Blog

Tips Tampil Cantik Menggunakan Hijab Yang Harus Diketahui

Nov 15 2021

Setiap perempuan pasti ingin tampil cantik dan modis di setiap kesempatan, tak terkecuali bagi kamu yang memakai hijab. Sekarang ini sudah banyak model hijab yang bisa membuatmu lebih bisa tampil cantik dan bergaya. Untuk kamu yang ingin tahu tips menggunakan hijab agar tetap cantik dan bergaya, yuk simak penjelasannya berikut ini.

Menyesuaikan Dengan Kondisi

Model dan gaya berhijab dapat disesuaikan dengan kondisi dan kegiatan yang dilakukan. Kamu dapat mempergunakan hijab untuk rekreasi, untuk olah raga, untuk pesta, dan untuk kegiatan sehari-hari.  Hijab untuk olah raga dan kegiatan sehari – hari harus dipilih yang simpel dan sederhana.

Memilih Warna Hijab Yang Tepat

Tahukah kamu kalau warna tampilan akan menentukan mood-mu seharian? Yap, itu benar banget! Kalau kamu sampai salah memadukan warna hijab, pasti kamu akan merasa kurang pede dan tak ingin ‘banyak tampil’.


Untuk itu, lebih baik kamu memilih warna hijab yang sekiranya bisa kamu padukan dengan warna bajumu yang lain. Misalnya saja jika bajumu dominan biru, maka kamu bisa mencari hijab berwarna pink pastel atau putih atau sebaliknya. Pemilihan warna hijab ini tidak boleh sembarangan, karena dikhawatirkan akan merusak tampilan keseluruhanmu jika kamu memakainya secara sembarangan.

Memilih Model Yang Sederhana

Model sederhana akan membuat seseorang tampil cantik di segala suasana.  Tidak perlu memakai hijab dengan berbagai gaya sulit, apalagi dengan ciri – ciri hijab punuk onta. Kecuali kamu memang ingin menampilkan brand gaya hijab tersendiri.

Memilih Aksesori Yang Tepat

Tips selanjutnya adalah untuk sekali – kali jangan pernah menggunakan aksesori yang berlebihan. Dalam dunia fashion, hijab akan masuk dalam kategori aksesori karena ada beberapa hijab yang berbentuk seperti scarf. Untuk itu ketika kamu menggunakan hijab pada kegiatan sehari – hari, tidak disarankan untuk menggunakan aksesori yang membuat tampilanmu terkesan ramai.


Jika kamu memang ingin mengenakan aksesori, kenakanlah aksesori secukupnya. Misalnya saja, kamu menggunakan kalung yang dipadukan dengan gaya hijab lilit leher. Selain itu, penggunaan aksesori yang berlebihan akan membuat penampilanmu terkesan kurang rapi.

Menggunakan Hijab Motif Yang Trendi

Seiring dengan perkembangan tren fashion, hijab motif kini sedang naik daun. Beragam motif dengan warna – warna yang menarik hadir di pasaran. Hijab motif mampu memberikan sentuhan yang lebih menarik dan modis pada pakaian yang dikenakan. Tak heran, mengapa kini banyak sekali hijab motif hadir dari merek – merek hijab yang berbeda – beda. Biasanya motif – motif yang diandalkan ialah motif bunga, asbtrak, klasik, dan masih banyak lagi jenis motif yang lainnya.

Menggunakan Dalaman Atau Ciput

Tampilan cantik bisa diperoleh dari kerapihan pakaian. Jika ingin terlihat cantik, tonjolkan kerapihan hijab dengan mengenakan dalaman berupa ciput atau bandana saat sedang memakai hijab. Biasanya dalaman hijab terdiri dari bahan kaos, rajut, jersey, dan lain – lain, pilihlah yang paling sesuai denganmu.

Pastikan tampilan agar sempurna, tak ada rambut – rambut yang berantakan di bagian luar saat sedang memakai hijab. Pastikan juga warna hijabmu senada dengan dalamannya agar tidak menjadi norak, atau jika ingin tampil dengan nuansa two tone, pilihlah dalaman hijab warna – warna netral, kemudian pasangkan dengan warna hijab yang kamu inginkan.

Menggunakan Makeup Yang Sesuai

Jilbab adalah bingkai dari wajah seseorang. Jadi, sebenarnya yang dilihat bukan hanya jilbabnya saja, tetapi wajah seseoranglah yang menjadi tolak ukur. Kecantikan dari dalam atau inner beauty yang didapat dari akhlak baik akan mendukungnya.  Penggunaan makeup yang berlebihan akan membuat tampilan wajah menjadi tidak cantik dan tidak mencerminkan perempuan muslim yang baik. Oleh karena itu, gunakan makeup yang sesuai dengan kegiatan yang akan kamu lakukan! Dan selalu ingat, jangan berlebihan.

Menghindari Baju Yang Ketat

Kamu pasti tahu ‘kan kalau tujuan dari digunakannya hijab tak lain tak bukan adalah untuk menutupi aurat. Kalau kamu dengan sengaja menggunakan baju yang sangat ketat, itu artinya kamu membiarkan auratmu terekspos pada khalayak.


Agar terlihat tetap anggun dalam hijab, pilihlah baju yang sekiranya berukuran satu ukuran lebih besar. Jika kamu bingung, coba cari baju muslim yang memiliki satu ukuran lebih besar dari yang biasanya kamu kenakan. Hindari pula baju – baju berbahan tipis agar tubuhmu tak nampak. 

Menghindari Jilbab Lepek Dan Bau

Para pemakai hijab juga harus mengetahui tips agar kerudung tidak mudah lepek dan bau. Mengapa demikian?  Karena dengan penampilan cantik saja tidak cukup. Kamu akan kurang dihargai jika ternyata orang yang dekat dan berada di sekitarmu mencium bau tidak sedap karena kulit kepala yang tidak terawat misalnya. Atau karena bahan hijab yang membuat bau keringat. Rajin – rajinlah mencuci kerudungmu sampai bersih ya!

Tampil Rapi

Perhatian selanjutnya dari tips agar tampil cantik dengan hijab adalah rapi. Kamu harus membuat agar jilbabmu tampak selalu rapi di setiap kegiatan.  Misalnya dengan bahan yang mudah diatur, pemakaian ciput, aksesori sederhana, pemakaian peniti dan jarum pentul, dan sebagainya.

Memilih Kain Yang Mudah Menyerap Keringat

Dalam menggunakan hijab, kenyamanan adalah nomor satu, setuju tidak? Untuk itu, pilihlah kerudung yang sekiranya tak hanya memiliki nilai visual yang tinggi, tapi juga kenyamanan.  Disarankan bagi kamu untuk selalu memilih bahan hijab yang mudah menyerap keringat, sehingga rambut dan lehermu tak terasa lembap. Beberapa dari bahan tersebut adalah sifon, voile, katun, dan spandeks.

Nah, untuk beragam gaya, kualitas, bahan, serta model sebagaimana yang telah disebutkan di atas, dapat kamu miliki dengan berbelanja di Zoya. Zoya menjual beragam hijab yang dapat kamu pilih sesuai kebutuhanmu. Langsung saja kunjungi lamannya di www.zoya.co.id. Selalu gunakan Atome saat berbelanja hijab di Zoya, karena Atome memberikan beragam kemudahan yang pastinya akan mempermudah proses transaksimu. Tunggu apalagi? Yuk, belanja di Zoya dengan Atome!