitamin di dalam tubuhmu juga akan terpenuhi.

3. Biji-bijian

Biji-bijian selalu identik dengan kandungan vitamin E. Kandungan vitamin E sangat membantu seseorang untuk memiliki nutrisi kulit yang sehat. Di samping itu mengkonsumsi biji-bijian sehat bisa membuat tubuhmu memiliki serat yang cukup.

Beberapa kandungan biji-bijian bisa kamu temukan di roti gandum, gandum, oatmeal, hingga nasi merah. Semua kandungan biji-bijian tersebut sangatlah sehat jika dikonsumsi secara teratur lho.

4. Susu dan produk rendah lemak

Siapa yang suka dengan olahan susu rendah lemak? Yaps, kandungan susu dengan rendah lemak memang sangat cocok untuk dikonsumsi oleh kebanyakan orang yang sedang melakukan diet. Kandungan susu rendah lemak tak akan membuat tubuh kamu terikat dengan lemak jenuh. Yang pasti kamu akan jauh lebih sehat jika mengkonsumsi makanan yang satu ini. Kandungan produk rendah lemak ini bisa kamu temukan di yogurt atau pun keju.

5. Sumber protein

Protein juga sangat cocok untuk dikonsumsi bagi para pejuang diet. Konsumsi sumber protein bisa membantu mereka memenuhi nutrisi di dalam tubuh. Yang terpenting mereka tak akan merasa lapar secara berlebihan.

Tahukah kamu jika mengkonsumsi sumber protein yang tinggi bisa membantu kamu menahan rasa lapar lebih lama? Yaps, makanya kandungan protein yang tinggi sangat cocok untuk kamu konsumsi saat diet. Kandungan protein tersebut bisa kamu temukan di makanan laut, unggas, telur, daging, hingga kacang-kacangan. Semua produk tersebut bisa kamu olah sesuai dengan kebutuhan tubuh kamu lho. Buruan deh dicoba!

6. Minyak sehat

Minyak sehat yang bisa kamu pilih saat menjalankan program diet adalah minyak zaitun dan minyak kelapa. Jenis minyak ini bisa kamu manfaatkan untuk membuat makanan lebih gurih lho. Yang terpenting adalah jenis minyak ini tak akan membuat kamu gendut.

Selain mengkonsumsi makanan-makanan tersebut, kamu juga harus memiliki pola makan yang sehat. Beberapa pola makanan tersebut antara lain:

1. Hindari melewatkan waktu makan

Kebiasaan melewatkan makan bisa membuat tubuh menjadi kekurangan energi. Nah, inilah yang bisa membuat kamu kalap makan di jadwal makan berikutnya. Kebiasaan melewatkan makanan ini sangat bahaya karena bisa menyebabkan kamu kekurangan protein, kalsium, zinc, vitamin A, vitamin C, serta asam folat.

2. Makan jika lapar

Biasanya tubuh kamu kerap kali merasa lapar dan gelap mata. Gelap mata inilah yang membuat porsi makan tidak terkontrol dan makan terlalu banyak. Inilah yang membuat kamu sering lapar dan merasa cemas serta stres secara berlebihan.

3. Jangan makan mendekati tidur

Makan pada saat mendekati tidur juga berbahaya lho buat tubuh kamu. Tubuh yang sedang tidur akan bekerja lebih banyak karena harus mencerna seluruh makanan yang dimakan. Untuk itu jangan makan sebelum tidur ya. Kamu bisa mengkonsumsi makanan maksimal 1 jam sebelum tidur. Dengan begitu kandungan makanan bisa terserap dengan maksimal.

Guys, untuk mencari makanan sehat kini tak sulit kok. Semua bisa kamu dapatkan secara cepat dan mudah. Terlebih di THEFOODHALL, kamu bisa menemukan berbagai macam produk sayuran dan buah-buahan fresh, mulai dari sayuran hijau, umbi-umbian, hingga buah yang kamu butuhkan. Yang jelas semuanya masih baru dan fresh lho, guys. Sementara untuk pembayarannya, kini kamu sudah bisa menggunakan Atome sebagai metode pembayaran yang diterima di THEFOODHALL. Yuk buruan belanja dan mulai hidup yang lebih sehat!